Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Tingkatkan Akses Kesehatan Selama Pandemi, Alibaba Cloud Gandeng Medico dan doctorSHARE

0 477

Salah satu dari tiga penyedia Internet-as-a-Service (IaaS) teratas di dunia, Alibaba Cloud kali ini meresmikan kemitraan baru untuk berikan peningkatan akses layanan kesehatan selama pandemi Covid-19 berlangsung. Kemitraan tersebut dijalin oleh dua pihak, yaitu Medico.id sebagai penyedia layanan sistem informasi klinik, serta doctorSHARE, organisasi non-profit yang fokus pada layanan kesehatan dan bantuan kemanusiaan.

Kemitraan ini juga ditujukan untuk berkontribusi dalam berikan layanan dan informasi kesehatan kepada penduduk Indonesia yang berada di daerah terpencil, terutama yang termasuk dalam zona pandemi. Sebagai tulang punggung teknologi digital dan intelegensi dari Alibaba Group, Alibaba Cloud akan sediakan layanan komputasi awan untuk dukung jalannya platform yang dioperasikan oleh Medico.id.

Nantinya, pasien dapat mengakses platform informasi kesehatan lewat aplikasi berbasis URL untuk dapatkan layanan telekonsultasi, termasuk melakukan panggilan video dengan dokter ternama dari seluruh rumah sakit yang bermintra di dalam negeri. Platform akan ditawarkan secara gratis kepada pasien yang mengunjungi Rumah Sakit Apung Nusa Waluya II, yang termasuk dalam program doctorSHARE untuk jangkau daerah terpencil.

Baca juga: Alibaba Hadirkan Platform untuk Bantu Tenaga Medis Tangani Covid-19

Kemitraan Alibaba Cloud Hadirkan Akses Medis Ke Seluruh Daerah

RSA Nusa Waluya II
RSA Nusa Waluya, salah satu program doctorSHARE yang dibantu oleh Alibaba Cloud Indonesia dan Medico.id

“Kami berharap dapat bekerja dengan mitra lokal kami di Indonesia untuk meningkatkan akses layanan kesehatan bagi masyarakat Indonesia terutama selama masa pandemi,” kata Leon Chen, Country Managaer, Alibaba Cloud Indonesia dalam sebuah rilis yang diterima Gizmologi (9/7). Ia menambahkan, tak hanya untuk penduduk yang tinggal di kota-kota besar, tetapi juga mereka yang berada di daerah terpencil dan pedesaan. Yang tentunya memiliki akses lebih terbatas ke informasi medis yang diperlukan.

Program yang diadakan oleh doctorSHARE juga memiliki tujuan yang kurang lebih sama, untuk berikan akses layanan kesehatan yang lebih terintegrasi bagi penduduk di daerah pelosok Indonesia. Dalam waktu dekat, program doctorSHARE lainnya juga diharap dapat dinikmati, berkat manfaat yang dijalin dari kemitraan dengan Alibaba Cloud Indonesia.

Wakil ketua harian doctorSHARE, Tutuk Utomo Nuradhy menyebutkan jika implementasi sistem telemedis akan mudahkan interaksi dokter dengan pasien, terutama untuk layanan spesialis dan subspesialis. “Sistem ini akan bermanfaat untuk lebih dari 2,000 pasien setiap bulannya, yang akan berobat ke Rumah Sakit Apung Nusa Waluta II dan praktek bedah mayor/minor untuk 60 pasien setiap bulannya,” tambahnya.

Medico.id Dukung Kemitraan Bersama Alibaba & doctorSHARE

RSA Nusa Waluya II

Sementara co-founder dari Medico.id, Grace Tahir menyebutkan jika pihaknya juga miliki visi yang sama dengan doctorSHARE dan Alibaba Cloud, untuk tingkatkan akses kesehatan hingga ke tempat-tempat terpencil di Indonesia. “Dengan menggunakan platform telemedis, kami akan dapat menjembatani kesulitan akses ini.”

Grace menambahkan, sistem yang dimiliki Medico.id sangat kaya fitur dan aman. Ia juga berharap dapat bermitra dengan banyak penyedia layanan kesehatan lainnya untuk bantu memenuhi kebutuhan layanan kesehatan ini. Aplikasi berbasis cloud dibuat untuk atasi solusi klinik mulai dari pendaftaran pasien, rekam medis, farmasi, billing dan inventory.

Alibaba Cloud sendiri sebelumnya telah umumkan kemitraan dengan Eka Hospital dan OMI Hospital sejak bulan April lalu. Kemitraan tersebut dijalin untuk bantu percepat diagnosis kasus Covid-19 di Indonesia, lewat teknologi analitik gambar CT scan berbasis AI.