Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Smartphone Gaming ASUS ROG Phone 3 Resmi Hadir di Indonesia

1 2.302

Hanya berselang dua bulan dari peluncuran global, ASUS resmi memboyong smartphone gaming andalannya ke Tanah Air. Ya, hari ini produsen teknologi asal Taiwan tersebut meluncurkan ASUS ROG Phone 3 ke Indonesia. Ini adalah generasi terbaru smartphone gaming premium yang juga merupakan bagian dari jajaran produk Republic of Gamers.

Jimmy Lin, ASUS Regional Director Southeast Asia, mengklaim bahwa ROG Phone 3 adalah smartphone gaming paling powerful di dunia. “Hanya ada dua jenis smartphone gaming di dunia, ROG Phone, dan smartphone lainnya,” ujar Jimmy dengan bangga saat memperkenalkan ROG Phone 3 secara daring di YouTube (24/9).

Dirancang khusus untuk hardcore mobile gamer, ROG Phone 3 tampil dengan performa paling powerful serta dilengkapi fitur gaming eksklusif yang tidak bisa dijumpai di smartphone lainnya. “Dengan segudang peningkatan dari generasi sebelumnya, ROG Phone 3 dipastikan akan menjadi perangkat andalan para hardcore mobile gamer di Indonesia sebagai senjata utama dalam setiap pertempuran,” imbuh Jimmy Lin.

Baca juga: Review ASUS ROG Phone 3: Paling Kencang, Cocok Juga untuk Non-Gamer

Kemampuan Gaming ROG Phone 3 Diperkuat Snapdragon 865 Plus

ASUS ROG Phone 3ROG Phone 3 juga merupakan smartphone gaming pertama di Indonesia yang ditenagai oleh Qualcomm Snapdragon 865 Plus 5G Mobile Platform, SoC paling powerful saat ini. Meski sayangnya konektivitas 5G yang sudah tertanam menjadi mubazir karena belum bisa dipakai di sini, sehingga fitur tersebut dikunci. Koneksi seluler generasi kelima ini akan dibuka melalui update OTA (over the air) begitu 5G sudah resmi beroperasi di Tanah Air.

ROG Phone 3 diklaim sebagai smartphone paling powerful di dunia. Tidak hanya dibekali oleh SoC terbaik yaitu Qualcomm Snapdragon 865 Plus 5G Mobile Platform yang mendukung fitur Qualcomm Snapdragon Elite Gaming, ROG Phone 3 juga dibekali dengan sistem pendingin baru yang lebih canggih dari pendahulunya. Sistem pendingin bernama GameCool 3 tersebut memungkinkan ROG Phone 3 untuk dapat menemani kegiatan gaming penggunanya seharian tanpa kendala dalam performa.

Tidak hanya itu, ROG Phone 3 juga memiliki performa grafis terbaik untuk bermain game dengan dukungan fitur Snapdragon Elite Gaming yang dapat menghadirkan performa gaming terbaik pada tampilan HDR. Dukungan memori LPDDR5 hingga 12GB dan penyimpanan UFS 3.1 ROM berkapasitas hingga 256GB membuat ROG Phone 3 unggul.

Pengguna ROG Phone 3 tidak hanya akan menikmati penglaman bermain game terbaik, tetapi juga dapat bermain game lebih lama berkat baterai berkapasitas besar 6.000mAh. Tidak ada kompromi soal performa di ROG Phone 3. Berkat spesifikasi tersebut, semua game dipastikan dapat berjalan lancar tanpa kompromi.

Layar 144Hz & Baterai 6.000 mAh

layar ROG PHONE 3Layar berukuran 6,59 inci dengan refresh rate 144Hz, touch latency 25ms, dan response time 1ms adalah senjata utama para gamer yang menggunakan ROG Phone 3. Ditambah tingkat reproduksi warna yang akurat dengan Delta E kurang dari satu poin membuat gamer tidak hanya dapat bereaksi secara cepat dan akurat, tetapi juga merasakan dunia game yang lebih imersif.

Layar yang digunakan juga mendukung teknologi 10-bit display dan HDR10+ sehingga dapat menampilkan konten secara detail dengan warna yang akurat. Tidak sampai di situ, ROG Phone 3 bahkan mengadopsi layar dengan nilai Delta E < 1 yang artinya warna dapat ditampilkan dengan sangat akurat di smartphone gaming ini. Untuk meminimalisir efek mata lelah saat digunakan, ROG Phone 3 juga sudah mengantongi sertifikasi dari TÜV Rheinland untuk kategori pengujian Low Blue Light dan Flicker Reduced.

Sama seperti pendahulunya, ROG Phone 3 kembali hadir dengan baterai berkapasitas super besar yaitu 6.000 mAh. ROG Phone 3 juga hadir dengan fitur AirTrigger 3 terbaru yang kini dilengkapi dengan motion sensor untuk kontrol yang lebih intuitif saat bermain game. Seluruh kontrol yang ada di AirTrigger 3 dapat diprogram dan diatur sesuai dengan kebutuhan pengguna.

Fitur Gaming di ROG Phone 3

ASUS juga kembali menghadirkan fitur X Mode di ROG Phone 3 yang kini hadir dengan kustomisasi dan parameter baru sehingga dapat disesuaikan dengan berbagai skenario game. ASUS bahkan menghadirkan pengaturan optimal pada X Mode yang akan bekerja secara optimal di berbagai game sehingga pengguna kini lebih mudah untuk menikmati performa tanpa kompromi di ROG Phone 3.

ROG Phone 3 hadir dengan sistem pendingin GameCool 3 yang dilengkapi 3D Vapor Chamber dengan desain baru. GameCool 3 hadir dengan heatsink yang lebih besar dari sistem pendingin generasi sebelumnya. Heatsink tersebut dirancang secara spesifik untuk menghantarkan panas dari komponen utama di ROG Phone 3  dan melepaskannya di ventilasi udara yang terdapat di bagian belakan smartphone ini.

Semua itu yang membuat ROG Phone 3 dapat berjalan sempurna tanpa thermal throttling bahkan saat dalam sesi gaming panjang sekalipun. Untuk performa pendinginan yang lebih baik, ASUS juga menyediakan AeroActive Cooler 3 untuk ROG Phone 3. Pendingin aktif tersebut dapat dipasang untuk menghadirkan aliran udara serta pendinginan yang lebih baik di ROG Phone 3.

Selain memiliki baterai yang sangat besar, ROG Phone 3 dilengkapi dengan sistem pengaturan baterai khusus yang memungkinkan gamer untuk mengatur sendiri mode penggunaan baterainya. ASUS juga menyediakan mode pembatasan pengisian baterai di ROG Phone 3 sehingga gamer dapat mengisi ulang baterai secara terus-menerus tanpa mengurangi durabilitas baterai secara keseluruhan.

Harga ASUS ROG Phone 3

Smartphone ini diluncurkan dengan menjalankan sistem operasi Android 10. Akan ada dua launcher yang bisa penggunanya pilih, ROG UI yang lebih fokus untuk game, serta Zen UI yang mendekati stock Android.

ROG Phone 3 telah tersedia di Indonesia dalam dua varian yaitu model yang menggunakan penyimpanan 128GB dan RAM 8GB, serta penyimpanan 256GB dan RAM 12GB. Keduanya dibanderol dengan harga Rp9.999.000  untuk kapasitas 128GB/8GB. Sedangkan kapasitas 256GB/12GB dijual dengan harga Rp14.999.000.

Ada perbedaan spesifikasi dengan versi yang dijual di Eropa. Di sana, ROG Phone 3 bakal dijual seharga 1000 Euro atau Rp16 jutaan untuk varian 12GB+512GB. Sementara varian RAM 16GB dijual seharga 1100 Euro atau sekitar Rp18 jutaan. Selain itu, ada versi sederhana, ROG Phone 3 Strix Edition dibanderol 800 Euro (Rp13,5 jutaan).

Spesifikasi dan harga ROG Phone 3 yang ditawarkan di Indonesia tentu telah disesuaikan dengan daya beli masyarakat. Selain itu, ASUS di Indonesia juga lebih fokus ke laptop dibanding smartphone. Bersama dengan smartphone-nya, ASUS juga merilis serangkaian aksesori baru untuk menemani smartphone gaming tercanggih saat ini.


Cek harga smartphone ROG Phone 3 di ecommerce:

Tokopedia Blibli Shopee