Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Belum Diresmikan, Google Chromecast Terbaru Sudah Bisa Dibeli

0 2.718

Selama pandemi berlangsung, perangkat elektronik atau perangkat hiburan yang bisa dinikmati dan digunakan di rumah menjadi jauh lebih diminati oleh masyarakat. Selain perangkat seperti smart TV, TV box juga menjadi solusi bagi mereka yang ingin membuat TV di rumah menjadi pintar, tanpa harus menggantinya.

Xiaomi Indonesia baru saja meluncurkan Mi TV Stick secara resmi, sebagai alternatif murah dan praktis ubah TV lawas jadi smart TV. Google sebenarnya sudah sediakan solusi serupa sejak lama lewat Google Chromecast. Nah, menariknya, Google telah menjual versi terbaru dari perangkat yang berdimensi kecil ini. Padahal, belum diumumkan ataupun diperkenalkan secara resmi.

Baca juga: Spesifikasi & Harga Google Pixel 5 Bocor Jelang Peluncuran

Foto Unboxing Google Chromecast Terbaru Muncul di Reddit

Unboxing Google Chromecast
Isi paket penjualan Google Chromecast 2020. (Sumber: Reddit – u/fuzztub07)

Informasi ini bermula dari seorang pengguna reddit yang mengunggah foto-foto unboxing atau buka kotak perangkat Google Chromecast terbaru tersebut, tunjukkan sesuatu yang beda dari tiga (atau empat jika dihitung dengan versi Ultra) sebelumnya. Kali ini, Chromecast hadir dengan sebuah remote layaknya Mi TV Stick dan perangkat TV box lainnya.

Sebagai informasi, Google Chromecast sebelumnya hadir tanpa remote, dan hanya miliki tampilan screensaver ketika sedang dinyalakan. Seluruh konten dan navigasi dilakukan sepenuhnya dari smartphone. Nah, kabarnya, Chromecast terbaru dengan remote ini akan membawa tampilan antarmuka baru yaitu Google TV. Belum diketahui apakah sama, atau merupakan versi sederhana dari Android TV.

Jika dilihat dari remote di atas, terlihat opsi untuk menginputkan perintah suara lewat Google Assistant, menandakan kalau remote tersebut dilengkapi mikrofon. Selain pintasan untuk akses YouTube dan Netflix, juga ada tombol untuk mute, kembali ke tampilan awal (home) atau mematikan perangkat. Juga hadir dengan kabel USB-C to USB-A dan power adapter.

Desainnya kali ini dibuat oval, tidak seutuhnya membulat seperti Chromecast 2 maupun 3. Warnanya putih, sementara ujung port HDMI-nya dibuat menyatu dengan perangkat. Dimensinya terlihat cukup kompak, sehingga bisa disembunyikan di bagian belakang TV.

Google Chromecast Tersedia di Walmart dan Home Depot

Google Chromecast

Perangkat ini sudah bisa ditemukan dan dibeli secara langsung di beberapa toko elektronik di Amerika Serikat, seperti Walmart dan The Home Depot. Dijual seharga USD50 (Rp745 ribuan), Google Chromecast versi terbaru ini hadir dalam warna “snow”. Ketika perangkat dibeli pun, struk yang tertulis hanya “Sabrina”, alias kodenama produk ini yang sudah muncul sejak beberapa waktu lalu.

Google akan mengadakan sebuah acara daring pada 30 September mendatang. Dalam acara tersebut, selain memperkenalkan smartphone baru yaitu Google Pixel 5, perangkat aksesoris seperti Chromecast juga harusnya hadir di acara yang sama. Termasuk sebuah smart speaker baru, Google Nest Audio. Di Indonesia sendiri, Google Nest Mini sudah dijual secara resmi. Semoga nantinya akan ada perangkat resmi terbaru Google yang juga dibawa ke Tanah Air ya.