alexa
Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Rilis Versi Beta, Clubhouse Android Bakal Hadir Dalam Hitungan Minggu

Ketika hampir semua platform media sosial mencoba untuk ‘membajak’, perkembangan aplikasi yang menjadi inisiator kepopuleran metode diskusi langsung berbasis audio justru agak lamban. Meski telah berlangsung selama beberapa bulan, pengguna masih menantikan kehadiran Clubhouse Android, agar tak hanya pengguna iOS saja yang bisa nikmati diskusi virtual tersebut.

Ya, ketika Twitter Spaces sudah tersedia baik untuk Android maupun iOS, pengguna Clubhouse Android masih harus bersabar. Beberapa pekan kemarin, sempat muncul versi lain dari pihak ketiga. Namun tentunya, keamanan data akan penggunaan aplikasi tersebut dipertanyakan. Yah, namanya saja unofficial alias tidak resmi.

Di awal tahun 2021, kedatangan aplikasi Clubhouse Android memang telah diprediksi dan kabarnya sudah mulai untuk dibuat. Namun kini, titik terang akan kehadiran aplikasi yang dinanti pengguna Android sudah mulai terlihat. Ditemukan oleh anggota XDA Developers, Clubhouse telah merilis informasi terkait perkembangannya, bersama dengan rencana pembaruan aplikasi versi iOS-nya.

Baca juga: Clubhouse Rilis Program Akselerator untuk Para Kreator

Clubhouse Android Versi Beta Dibagikan Secara Terbatas

Clubhouse Android

Dalam sebuah postingan resmi pada situs Notion, Clubhouse mengawali tulisannya dengan mengucapkan terima kasih kepada para beta tester. Baru di bawahnya, terdapat beberapa poin progess dari tim internal yang ingin disampaikan ke para penggunanya. Yang paling menarik perhatian adalah poin kedua, di mana terdapat informasi bila Clubhouse Android tengah memasuki masa pengujian awal.

Belum final, memang, dan masih dalam tahap sangat awal. Namun wujud aplikasi Clubhouse Android sendiri sudah ada, dan baru dibagikan ke beberapa tester yang dipilih secara internal oleh Clubhouse. “Kalau kamu mendengar seseorang meggunakan Clubhouse Android untuk join ke dalam sebuah room, mohon berikan mereka sambutan!,” tulis tim resminya.

Meski begitu, pihak Clubhouse belum berikan perkiraan lebih lanjut mengenai kapan tersedianya aplikasi Clubhouse Android versi final dan resmi di Google Play. Hanya ditutup dengan “over the coming weeks”. Semoga tidak lama lagi ya, sebelum hype atau tingkat kepopulerannya belum hilang.

Sekaligus Rilis Fitur Baru, Mudahkan Temuan Konten Relevan

Clubhouse Android

Bersamaan dengan diumumkannya pengembangan Clubhouse Android, juga diumumkan beberapa pembaruan yang dihadirkan sejak 2 Mei kemarin. Salah satunya adalah notifikasi khusus bagi pengguna yang mengikuti sebuah room namun belum tergabung ke dalam sebuah klub.

Ketika pengguna lain tergabung dalam sebuah room dalam waktu yang lama, kemungkinan besar minat mereka sama, dan bakalan cocok untuk bergabung ke dalam sebuah klub. Untuk itu, ke depannya bakal muncul notifikasi bagi yang telah gabung selama beberapa menit, untuk mempermudah proses.

Kualitas notifikasi yang diberikan ke seluruh pengguna tiap harinya juga bakal diperbaiki, sehingga bisa berikan saran yang lebih relevan dan semakin baik dalam penggunaan yang kontinyu. Sementara demi tingkatkan aksesibilitas, terdapat fitur Magic Tap dengan mengetuk layar dua kali menggunakan dua jari. Fungsinya untuk menyebutkan siapa yang sedang berbicara bagi mereka yang memiliki gangguan pengelihatan.

Tak hanya di Indonesia saja, intensitas penggunaan Clubhouse memang telah menurun secara global. Lewat lembaga khusus yang dapat mengukur jumlah pengunduhan dan penggunaan aktif, Apptopia, jumlah unduhannya telah turun, dari masa puncak keemasan di bulan Februari lalu.

Jumlah Pengguna Aktif Harian Sudah Mulai Turun

Hingga saat ini, diestimasikan jumlah unduhan Clubhouse telah mencapai 13,5 juta kali di Apple App Store. Namun sejak bulan kemarin, turun hingga kurang dari 80 ribu unduhan tiap bulannya. Sementara untuk pengguna aktif bulanan, turun 68% dari 4 juta pengguna lebih.

Dari data tersebut, dapat disimpulkan bila Clubhouse tak lagi menjadi kebiasaan harian, atau sebagai aplikasi yang rutin diakses setiap harinya. Tak sepenuhnya berarti sudah kurang laku, karena jumlah pengguna masih cukup aktif, hingga 2 juta orang tiap harinya.

Apptopia juga sebutkan bila intensitas penggunaan aplikasi ini relatif lebih tinggi daripada platform media sosial lain. Karena umumnya diakses sambil melakukan kegiatan lainnya, waktu sesi rata-rata Clubhouse 125% lebih tinggi dari Snapchat maupun Instagram. Bila dibandingkan dengan platform lain, Spotify masih lebih tinggi di 63%.

Situasi ini tentunya bakal berubah ketika kelak nantinya Clubhouse Android sudah tersedia. Memberikan akses ke jutaan pengguna smartphone Android untuk ikut menikmati konten di dalamnya, serta membuka kesempatan para host untuk mencari pendapatan dengan skala lebih luas.

Tinggalkan komen