Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Ini Alasan Bhinneka Mendukung Perkembangan eSport di Indonesia

"Anggapan bahwa bermain game hanya membuang-buang waktu itu salah besar!

0 1.921

Bhinneka tampaknya ingin mendekatkan diri ke komunitas gamers. Tidak tanggung-tanggung, pionir e-commerce di Indonesia ini juga memberikan dukungan tersendiri kepada komunitas tersebut.

Hal ini dibuktikan dengan digelarnya sebuah event yang bertitel Bhinneka e-Sports Zone 2017 yang merupakan game event pertama yang di-organize sendiri. Adapun game yang dikompetisikan adalah Dota 2 yang saat ini memang masih memiliki komunitas dan penggemar yang besar di Indonesia. Diklaim, sebanyak 24 tim beradu ketangguhan dalam ajang eSport ini.

Berlangsung di Ratu Plaza selama 5-10 Juni 2017, event ini juga memiliki serangkaian program lain seperti Dota 2 Cosplay Competition, meet and greet dan 1-on-1 dengan beberapa guest team ternama di Indonesia, kompetisi foto via Instagram, talkshow, hingga bazaar produk-produk gaming dengan diskon sampai dengan 70%.

“Saat ini pertumbuhan gaming di Indonesia mencapai 30% lebih yang tentunya menghidupkan industri lain yang berkaitan dengannya. eSport sendiri juga saat ini telah dinyatakan pemerintah sebagai cabang olahraga resmi yang tentunya kami dukung pertumbuhannya. Apalagi kami adalah pemain dalam penjualan produk komputer, hardware, dan gaming, tentunya berupaya menjaga agar industri ini terus tumbuh,” ujar Hendrik Tio, CEO Bhinneka dalam konferensi pers yang berlangsung Sabtu (10/6/2017) lalu.

Apa yang diungkapkan Hendrik memang tidak berlebihan, karena menurut laporan Newzoo, total pengeluaran yang dihabiskan untuk game pada tahun 2014 mencapai Rp 13 triliun dengan rata-rata setiap gamer menghabiskan dana sekitar Rp 200 ribu untuk membeli game. Untuk tahun 2017, perusahaan analisa pasar ini memprediksi pengeluaran yang dihabiskan untuk belanja game bisa mencapai Rp 27 triliun dan secara global mencapai angka Rp 121 triliun.

“Bermain game online memang membutuhkan hardware dan software dengan spesifikasi yang tinggi. Tentunya terkesan mahal, tapi jika digeluti secara serius akan mendatangkan keuntungan yang sangat tinggi bisa mencapai ratusan juta per bulan. Jadi sangat worth it,” ungkap Hendrik.

bhinneka esport

Dengan menggelar Bhinneka e-Sport Zone, Hendrik berharap akan banyak orang yang mengenal eSport. Pihaknya juga menyatakan akan terus mendekatkan diri terhadap komunitas tersebut sebagai bentuk dukungan pertumbuhan eSport di Tanah Air. Tidak mengherankan, pihaknya menyediakan hadiah diberikan untuk pemenang di ajang ini dengan total mencapai Rp 150 juta.

“Anggapan bahwa bermain game hanya membuang-buang waktu itu salah besar. Tidak ada salahnya bermain game secara serius karena bisa mendatangkan penghasilan yang besar. Tidak cuma itu saja, dengan semakin banyaknya gamer-gamer maka akan menumbuhkan industri game. Saya sendiri tidak sekedar bermain game, tetapi juga mengikuti perkembangannya,” tandas sosok yang menggemar game Pokemon Go ini.