Database Pengaduan KPAI Bocor?

Jakarta, Gizmologi – Kasus kebocoran data kembali terjadi, kali ini database milik Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) diduga bocor. Temuan kebocoran data atau leaked itu pertama kali dipublikasikan di situs Raidforums.

Ada dua database yang telah dipublikasikan, sejak 13 Oktober. Isi data tersebut meliputi nama, nomor identitas, kewarganegaraan, telepon, HP, agama, pekerjaan, pendidikan, alamat, email, tempat tanggal lahir, jenis kelamin, provinsi, kota, dan usia.

Tak hanya itu, sang pengunggah bernama C77 juga melampirkan dua sample data yang bisa diunduh bila membayar senilai 8 credit (satuan transaksi di Raidforums). File data yang diunggah bertuliskan “kpai_pengaduan_csv”

Bisa diasumsikan jika bocoran data yang dimaksud merupakan informasi pengaduan masyarakat dari berbagai daerah di Indonesia. Adapun isi dari sampel data yang diberikan memuat identitas penting yang rentan dieksploitasi.

Situs RaidForums sendiri memang menjadi tempat berkumpulnya hacker untuk bertukar informasi, terkait kebocoran data dari berbagai situs. Forum ini juga tak sembarangan bisa diakses, pengguna harus memiliki akun ataupun membuka laman ini menggunakan VPN.

Beberapa kali kasus kebocoran data dan informasi yang terjadi di Indoneesia, kerap muncul dari forum ini. Sebut saja kebocoran data akun pengguna dari Bukalapak, Tokopedia, kemudian data identitas dari Kemendikbud, dan Polri.

Tinggalkan komen


Bagi 10 responden terpilih, berhak mendapatkan
saldo e-wallet masing-masing senilai Rp100 ribu.