Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

DJI Pocket 2 Hadir dengan Sensor Baru, Miliki Desain Modular

0 3.279

Meningkatnya jumlah kreaton konten, terutama dalam bentuk video, membuat produsen kamera baik profesional maupun kamera ringkas terus perbarui lini produknya. Salah satunya adalah DJI, yang mungkin Gizmo friends juga kenal dengan sistem gimbalnya, tersedia baik untuk kamera smartphone dan DSLR sekali pun. Kali ini mereka perbarui ‘kamera saku’ pertamanya.

Dirilis akhir 2018, DJI Osmo Pocket hadir sebagai kamera kecil dengan gimbal terintegrasi. Namun spesifikasi sensornya membuat perangkat ini kurang versatile untuk berbagai kondisi cahaya. Untuk itu, DJI Pocket 2 hadir dengan sensor baru, sekaligus menghapuskan nama “Osmo”. Hadir sebagai alternatif dari DJI OM 4 yang juga baru rilis Agustus lalu.

Desainnya sendiri kurang lebih masih sama, tergolong kecil dengan modul kamera di atas, gimbal serta modul bawah yang dilengkapi alat kendali serta layar. Peningkatan utama yang dibawa tentunya adalah sensor yang digunakan, kali ini punya dimensi 1/1,7 inci (vs 1/2,3 inci di seri sebelumnya).

Baca juga: Pre-Order DJI OM 4 Dibuka dengan Harga Rp2,099 Juta

Keunggulan DJI Pocket 2

Sensor yang lebih besar tentunya memungkinkan DJI Pocket 2 tangkap lebih banyak cahaya, hasilkan video lebih detil nan terang. Field of view-nya juga lebih lebar di 20mm, dengan diafragma f/1.8. Perekaman video tertinggi bisa sampai resolusi 4K pada 60fps (100Mbps), dan DJI bakal bawa opsi HDR lewat pembaruan software menyusul.

Sensor besar pada DJI Pocket 2 bisa digunakan untuk ambil foto dalam dua mode resolusi; 64MP & 16MP. Saat ambil foto 16MP, pengguna bisa gunakan 4x loosless zoom tanpa mengurangi detil foto. Kemampuan autofokusnya juga ditingkatkan, baik untuk pengambilan foto maupun videonya. Hadir juga mode profesional untuk atur parameter sesuai selera pengguna.

Fitur ActiveTrack 3.0 bisa secara otomatis mengikuti pergerakan objek dalam frame, tanpa perlu gerakkan kamera secara manual. Perekaman video slow-motion hingga kecepatan 8x lebih lambat dapat dilakukan hingga resolusi full HD, sementara mode lainnya termasuk timelapse, hyperlapse, motionlapse dan pengambilan panorama otomatis. Juga dukungan untuk live-stream langsung ke Facebook dan YouTube.

Salah satu faktor yang juga penting dalam sebuah kamera adalah kemampuan perekaman suaranya. Melalui empat mikrofon yang diletakkan di sekeliling bodi, DJI Pocket 2 bisa merekam audio secara stereo. Termasuk fitur di mana suara akan fokus sesuai arah kamera, maupun audio zoom yang ambil sumber suara dari pembesaran video.

Punya Banyak Aksesori, Berikut Harga DJI Pocket 2

DJI Pocket 2

Desain DJI Pocket 2 juga dibuat modular, dengan bagian base atau bawahnya bisa dilepas pasang dengan beberapa aksesori tambahan seperti micro tripod, tripod multifungsi yang lebih besar, modul Bluetooth dan wifi, speaker sampai 3,5mm audio jack. DJI juga siapkan sebuah charging case, paket mikrofon nirkabel, sebuah case atau housing tahan air, control wheel sampai lensa wide-angle.

Kamera saku terbaru dari DJI sudah tersedia secara global, bertahap mulai hari ini. Dijual seharga USD349 (Rp5,1 jutaan), konsumen bakal mendapat DJI Pocket 2 plus Mini Control Stick dan tripod mount ¼ inci. DJI juga sediakan ‘Creator Combo’ lengkap dengan lensa wide-angle tambahan, mikrofon nirkabel plus windscreen, dan dua jenis tripod lain seharga USD499 (Rp7,3 jutaan).