Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Datascrip Pasarkan Produk Penyinaran UV-C Signify untuk Basmi Virus

0 33

Meski lebih disarankan untuk tidak berkegiatan di luar rumah, beberapa masyarakat masih perlu untuk mengunjungi tempat-tempat secara luring untuk berbagai kebutuhan, seperti bekerja atau berbelanja kebutuhan. Selain menggunakan masker dan mencuci tangan, sinar UV juga bisa dipercaya membasmi virus pada benda yang kita pegang, atau udara di dalam ruangan.

Salah satu perusahaan yang menghadirkan solusi pencahayaan dengan teknologi UV-C adalah Signify. Bisa Gizmo friends sudah familiar dengan produk lampu merek Philips, perusahaan asal belanda inilah yang memproduksinya. Signify memenuhi berbagai macam kebutuhan aplikasi pencahayaan, mulai dari rumah, kantor dan industri hingga lampu jalan.

Untuk memenuhi dan memperkuat pemenuhan kebutuhan akan solusi disinfeksi, khususnya pada instansi dan perkantoran, Signify Indonesia telah jalin kerja sama dengan Datascrip sebagai value added partner mereka di Indonesia. Keduanya telah melaksanakan penandatanganan perjanjian antar kedua pihak, dilakukan secara virtual 14 Oktober 2020 kemarin.

Baca juga: Ekspansi Bisnis, Datascrip Hadirkan Situs Belanja Online

Datascrip Bakal Distribusikan Produk Pencahayaan Signify

Signify - Datascrip
Sylvia Lionggosari – Direktur pt. Datascrip & Wibawa Jati Kusuma – Commercial Leader Professional Signify Indonesia, pada saat acara penandatanganan perjanjian kerja sama pt. Datascrip dan Signify yang berlangsung secara virtual, Rabu 14 Oktober 2020.

“Signify menunjuk Datascrip menjadi Value Added Partner karena pengalamannya dalam menghadirkan berbagai solusi serta perangkat elektronik di Indonesia,” kata Wibawa Jati Kusuma, Commercial Leader Professional Signify Indonesia dalam sebuah rilis yang diterima Gizmologi. Pihaknya berharap dapat membawa solusi pencahayaan UV-C yang aman, efektif, cerdas dan berkualitas, lebih dekat dengan berbagai instansi dan masyarakat luas melalui Datascrip.

Lewat kerjasama ini, Datascrip akan berikan layanan menyeluruh untuk penerapan solusi UV-C dari Signify. Mulai dari perencanaan, pemasangan hingga metode penggunaan yang efisien. Pelanggan bisa berkonsultasi tentang desain tata letak dan jumlah lampu UV-C yang dibutuhkan, sistem keamanan selama UV-C bekerja, hingga membuat sistem smart control untuk atur penggunaan lampu UV-C secara otomatis.

Dari penelitian oleh WHO, 80% penyebaran virus Covid-19 disebabkan lewat sentuhan fisik. Tak hanya itu, virus ini juga dapat ditularkan lewat droplet yang menempel di benda-benda sekitar, termasuk smartphone, perangkat kerja, udang dan fasilitas umum lainnya. Selain mencuci tangan, menggunakan masker dan lainnya, juga bisa digunakan metode disinfeksi lain menggunakan teknik penyinaran ultra violet (UV) tipe C atau UV-C.

Produk Penyinaran UV-C Signify Dinilai Efektif Basmi Virus

Penyinaran ultra violet

Pemaparan sinar UV-C dari produk Signify dengan dosis 22mJ/cm2 dapat menonaktifkan 99,9999% virus SARS-CoV-2/Covid-19 dalam waktu 25 detik (menurut penelitian dari Universitas Boston). Solusi dari Signify dapat diterapkan di lingkungan kantor seperti di ruang rapat, toilet, area kerja dan ruangan tertutup lainnya.

Ada tiga metode penyinaran yang bisa diberikan oleh Signify. Yang pertama adalah disinfeksi permukaan benda-benda (surface disinfection), cocok untuk perangkat kerja seperti mouse sampai alat tulis. Metode kedua adalah dengan menyinari objek ke dalam kotak lampu UV-C (chamber disinfection), dengan beragam ukuran kotak sesuai kebutuhan penyinaran.

Yang ketiga adalah metode disinfeksi udara dengan model upper air, lewat pemasangan lampu UV-C pada plafon. Sinar akan menyerang virus dan bakteri yang ada di udara, dan pekerja dapat terus beraktivitas di dalam ruangan, karena sinar hanya mengarah ke udara. Signify sendiri telah miliki pengalaman lebih dari 35 tahun dalam kembangkan teknologi pencahayaan ini.