alexa
Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Inovasi Terbaru Cisco Bantu Pelanggan Transformasi ke Hybrid Cloud

Adanya kemajuan teknologi tentunya semakin mendorong organisasi atau perusahaan untuk menggunakan platform cloud. Selain kemudahan akses, solusi tersebut juga dinilai aman dan lebih hemat biaya. Selain secara penuh, alternatif hybrid cloud juga hadir sebagai pilihan yang menarik. Khusus opsi ini, Cisco berikan beragam opsi baru dengan serangkaian inovasi menarik.

Melalui sebuah acara konferensi pers virtual bertajuk “Future Cloud”, Cisco ingin sampaikan kemampuan yang bisa mereka tawarkan bagi pelanggan, untuk mengubah mereka menjadi ‘could smart’. Dengan begitu, mereka bisa percepat proses transformasi digitalnya, lewat pemindahan sumber daya ke platform cloud. Juga umumkan beberapa partner yang sudah implementasikan solusi terbarunya.

Selama lebih dari 6 tahun terakhir, Cisco mengklaim telah habiskan investasi miliaran dollar untuk sertakan cloud ke tiap aspek bisnis, fokus untuk bantu pelanggan kembangkan strategi cloud. Dalam lima bidang utama, di antaranya kontinuitas, wawasan, keamanan, konektivitas serta operasi.

Baca juga: Ini Alternatif Terbaik untuk Penyimpanan Cloud dan Lokal Bagi UKM

Vish Iyer: Bisnis di Indonesia Punya Potensi Bersama Platform Cloud

Cisco hybrid cloud
Lima bidang yang harus diutamakan dalam implementasi platform cloud.

Acara virtual Future Cloud dihadiri oleh Vish Iyer, VP Architectures untuk Cisco wilayah Asia Pasifik, Jepang dan Greater China. Menurutnya, hingga saat ini pemanfaatan cloud telah digunakan baik dalam bisnis skala besar maupun kecil. Menurutnya, paling tidak sebuah bisnis harus memiliki tiga bidang yang sudah disebutkan di atas, untuk pengembangan skala lebih besar ke depannya.

Memanfaatkan teknologi cloud, bisnis di Indonesia bisa berkembang menjadi lebih digital, dengan teknologi yang menjadi tulang punggung bisnis. Sehingga bisnis tersebut bisa memiliki jangkauan lebih luas, tak hanya di Tanah Air saja. “Sebagai contoh, salah satu klien kami yaitu penyedia layanan kesehatan hanya fokus dalam memberikan layanan fisioterapi di satu area,” tambah Vish Iyer.

Ia melanjutkan, dengan memanfaatkan platform cloud dari Cisco, layanannya jadi berkembang hingga skala global. “Mereka bisa mengembangkan aplikasi yang bisa di-download dan mereka bisa memberikan layanan fisioterapi pada pasar yang lebih luas. Jadi, dengan menggunakan teknologi cloud kita bisa melihat bisnis yang skalanya kecil, bisa berkembanga menjadi semakin besar.”

Beragam Inovasi Terbaru Cisco Untuk Layanan Cloud

Cisco hybrid cloud

Ada beragam inovasi hybrid cloud yang baru saja diumumkan pada acara virtual kali ini. Di antaranya, Cisco UCS X-Series baru yang telah digunakan dalam data center lebih dari 50 ribu pelanggan secara global. Didesain untuk operasi hybrid dari dan antar cloud, teknologi ini dirancang untuk tangani beban kerja yang fleksibel. Siap tangani inovasi prosesor, akselerator dan interkoneksi komputasi industri nantinya.

Kerangka kerja bisnis juga dapat disederhanakan lewat teknologi Intersight Cloud Orchestrator, permudah tim operasional IT untuk mengatur infrastruktur dan beban kerja, memperpendek waktu pemberian layanan. Sementara model operasi Cloud ACI dapat mengurangi biaya dan kompleksitas pengelolaan hybrid serta multicloud. Tersedia untuk AWS, Azure hingga Google Cloud.

Beberapa pelanggan dari Cisco yang sudah implementasikan fitur cloud mereka juga ikut berikan testimoninya masing-masing. Tareq Amin, Direktur Teknologi untuk Rakuten Mobile sebutkan bila Cisco sudah menjadi mitra yang berperan penting dalam peluncuran jaringan seluler cloud-native mereka di Jepang.

Hybrid Cloud Cisco Bantu Pelanggan Berikan Layanan Global

Manfaatkan infrastruktur cloud 100G & 400G Nexus, otomatisasi jaringan dan observabilitas Cisco, Rakuten berusaha capai tujuannya untuk berikan pengalaman konektivitas seluler terbaik, baik untuk pelanggan di Jepang dan pelanggan lainnya lewat Rakuten Communications Platform secara global. Seperti pelanggan telekomunikasi, perusahaan dan sektor publik.

Teknologi cloud dari Cisco juga membantu organisasi seperti IDC yang semakin bergantung terhadap aplikasi cloud, yang berada di beberapa cloud dalam lingkungan IT hybrid. Stephen Elliot, Wakil Presiden Program, I&O, Operasi Cloud dan DevOps di IDC menyebutkan bila tim IT harus memantau dan mengoptimalkan pengalaman aplikasi, serta bekerja bersama dengan pengembang aplikasi.

“Eksekutif IT harus melihat inovasi hybrid cloud terbaru Cisco ini sebagai upaya untuk memposisikan perusahaan sebagai enabler cloud-neutral untuk bisnis dan menjawab tanangan pelanggan. Dengan menyediakan solusi hybrid cloud yang membantu mempermudah pelaksanaan strategi cloud mereka,” tambah Stephen.

Tinggalkan komen