Jatis Mobile Tawarkan Solusi WhatsApp Business API Berbasis AI

Jakarta, Gizmologi – Berbicara mengenai aplikasi pesan instan, tentu tak lepas dari WhatsApp. Aplikasi chat milik Facebook tersebut kini memiliki lebih dari 2 miliar pengguna. Kini keberadaannya pun makin dimanfaatkan oleh kalangan bisnis, seperti melalui WhatsApp Business API dan aplikasi WhatsApp Business.

Berdasarkan data WhatsApp tahun 2019, Bahkan, 75% orang di seluruh dunia ingin berinteraksi dengan bisnis melalui aplikasi pengolah pesan. Dan 68% cenderung membeli dari perusahaan yang menggunakan aplikasi pengolah pesan.

Baca juga: Jangan Sembarangan Kirim Stiker Dewasa di WhatsApp, Bisa Didenda Rp6 Miliar

Pelaku usaha kecil kini banyak memanfaatkan aplikasi WhatsApp Business untuk melayani pelanggannya. Namun bagi perusahaan skala menengah hingga besar yang menginginkan fitur lebih advances, WhatsApp Business API menjadi pilihan.

Untuk mendapatkan API WhatsApp adalah bermitra dengan official partner WhatsApp. Di Indonesia sendiri, sudah ada sejumlah partner resmi WhatsApp, seperti Qontak, Sirclo, Qiscus, Damcorp, Kata AI, Jatis Mobile dan lainnya.

Kelebihan WhatsApp Business API

penipuan online di WhatsAppWhatsApp Business API (Application Program Interface) diluncurkan pada tahun 2018 sebagai solusi bagi bisnis menengah hingga bisnis besar untuk menjangkau pelanggan dengan cara yang mudah, aman, dan dapat diandalkan. Ini adalah produk terbaru WhatsApp yang didesain khusus bagi bisnis untuk memudahkan dalam menjangkau pelanggan.

API digunakan untuk menghubungkan antara WhatsApp dengan aplikasi yang lain. Peran dari API adalah biasanya sebagai perantara yang menghubungkan aplikasi penjualan, baik dari platform yang sama maupun lintas platform.

Sebagai perbandingan, aplikasi WhatsApp Business tidak bisa melakukan integrasi atau dimodifikasi dengan fitur-fitur canggih lainnya secara fleksibel. Sedangkan WhatsApp Business API dapat diterapkan pada server dan menyediakan API lokal yang memungkinkan pengguna untuk mengirim dan menerima pesan secara terprogram. WhatsApp Business API juga dapat terintegrasi dengan alur kerja pada sistem lain dalam bisnis yang sudah ada, seperti CRM (customer relationship management) atau WhatsApp CRM.

Ribuan perusahaan internasional terkemuka, termasuk Uber, Booking.com, dan KLM Royal Dutch Airlines, kini menggunakan WhatsApp Business API. Teknologi API tersebut mampu menjawab pertanyaan pelanggan dalam skala besar dengan cepat, mengirim pembaruan penting seperti boarding pass atau pemberitahuan purnajual seperti konfirmasi pengiriman, dan melakukan percakapan pribadi untuk memecahkan permasalahan dukungan pelanggan dengan lebih cepat.

Layanan WhatsApp Business API dari Jatis Mobile

WhatsApp Business API
Ilustrasi WhatsApp (Foto: unsplash / dimitri-karastelev)

Sebagai pemimpin pasar, Jatis Mobile menyediakan cara yang mudah dan cepat untuk memiliki solusi WhatsApp Business API bagi perusahan yang ingin turut membangun kemampuan digital. Menurut Erik Ridzal, CEO Jatis Mobile, WhatsApp Business API menjadi bagian penting dalam transformasi digital tercepat dan efisien yang diadopsi oleh lebih dari 200 klien Jatis di berbagai sektor dalam 3 tahun terakhir.

“Kami bersyukur mendapat kepercayaan menjadi mitra dalam proses transformasi kesiapan digital. Berbekal banyaknya kepercayaan klien di Indonesia, Jatis Mobile bersiap memasuki tahapan baru untuk bersaing di Asia dalam WhatsApp Business API bagi klien klien manca negara,” ucap Erik.

Dijelaskan lebih lanjut, Jatis Mobile fokus pada pengembangan produk, tingkat keunggulan pelayanan, dan client satisfaction sebagai tolok ukur utama. Saat ini, perusahaan yang dulunya dikenal sebagai content provider tersebut mengelola lebih dari 100 juta volume messaging setiap bulannya.

Layanan WhatsApp Busienss API yang ditawarkan Jatis Mobile lengkap dengan beragam solusi seperti Omni Channel, teknologi AI, Chatbot, Message Re-route, Chat Commerce, Sales Interactive Messaging, integrasi aplikasi pihak ketiga – Interoperability, dan First-Class Customer Services 24×7.

Sebagai salah satu yang terbaik dalam penyedia solusi bisnis dari WhatsApp Business API  di Indonesia sejak 2018, Jatis Mobile berhasil mendapatkan kepercayaan institusi penting diantaranya Bank Indonesia, OJK, Bank Permata, BRI, SOGO, Zalora, Gojek, Samsung, Unilever, Kimia Farma Mobile, dan Mead Johnson.

“Setelah mengunakan solusi WhatsApp API dengan teknologi chatbot AI yang dikenal dengan LISA (Layanan Informasi Bank Indonesia) waktu yang di butuhkan agen Bank Indonesia dalam menanggapi pelanggan jauh lebih cepat 1.3x dibandingkan via call,” ujar Silvia Sri Mustika, Kepala Tim Layanan Informasi Publik Bank Indonesia.

LISA dapat dihubungi pada nomor 081 131 131 131 untuk mendapatkan layanan informasi dari Bank Indonesia dengan lebih cepat. Dengan menggerakkan transformasi digital, membuat masyarakat dapat mengirimkan pertanyaan yang dihubungkan dengan teknologi AI dan mendapat pemberitahuan terkini melalui WhatsApp. Sambutan klien yang antusias mendorong pertumbuhan volume dan acquisition WhatsApp Business API per tahunannya mencapai lebih dari 450%.

Tinggalkan komen