Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Kolaborasi OmniSci dan HP Z8 Akselerasi Alur Kerja Berbasis Data

1 375

Perkembangan teknologi Big Data mendorong kebutuhan terhadap kemampuan komputasi yang semakin tinggi. Karena proses pengolahan, penyimpanan dan analisis data dari berbagai sumber dengan jumlah yang besar tidak bisa dilakukan oleh komputer rumahan atau kantoran biasa.

Selain itu, diperlukan juga software pengolahan database yang mumpuni untuk menghadirkan kekuatan analitik yang terdepan. Hal itu yang coba dijawab oleh OmniSci, perusahaan pelopor akselerasi analitik, yang menggandeng produsen laptop workstation HP lewat seri Z8-nya.

Todd Mostak, CEO dan Co-founder OmniSci, mengemukakan bahwa kolaborasi perusahaannya dengan HP memungkinkan OmniSci menghadirkan akselerasi analitik dalam format lain. “Saat ini, data analyst dan data scientist dapat memanfaatkan solusi kami dalam perangkat terdedikasi dan aman yang secara ideal sesuai dengan kebutuhan mereka,” katanya.

Sementara itu Jared Dame, Director of AI and Data Science, Z dari HP, mengatakan pihaknya berdedikasi untuk menghadirkan pengalaman terbaik dalam seluruh solusi dan produknya, termasuk perangkat workstation mobile dan desktop bagi kreator profesional dan pengguna yang membutuhkan komputasi tinggi.

“OmniSci menawarkan kinerja mutakhir yang dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan era baru dalam analisis data intensif, sehingga menjadi opsi ideal untuk workstation Z8 kami,” kata Dame berkomentara mengenai kerja sama HP dengan OmniSci.

Kolaborasi OmniSchi dan HP

OmniSci HP

Kolaborasi yang diumumkan tersebut diklaim dapat memudahkan para data scientist dan data analyst dalam mengolah kumpulan data yang banyak secara langsung di workstation mereka. Sekaligus menjawab tantangan terkait biaya dan masalah operasional yang muncul dalam penggunaan sistem berbasis server dan komputasi awan (cloud).

OmniSci menawarkan percepatan analitik berskala. Platform ini mampu memproses dan memvisualisasikan miliaran baris data dalam hitungan milidetik, memungkinkan para data scientist dan analis bisnis serta geospasial untuk mendapatkan wawasan baru lewat kompilasi data internal dan/atau eksternal secara besar-besaran.

Dengan perangkat database OmniSciDB SQL dan visualisasi antarmuka (interface) data OmniSci Immerse yang dimuat ke dalam workstation Z8, pengguna dapat langsung menikmati kecepatan ekstrem dan interaktivitas dari platform OmniSci dalam sebuah solusi hardware yang mandiri, aman, dan personal serta siap digunakan.

HP Z8 yang dirancang untuk para ilmuwan, tenaga pendidik, dan profesional lainnya, menawarkan komputasi hingga 56 cores, serta dilengkapi memori berkecepatan tinggi berkapasitas 3 TB dan ruang penyimpanan hingga 48 TB. Selain itu, perangkat canggih ini dilengkapi dengan kemampuan grafis 2X NVIDIA Quadro RTX 8000 untuk kecepatan rendering dan detil gambar yang luar biasa.


Versi Bahasa Inggris dari artikel ini bisa dibaca di Gizmologi.com.