Canggihnya Workshop Perbaikan Mesin Industri Milik Sulzer di Purwakarta

Purwakarta, Gizmologi – Meski di tengah pandemi, industri di Indonesia terus berkembang. Sehingga membutuhkan sektor-sektor pendukung, termasuk jasa perbaikan berbagai jenis mesin-mesin berputar atau rotating equipment. Inilah yang dilakukan oleh Sulzer Indonesia, sebuah perusahaan asal Swiss yang memiliki fasilitas workshop di Purwakarta, Jawa Barat.

Hal ini ditegaskan oleh Daniel Bischofberger, Divisi President Rotating Equipment Services (RES) Sulzer yang mengatakan meskipun terjadi pandemi Covid-19, pihaknya optimis melihat peluang pertumbuhan yang ada di Indonesia.

“Keputusan melakukan investasi juga menunjukkan komitmen kami untuk terus tumbuh di Indonesia dan memberikan dukungan bagi perekonomian daerah dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat sekitar,” ujar Daniel.

Sementara itu Kadek Agus Susena, President Direktur PT Sulzer Indonesia, menambahkan bahwa kapasitas workshop yang sekarang ini telah mencapai batas maksimal. “Maka dari itu untuk mengantisipasi kebutuhan akan perawatan dan perbaikan unit-unit berkapasitas lebih besar di masa mendatang, kami memutuskan untuk membangun perluasan workshop,” ujar Kadek, dalam sambutannya secara daring terkait perluasan workshop di Purwakarta (14/9).

Baca juga: Fox Logger GPS Tracker Penuhi Kebutuhan Industri Logistik dan Tambang

Workshop Sulzer Indonesia di Purwakarta

Sulzer Indonesia WorkshopDidirikan sejak 1994, Sulzer Indonesia adalah pusat layanan peralatan berputar yang mapan dan canggih dengan pelanggan tak hanya di Indonesia, tapi juga Asia Pasifik. Mereka mengoperasikan fasilitas bengkel yang lengkap, menawarkan berbagai layanan berkualitas untuk pasar peralatan berputar. Jangkauan layanan meliputi layanan bengkel dan rekayasa lapangan untuk pembuatan ulang, perbaikan, peningkatan dan rekondisi turbin gas dan uap, kompresor sentrifugal, aksial dan sekrup, ekspander, pompa rekayasa dan peralatan terkait lainnya.

Hepy Hanipa, Operation Director, pada saat virtual workshop tour mengatakan area ekspansi adalah sekitar 5,300 m2 dengan total luas bangunan 3,500 m2. Sehingga total area keseluruhan yang dimiliki saat ini sekitar 19,000 m2. Lokasi workshop expansion yang baru ini terintegrasi dengan workshop yang ada sekarang dan diberi nama ‘Big Bay 2’.

Workshop baru ini merupakan gedung ke-4 (setelah Primary Shop, Big Bay dan EMS shop) yang dilengkapi dengan 2 mesin besar yaitu:

  • 3 Axis Large CNC Vertical Lathe Machine, dengan kapasitas mak. untuk benda kerja di 60 ton
    Mesin ini memiliki kapabilitas untuk melakukan proses repair dan manufacture turbine disk, diaphragm, casing, impeller, blade carrier dan komponen stationery lainnya
  • 5 Axis Large CNC Bridge Type Milling Machine, dengan kapasitas mak benda kerja di 50 ton
    Mesin ini memiliki kapabilitas untuk melakukan proses repair dan manufacture large diaphragm, large stationery blade holder, large casing, compressor, pump case, pump baseframe, canister dan komponen lainnya.

Selain itu, Sulzer Indonesia juga memiliki area untuk melakukan service Light Industrial Turbine (LIT) termasuk turbine aeroderivative, fasilitas perbaikan komponen hot gas path (HGP) component repair, area welding, dan area benchworking.

Pembangunan perluasan workshop baru ini, merupakan upaya PT. Sulzer Indonesia meneguhkan komitmen jangka panjang dalam memenuhi kebutuhan para pelanggan dan mitra kerja untuk menerima perbaikan dan perawatan unit-unit besar secara bersamaan. Dan juga tetap menjadikan PT. Sulzer Indonesia sebagai Hub dan Center of Excellence di Kawasan Asia Pacific.

Tinggalkan komen