Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

VMWare Dukung Samsung Percepat Transformasi CSP ke 5G

0 40

Konektivitas 5G memang mulai banyak tersedia di tahun 2020, di mana sudah mulai banyak juga perangkat smartphone kelas menengah yang mendukung jaringan masa depan tersebut. Namun masih belum semua wilayah atau negara, salah satunya yaitu Indonesia. Untuk itu, penyebaran ketersediaannya masih harus dipercepat.

Selain merilis perangkat untuk akses 5G, Samsung Electronics Co., Ltd. juga hadir sebagai penyedia layanan 5G yang cukup menyeluruh untuk kelas enterprise. Untuk memperlancar distribusi dan perluas kepemimpinannya di kancah 5G, mereka bermitra dengan VMWare, Inc. Kedua perusahaan berkomitmen untuk mendukung para Penyedia Layanan Komunikasi atau Communication Service Providers (CSPs).

Baca juga: VMware Tawarkan Solusi untuk Transformasi Bisnis di Indonesia

Samsung Bakal Manfaatkan Telco Cloud Platform dari VMWare

VMWare

Dalam bentuk apa? Yaitu untuk penuhi tuntutan akan kebutuhan jaringan 5G dan percepat peluncuran 5G, dengan mengoptimalkan seluruh portofolio yang ditawarkan oleh Samsung. Mulai dari Core, Edge hingga RAN, baik dalam lingkup containerized network functions (CNFs), maupun virtualized network functions (VNFs) lewat Telco Cloud Platform milik VMWare.

Menurut VMWare, jaringan cloud native menjadi penting bagi CSP, agar penyedia kian fleksibel dan efisien dalam gelar layanan bagi industri vertikal masa kini dengan cepat di tengah semarak geliat 5G. Hal tersebut bisa terwujud hanya dengan dukungan jaringan cloud first yang sudah terotomasi, agar manajemen dan operasional bisa lebih simpel dan operasional yang bisa ditekan.

Kemitraan antara Samsung dengan VMWare ditujukan untuk percepat siklus inovasi, berkat desain jaringan end-to-end yang lebih baik. VMWare Telco Cloud Platform dukung CSP dalam gelar jaringan software-defined 5G yang bersifat cloud native, sehingga proses delivery layanan dan aplikasi bisa lebih cepat ke seluruh telco cloud yang tersebar lokasinya.

Diharap Dapat Optimalkan & Hadirkan Solusi 5G Lebih Cepat

Dalam sebuah rilis yang diterima Gizmologi (16/11), Wonil Roh, SVP & Head of Product Strategy, Networks Business di Samsung Electronics menyebutkan bila pihaknya Bersama VMWare melihat peluang serta tingginya nilai yang bisa diraup dari menyuguhkan solusi berkelas carrier. Mudahkan CPS dalam geluti teknologi cloud native, dan dalam hadirkan fungsi maupun layanan jaringan di 5G dengan efisien.

Sementara Shekar Ayyar, executive VP & GM, Telco and Edge Cloud Business Unit, VMWare menyampaikan antusiasmenya untuk dapat hadirkan solusi berkelas carrier lewat pendayagunaan portofolio VMWare Telco Cloud secara optimal. “Sehingga CSP dapat meraih setiap momentum 5G yang hadir, sekaligus mampu mendukung mereka dalam bertransformasi menjadi inovator-inovator teknologi mereka.”

Saat ini, keduanya tengah serius bergiat bersama-sama di laboratorium milik Samsung untuk mengoptimalkan dan mempercepat kesiapan beragam layanan Samsung VNFs dan CNFs, seperti vRAN, 5G Core, MEC, Management hingga Analitycs, dengan dukungan dari VMWare Telco Cloud Platform. Program ini diharap dapat mendukung CSP dalam persingkat waktu sampai siap diluncurkan, maupun waktu di mana ia dapat hasilkan pendapatan bagi perusahaan.