iOS 15.1 & macOS Monterey Digulirkan, Bawa Fitur SharePlay

Jakarta, Gizmologi – Dalam gelaran WWDC yang diadakan awal tahun, Apple perkenalkan pembaruan perangkat lunak yang menyeluruh, untuk lini perangkat lengkap baik iPhone, iPad, komputer Mac hingga Apple Watch. Setelah iOS 15 diresmikan lebih dulu, kini giliran macOS Monterey, versi OS terbaru untuk Mac yang bawa peningkatan signifikan.

Sama seperti iOS 15 (yang kini diperbarui ke versi 15.1), macOS Monterey adalah penyempurnaan dari seri sebelumnya yang fokus berikan fitur tambahan, bukan pembaruan signifikan pada tampilan antarmuka alias UI. Dilansir dari halaman resmi Apple, pembaruan software terbaru kali ini dirancang agar para pengguna bisa terhubung lebih mudah dan lebih produktif.

Baik macOS Monterey dan iOS 15.1 sama-sama membawa fitur baru yang sudah dijanjikan bakal hadir sejak awal. Plus, peningkatan kamera khusus untuk pengguna iPhone 13 Pro series. “Membuka” kemampuan untuk rekam video dalam format lebih tinggi, plus cegah penggantian sensor otomatis dari wide ke ultra-wide.

Baca juga: Apple Perkenalkan AirPods 3, Bawa Desain Baru & Fitur Spatial Audio

Pengguna iOS 15 Bisa Nobar Lebih Mudah

SharePlay - macOS Monterey iOS 15

Sudah menjalankan iOS 15? Bila iya, maka ada baiknya untuk lanjut perbarui ke iOS 15.1 yang sudah dirilis sejak kemarin (25/10). Versi “.1” umumnya membawa banyak perbaikan bug, yang penting untuk diterapkan untuk versi software awal. Seperti notifikasi memori penuh pada galeri, audio yang berhenti sendiri, sampai pencarian Wi-Fi lemah.

Untuk iPhone 12 series, algoritma baterainya diperbarui supaya bisa berikan estimasi kapasitas lebih akurat. Dan khusus pengguna iPhone 13 Pro, kini mereka dapat merekam video dalam format ProRes—codec berkualitas tinggi dengan kompresi minim, untuk fleksibilitas editing setelah perekaman. Serta opsi untuk mematikan perpindahan kamera otomatis ketika menangkap objek jarak dekat.

Fitur baru lainnya yang akhirnya tersedia adalah SharePlay, memungkinkan sesama pengguna perangkat Apple bisa menikmati konten bersamaan lewat FaceTime. Mulai dari konten dari Apple TV, Apple Music, Fitness+ hingga aplikasi pihak ketiga yang bakal diperbarui secara berkala.

Lewat fitur SharePlay, pengguna juga bisa membagikan tampilan layar mereka, atau menayangkan film dari Apple TV ke TV di rumah sembari tetap lanjut ber-FaceTime ria dari iPhone. Suara konten yang diputar juga otomatis mengecil ketika perangkat mendeteksi bila temanmu sedang berbicara.

macOS Monterey Jadi Major Update Untuk Perangkat Mac

macOS Monterey

Selain di iOS dan iPadOS, SharePlay juga hadir ke macOS Monterey, memanfaatkan dimensi layar komputer yang lebih besar. Khusus untuk perangkat Mac yang mendukung, fitur Voice Isolation bisa diaktifkan agar bisa kurangi kebisingan dan fokus menangkap suara dari penelepon.

Sementara komputer yang jalankan cip Apple M1 juga bisa manfaatkan mode potret baik di FaceTime maupun aplikasi lain seperti Webex dan Zoom, manfaatkan kemampuan Neural Engine. Dan dengan Universal Control di macOS Monterey, pengguna hanya perlu satu tetikus (mouse) serta keyboard untuk kendalikan laptop dan iPad sekaligus.

Tanpa perlu setup tambahan, kedua perangkat yang tersambung juga bisa dimanfaatkan untuk transfer data semudah drag-and-drop. Live Text pada iOS 15 juga dibawa ke macOS Monterey, mampukan Mac (dengan M1) untuk deteksi teks pada gambar, memudahkan copy & paste. Plus mode fokus yang bisa dikustomisasi lebih jauh sesuai kebutuhan.

macOS Monterey tersedia untuk iMac 2015 ke atas, iMac Pro 2017 ke atas, Mac Pro 2013 & 2019, Mac mini 2014/2018/2020, MacBook Air & Pro 2015 ke atas serta MacBook 12. Meski semuanya mendapatkan pembaruan, fiturnya sendiri menyesuaikan prosesor masing-masing varian. Tentu yang sudah gunakan cip M1 yang mendukung paling banyak fitur baru.

Tinggalkan komen


Bagi 10 responden terpilih, berhak mendapatkan
saldo e-wallet masing-masing senilai Rp100 ribu.