alexa

Lenovo IdeaPad 5i & Flex 5i, Chromebook dengan Cip Intel Core Generasi Ke-11

Tingkat kepopuleran laptop dan tablet yang jalankan Chrome OS kini kian meningkat. Hal tersebut karena harganya yang umumnya cukup terjangkau, ditambah kemudahan penggunaan, terutama bagi mereka yang sudah terbiasa dengan ekosistem Google. Pabrikan komputer & smartphone Lenovo coba tawarkan opsi baru lewat IdeaPad 5i & IdeaPad Flex 5i.

Keduanya diperkenalkan beberapa hari sebelum Mobile World Congress 2021 dimulai, tepatnya pada pekan depan. Seri IdeaPad sendiri umumnya punya harga terjangkau, lebih murah dari seri Yoga seperti Lenovo Yoga Slim 7i Carbon yang pernah kami ulas sebelumnya. Tapi untuk kelas Chromebook, keduanya tergolong premium.

Dan sesuai namanya, masing-masing hadir dengan desain yang mirip, namun juga berbeda. Bila IdeaPad 5i punya mekanisme layar sederhana, Flex 5i bisa dibuka dan diputar hingga 360 derajat. Sisanya masih mirip seperti opsi Windows yang sudah tersedia di Tanah Air tahun lalu.

Baca juga: Rangkaian Seri ThinkBook Gen 2 dari Lenovo Hadir untuk Pekerja Modern

Sebut saja penggunaan material polikarbonat, serta letak speaker yang ada di sebelah kiri dan kanan keyboard. Bedanya, kini bodi luar diberikan sentuhan dual-tone yang lebih segar. Hadir dalam opsi warna cerah seperti Sand Hue, selain logo yang terletak di pinggir dan logo Chrome OS tentunya.

Spesifikasi Lenovo IdeaPad 5i & Flex 5i

Lenovo IdeaPad 5i
Lenovo IdeaPad 5i

Dirancang khusus untuk milenial yang lebih senang gunakan ekosistem cloud dari Google, Lenovo IdeaPad 5i Chromebook tampil dengan desain layar minim bezel berukuran 14 inci. Panel yang digunakan sudah IPS, beresolusi full HD sehingga tajam dan punya sudut pandang lebar. Memiliki kecerahan hingga 300 nits—sudah cukup terang hingga penggunaan luar ruangan.

Sementara untuk yang inginkan perangkat hybrid, IdeaPad Flex 5i punya layar sentuh 13,3 inci IPS full HD dengan 250 nits. Bobotnya dirancang ringan, hanya 1,35 kilogram, sehingga mudah untuk dibawa. Speakernya sendiri dibuat 40% lebih keras daripada generasi sebelumnya, dengan setup stereo yang dilengkapi dengan amplifier. Untuk produktivitas, layar ini mendukung input dari stylus Lenovo Digital Pen2.

Lenovo IdeaPad Flex 5i
Lenovo IdeaPad Flex 5i

Keduanya sama-sama hadir dengan pilihan prosesor terbaru dari Intel, alias Intel Core generasi ke-11. Opsinya hingga core-i5, dengan RAM 8GB dan penyimpanan SSD hingga 512GB. Opsi sederhana pun ada, dengan Pentium 7505 untuk IdeaPad 5i & Celeron 6305 untuk Flex 5i. Baterainya pun diklaim awet, sanggup bertahan sampai 10 jam penggunaan.

Fitur lain yang kini sudah menjadi standar pada hampir semua laptop Lenovo juga tersedia. seperti port USB-C 3.1, sampai privacy shutter alias tutup webcam berbasis hardware, demi keamanan ekstra. Untuk IdeaPad 5i, terdapat LED light bar di bawah touchpad, berikan indikator sisa kapasitas baterai. Sentuhan yang cukup menarik.

Harga Lenovo IdeaPad 5i & Flex 5i

Lenovo IdeaPad Flex 5i

Kedua laptop Chromebook Lenovo terbaru ini bakal mulai tersedia secara global pada bulan Juli 2021 mendatang. Belum ada ketersediaan informasi lebih spesifik terkait regional, termasuk kehadirannya di Tanah Air.

Harga varian mendasar dari Lenovo IdeaPad 5i sendiri dibanderol mulai USD439,99 (Rp jutaan), hadir dalam warna Sand dan Storm Grey. Sementara untuk Lenovo IdeaPad Flex 5i harganya dibuat sama—opsi yang menarik bagi konsumen yang inginkan laptop hybrid terjangkau layar besar dengan Chrome OS.

Tinggalkan komen