Platform LINE Creators Market pekan ini merayakan ulang tahunnya yang ketujuh. Ini adalah platform layanan milik perusahaan social messaging asal Jepang tersebut yang digunakan untuk memproduksi dan menjual LINE Stickers.
LINE sendiri hadir di Indonesia pada tahun 2013. Bersamaan itu diluncurkan pula salah satu fitur yang menjadi ciri khas pertukaran pesan, yaitu LINE Stickers. Fitur ini memungkinkan pengguna berekspresi dengan berbagai macam karakter yang ditawarkan.
Baca juga: Fitur Group Video Call Telegram Siap Hadir Mei 2021
Dalam perkembangannya, LINE Stickers yang awalnya gambar statis kemudian berkembang dengan efek animasi, memiliki suara, pop up, hadir dalam berbagai ukuran dan custom/ text sticker. Ekosistem LINE Stickers memungkinkan kreator untuk dapat memperkenalkan karyanya ke masyarakat dan mendapatkan penghasilan.
Keberadaan profesi kreator kini menjadi sebuah profesi yang menjanjikan. LINE Creators Market diluncurkan tahun 2014 dan pada 2016 bekerjasama dengan Bekraf/Kemenparekraf, LINE Indonesia menyelenggarakan LINE CREATIVATE. Sebuah ajang untuk memberikan edukasi mengenai proses monetisasi dan profesi sebagai konten kreator.
LINE Creators Market memungkinkan sebuah karya dapat dijual ke pasar Indonesia dan luar negeri. Tahilalats dan Milk & Mocha adalah contoh dari dua kreator yang sukses memasarkan stiker karya mereka di beberapa negara seperti Thailand dan Taiwan dan diadaptasi sesuai dengan bahasa lokal negara tersebut. Tidak hanya dua nama tersebut, banyak hasil karya Indonesia yang juga diminati di kancah Internasional, beberapa bahkan masuk dalam top rank. Kegiatan monetisasi tersebut sangat mungkin dilakukan melalui LINE Creators Market karena para kreator tersebut dapat memilih sendiri negara mana yang dituju untuk memasarkan karya mereka.
Kinerja LINE Creators Market
Saat ini, banyak dari kreator Stickers yang berusia 20 dan 30 tahunan yang berasal dari latar belakang yang berbeda, seperti pelajar, ibu rumah tangga, pekerja kantoran, dan lain sebagainya. Lebih jauh lagi, banyak dari pembeli Stickers di LINE Creators Market berusia 40 tahun ke atas dan sebagian besar mengungkapkan komentar positif mengenai ragam Stickers yang ditemuka di LINE Creators Market.
Lebih jauh lagi, jumlah Stickers kreator baru meningkat sebanyak 69% dan diprediksi akan terus meningkat. Peningkatan ini dikalkulasikan dari jumlah Stickers kreator dari Desember 2019 ke Februari 2020 dan Maret hingga Mei 2020.
Pada ulang tahun ke-7 ini, LINE Creators Market juga akan menyelenggarakan program spesial di mana setiap orang bisa memproduksi dan menjual Sticker dengan motif karakter LINE FRIENDS, ‘BROWN & FRIENDS” yang populer. Biasanya karena peraturan tertentu, produksi dan penjualan untuk Sticker karakter BROWN & FRIENDS tidak diperbolehkan. Tetapi untuk periode terbatas ini, setiap orang bisa menggunakan motif “BROWN & FRIENDS” untuk Stickers buatan mereka.
Tidak hanya itu, Sticker populer dari kreator seperti Kikipuri, DanSian, Betakuma, dan Lommy serta sejumlah Stickers lokal juga akan ikut berpartisipasi. LINE Creators Market akan mulai menerima Stickers untuk ditinjau mulai dari 1 Juni 2021 dan Stickers yang lolos akan mulai dijual di LCM pada Agustus tahun ini.
Aplikasi LINE Creators Studio Berganti nama menjadi “LINE Sticker Maker”
Tahun ini, LINE Creators Market akan mengembangkan sejumlah program konten baru, dengan pembaruan untuk beberapa fitur miliknya serta seminar untuk para kreator. Melalui LINE Creators Market, LINE bertujuan untuk membentuk ekosistem bagi beragam aktivitas kreatif serta akan terus mempromosikan pengembangan platform global sebagai infrastruktur komunikasi untuk perangkat mobile.
Eksplorasi konten lain dari Gizmologi.id
Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.

