Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

OPPO A55 5G Meluncur dengan Dimensity 700, Harga Rp3 Jutaan

0 10.940

Pabrikan smartphone asal China yang satu ini cukup gaspol dalam merilis produk terbarunya di awal Januari 2021. Tak hanya di Indonesia saja, namun juga di negara asalnya. Setelah beberapa hari lalu merilis A93 5G, kini OPPO kembali hadirkan OPPO A55 5G, opsi lebih murah dengan konektivitas modern.

Kurang lebih desain kedua smartphone bisa dibilang mirip, di mana OPPO A55 5G mengusung bodi belakang yang punya warna gradasi, serta modul kamera di atas kiri yang digunakan untuk letakkan tiga sensor kamera utamanya. Di dalam modul tersebut, terdapat logo 5G yang nampaknya cukup dibanggakan oleh OPPO.

Datang dengan harga yang tergolong murah, OPPO mempercayakan chipset MediaTek yang memang sudah banyak digunakan di smartphone lainnya. Meski kini Qualcomm sebenarnya juga sudah punya alternatif chipset yang bisa digunakan oleh pembuat smartphone agar hadirkan smartphone 5G murah, yaitu Snapdragon 480. Namun MediaTek memang lebih dulu sediakan solusi, lewat seri Dimensity.
Baca juga: OPPO Reno5 5G Resmi di Indonesia, Snapdragon 765G Harga Rp7 Jutaan

Spesifikasi OPPO A55 5G

OPPO A55 5G

OPPO mengunggulkan dimensi OPPO A55 5G yang ringan dan tipis di kelasnya, memiliki bobot 186 gram & ketebalan 8,4mm. Bodi belakangnya dibuat melengkung pada sisi kiri dan kanan, sementara di bodi sebelah kanan disematkan sensor sidik jari yang juga merangkap tombol power. Kecepatan membaca sidik jarinya diklaim instan, tak lebih dari 0,3 detik.

Layar depannya sendiri tergolong sangat standar. Belum mengusung punch-hole, dimensi panelnya 6,5 inci IPS dengan kecerahan maksimum 480 nits serta warna NTSC 71%. Resolusinya HD+, dan masih gunakan refresh rate 60Hz. Bahkan seri sebelumnya, OPPO A53 tampil lebih modern dengan layar 90Hz yang lebih halus.

Setup kameranya juga lagi-lagi sederhana, dengan kamera depan beresolusi 8MP f/2.0. Sementara di belakang ada sensor utama 13MP f/2.2 dan dua sensor 2MP f/2.4 untuk hasilkan foto makro serta efek bokeh. Atas batasan chipset, perekaman video maksimal hanya di resolusi full HD 30fps, dan slow motion di resolusi 720p.

Chipset MediaTek Dimensity 700 menggunakan unit CPU octa-core, dengan dua unit Cortex-A76 yang punya performa kencang di 2,2 GHz dan enam unit Cortex-A55 2 GHz yang lebih efisien. Kapasitas penyimpanan internalnya 128GB dengan RAM 6GB. Yang cukup unik, situs OPPO China menuliskan bila performa multitaskingnya setara RAM 8GB lewat bantuan AI.

Kapasitas baterai OPPO A55 5G tergolong besar di 5,000 mAh. Belum mendukung fast charging, namun setidaknya sudah menggunakan port USB-C di bagian bawah, tersambung ke jack audio 3,5mm. Selain mendukun 5G pada kedua slot kartu SIM, sensor lainnya juga tergolong lengkap seperti kompas hingga giroskop.

Harga OPPO A55 5G

OPPO A55 5G

Lantas berapa banderol harga yang ditawarkan oleh OPPO untuk smartphone 5G terjangkau satu ini? OPPO A55 5G tersedia dalam dua opsi warna yaitu Brisk Blue dan Rhythm Black. Menjalankan ColorOS 11.1 berbasis Android 11, smartphone OPPO ini dijual di harga CNY1,599, atau sekitar Rp3,4 jutaan.

Perangkat tersebut sudah dijual di negara asalnya secara pre-order, dan OPPO sudah menyebutkan bila perilisan globalnya bakal dimulai dalam beberapa hari mendatang. Di Indonesia sendiri, OPPO bakal hadirkan seri tambahan dari Reno5 yaitu OPPO Reno5 F, yang masih belum diumumkan bentuk, spesifikasi serta harganya.