Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

OPPO Reno5 Pro 5G Rilis Global, Gunakan MediaTek Dimensity 1000+

0 5.022

Ketika diluncurkan pertama kali di China, OPPO Reno5 hadir dalam total tiga varian; Reno5, Reno5 Pro dan Reno5 Pro Plus. Di Indonesia sendiri, yang hadir hanyalah Reno5, Reno5 5G serta Reno5 F yang belum nampak wujudnya. Sementara di India, OPPO Reno5 Pro 5G baru dihadirkan.

Adanya OPPO Reno5 Pro 5G di India menandai ketersediaan smartphone tersebut secara global. Secara spesifikasi maupun segi tampilan, OPPO Reno5 Pro 5G terlihat berbeda dengan Reno5 5G yang bakal hadir di Tanah Air pekan depan. Smartphone ini punya tampilan yang lebih premium, dengan spesifikasi yang tidak kalah bertenaga pula.

Berbeda dengan Reno5 yang punya opsi warna baru yaitu Fantasy Silver, OPPO Reno5 Pro 5G cenderung punya warna yang serupa dengan seri sebelumnya yaitu Astral Blue (selain Starry Black), meski sama-sama gunakan teknik Reno Glow. Dan sudah menjadi ciri khas Reno series belakangan, hadir dengan ketebalan 7,6mm dan bobot 173 gram saja.

Baca juga:
Review OPPO Reno5: Lebih Canggih dengan Fitur Video AI
Review OPPO Reno5 5G: Lebih Mahal, Lebih Maksimal

Spesifikasi OPPO Reno5 Pro 5G Varian Global

OPPO Reno5 Pro 5G

Yang membuat OPPO Reno5 Pro 5G menarik secara tampilan, selain profilnya adalah tampilan layar depan 3D curved. OPPO sudah gunakan desain yang sama sejak Reno4 Pro, sehingga sangat wajar bila bahasa desainnya diteruskan ke generasi berikutnya. Layar tersebut punya dimensi 6,55 inci, beresolusi full HD+ dan gunakan panel Super AMOLED.

OPPO berikan beberapa peningkatan seperti dukungan konten HDR10+, serta kecerahan yang bisa mencapai 1100 nits. Dengan refresh rate 90Hz dan touch sampling rate 180Hz, bakal cukup nyaman digunakan untuk bermain gim. Ditambah dengan chipset yang tergolong bertenaga.

Tak menggunakan cip dari Snapdragon, OPPO bekerja sama dengan MediaTek untuk gunakan cip Dimensity 1000+, sama seperti varian yang diperkenalkan di China beberapa bulan lalu. MediaTek Dimensity 1000+ punya arsitektur CPU octa-core hingga 2,6GHz, fabrikasi 7nm hemat daya, dan membuat OPPO Reno5 Pro 5G sebagai smartphone pertama yang mendukung jaringan 5G di India.

Kapasitas RAM serta penyimpanan internalnya sama dengan Reno5—8GB LPDDR4x dan 128GB yang tidak bisa ditambahkan kartu microSD. Opsi penambahan hanya tersedia lewat konektivitas USB OTG. Begitu pula jack audio 3,5mm yang absen dari smartphone ini. Varian di India juga tak dilengkapi dengan NFC.

Sementara untuk kamera, spesifikasi OPPO Reno5 Pro 5G cenderung mirip dengan Reno5 di Tanah Air. Di belakang terdapat sensor 64MP f/1.7 yang ditemani sensor 8MP f/2.2, dan dua sensor 2MP untuk macro dan mono. Hanya saja, besaran megapiksel kamera depannya sedikit mengecil di 32MP f/2.4. Fitur kamera tidak kalah lengkap, termasuk AI Highlight Video dengan Live HDR dan Ultra Night Mode.

Kapasitas baterai 4,350 mAh di OPPO Reno5 Pro 5G mendukung pengisian daya SuperVOOC 2.0 65W, serta standar PD maupun QuickCharge 18W. Smartphone ini bakal menjalankan sistem operasi terbaru Android 11, dengan antarmuka ColorOS 11.1.

Harga OPPO Reno5 Pro 5G & OPPO Enco X

OPPO Reno5 Pro 5G

Lalu berapa harga dari smartphone ini? Perdana dirilis secara global di India, OPPO Reno5 Pro 5G dibanderol seharga INR35,990 atau sekitar Rp6,9 jutaan. Bersamaan dengan itu, OPPO India juga hadirkan perangkat TWS barunya, OPPO Enco X, seharga INR 9,990 (Rp1,9 jutaan).

Perlu diingat bahwa OPPO Reno5 Pro series disebut tidak akan hadir di Indonesia. Mungkin bagi OPPO Indonesia, untuk menikmati pengalaman flagship terbaik, bakal diarahkan langsung ke Find series. Kita nantikan saja seri terbarunya untuk 2021 nanti ya.