Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

realme 8 5G Gunakan Dimensity 700, Punya Teknologi Dynamic RAM

Ingin menghadirkan smartphone 5G di semua segmen harga, realme terus merilis perangkat 5G baru di berbagai negara. Dalam pekan ini, sebuah perangkat baru diluncurkan berurutan di Thailand, India dan regional Eropa. Yaitu realme 8 5G, menjalankan salah satu chipset dari MediaTek seri Dimensity.

Meski namanya familiar dengan yang tersedia di Indonesia, sejatinya realme 8 5G sendiri bukanlah realme 8 yang ditambahkan dukungan jaringan masa depan tersebut. Namun spesifikasinya cukup berbeda—malah ada beberapa aspek yang harus dipangkas. Namanya juga terjangkau, ya, sehingga harus ada yang disesuaikan supaya harga jual bisa ditekan.

Dalam sebuah peluncurannya, CEO dan Vice President untuk realme wilayah India dan Eropa, Madhav Sheth mengatakan bahwa kehadiran realme 8 5G ditujukan untuk penuhi keinginan realme Fans. Menurutnya, beberapa di antara mereka ada yang menyayangkan absennya perangkat 5G saat peluncuran realme 8 series pertama kali. Maka dihadirkanlah perangkat ini, dengan tongkrongan yang perssi realme V13 5G.

Baca juga: Review realme 8 Pro: Semakin Stylish, Bawa Sensor 108MP Pertama di Segmen Menengah

Spesifikasi realme 8 5G

realme 8 5G

Seperti yang terlihat pada foto di atas, realme 8 5G tampil dengan desain yang lebih sederhana. Hadir dalam dua opsi warna (Supersonic Blue & Supersonic Black), bodi belakangnya tak dilengkapi slogan “Dare to Leap” yang tercetak besar. Sementara sensor sidik jarinya terletak di samping bodi, bersamaan dengan tombol power.

Salah satu bagian yang harus diturunkan adalah layarnya, di mana realme 8 5G punya layar IPS 6,5 inci full HD+, denagn refresh rate 90Hz. Kecerahannya standar di 600 nits, namun sudah terlapisi perlindungan ekstra Dragontrail glass. Tak hanya layar, kameranya juga lebih sederhana.

 

Sensor kamera belakangnya hanya tiga, karena sensor ultra wide-angle absen pada smartphone 5G murah ini. Sementara sensor utamanya sama seperti seri realme yang cukup lawas, punya sensor 48MP Samsung GM1 dengan teknologi Quad Bayer. Dua sensor lainnya, seperti yang ditebak, adalah 2MP untuk macro dan foto potret. Sementara di depan, ada kamera 16MP dengan fitur AI Beauty.

realme 8 5G

Perekaman videonya pun belum mendukung resolusi 4K. Hal tersebut karena penggunaan chipset MediaTek Dimensity 700 yang punya performa sedikit lebih rendah, bila dibandingkan dengan seri Helio G95 yang diusung realme 8 4G. Meski punya keunggulan tersendiri—selain mendukung 5G sub-6 GHz SA/NSA, juga lebih hemat daya berkat fabrikasi 7nm.

Dengan prosesor yang efisien, kapasitas baterai 5,000 mAh pada smartphone realme Rp3 jutaan ini bisa bertahan hingga 21 jam untuk pemutaran video. Sedikit ‘perampingan’ lainnya ada pada sektor pengisian daya, di mana kecepatan maksimumnya hanya 18 watt, tak sampai 30 watt.

Ada fitur menarik lain pada smartphone ini. Dengan teknologi Dynamic RAM, kapasitas RAM varian 4GB dan 8GB bisa ditingkatkan menjadi masing-masing 5GB & 11GB, memanfaatkan penyimpanan internal. realme 8 5G juga telah berhasil melewati lebih dari 320 poin uji kualitas, seperti sensor sidik jari yang ditekan 500 ribu kali.

Harga realme 8 5G

realme 8 5G

Diluncurkan di India, realme 8 5G mulai tersedia pertama kali pada 28 April 2021 mendatang. Varian paling murah dengan kombinasi memori 4/128GB dibanderol INR14,999 atau sekitar Rp2,9 jutaan. Sementara opsi RAM 8GB di INR16,999 (Rp3,2 jutaan).

Harga yang tergolong murah, maka tak heran bila ada penyesuaian spesifikasi. Bakal menarik bila smartphone ini juga hadir di Indonesia nantinya, bakal bersaing dengan saudara satu perusahaan ini, yaitu OPPO A74 5G yang baru saja diresmikan di Tanah Air.

Tinggalkan komen