Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Startup Xerpihan Hadir Berikan Solusi Penulisan & Transkripsi Bahasa

Demi memenuhi tugas baik dalam pekerjaan, perkuliahan maupun sekolah, terkadang masyarakat membutuhkan layanan instan yang bisa membantu selesaikan tugas sehari-hari. Termasuk di antaranya yaitu bantuan penulisan maupun transkripsi, terutama untuk tugas yang memiliki bobot tulisan tinggi. Xerpihan, sebuah start-up asal Indonesia, hadir sebagai penyedia solusi masalah tersebut.

Adanya sistem pembelajaran jarak jauh atau perkuliahan daring membuat tugas yang mungkin awal mulanya membutuhkan teamwork atau pertemuan secara daring, kini lebih difokuskan secara digital. Tak hanya itu saja, dalam dunia kerja, terkadang klien yang kita dapat tidak berbicara dengan bahasa yang sama, sehingga membutuhkan jasa atau layanan penerjemah yang andal.

Berawal sebagai peserta Startup School dari Y Combinator Silicon Valley dan Inkubasi Innovative Academy UGM, Xerpihan hadir sebagai startup teknologi yang berfokus pada penggunaan Natural Language Processing untuk perbaikan teks. Tak hanya itu saja, diberikan beragam layanan lainnya yang bisa berikan banyak benefit kepada masyarakat atau konsumen.

Baca juga: Logitech Voice M380 Usung Teknologi Voice Recognition Milik Baidu

Didirikan Atas Tingginya Kebutuhan Konten Tulisan & Video

Xerpihan

Menurut informasi yang dikumpulkan oleh pihak Xerpihan, dalam era yang serba digital saat ini, dua hal utama yang secara masif diproduksi oleh beragam pihak adalah bentuk tulisan atau video. Terdapat lebih dari 7,5 juta blog post baru di internet, dan lebih dari 720 ribu jam durasi video yang terunggah di YouTube setiap harinya.

Dengan begitu, produksi konten digital dinilai sebagai hal penting, guna menyampaikan informasi yang ingin disampaikan. Dari masifnya jumlah blog post dan unggahan tersebut, melatarbelakangi Xerpihan untuk hadir mempermudah dan mengedukasi penulisan serta produksi video dengan transkripsi. Startup ini diprakarsai oleh Yasa Nugroho sebagai CEO, yang merupakan lulusan teknik kimia Universitas Gadjah Mada.

Bila ditilik dari situs resminya, saat ini telah tersedia empat layanan utama yang diberikan oleh Xerpihan. Yang pertama adalah jasa proofreading untuk keperluan paper ilmiah, jurnal, essay, buku, situs web hingga laporan. Biayanya sendiri mulai dari Rp150 ribu per 3500 kata (untuk bahasa Indonesia, atau 2500 kata dalam bahasa Inggris).

Konsumen juga bisa menambah layanan lain seperti translasi literal, paraphrase, koreksi sumber dan lainnya. Sementara tiga layanan lainnya adalah jasa penerjemah (Indonesia – Inggris), pembuatan subtitle untuk video dan film serta jasa transkrip alias menuliskan percakapan dalam sebuah audio ke dalam format teks.

Xerpihan Siap Berkembang dengan Layanan Baru

Xerpihan

Layanan dari Xerpihan sendiri telah digunakan oleh beragam jurnal atau paper dari beragam universitas. Tak hanya itu, pengguna jenis lainnya seperti KOL Titan Tyra sampai tech YouTuber kenamaan, SobatHAPE juga menggunakan jasa dari Xerpihan. Diklaim telah dipercaya lebih dari 1000 pelanggan, lebih dari 50 universitas serta perusahaan.

Hingga saat ini, Xerpihan sendiri telah berhasil mengadakan 7 event yang mendatangkan tokoh-tokoh penulisan. Mulai dari Ivan Lanin (Direktur Narabahasa), Fauzan Al Rasyid (Senior Editor, Russian Beyond) hingga Adu Wahyu Adji (CEO Rumah Kepemimpinan). Event tersebut diadakan secara daring lewat akun Instagram mereka, @xerpihan.

Ke depannya, Xerpihan berencana untuk kembangkan sebuah alat berupa audio-to-text dan aplikasi writing assistant untuk bahasa Indonesia dan Inggris. Dengan harapan dapat membantu kebutuhan tulis-menulis dan konten digital setiap harinya.

Tinggalkan komen