alexa
Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Mengenal Teknologi 50W Flash Charge pada OPPO Reno5

OPPO Indonesia telah meluncurkan sebuah smartphone baru yang memiliki keunggulan pada bagian kameranya, terutama di bagian videografi. Yaitu OPPO Reno5 yang baru saja hadir resmi di Tanah Air pada pekan kedua Januari 2021 tersebut. Selain kamera, yang juga menarik adalah teknologi 50W Flash Charge pada sistem pengisian dayanya.

Ya, ketika seri sebelumnya gunakan embel-embel “VOOC”, OPPO Reno5 justru tidak. Dalam masa di mana para kreator konten makin sering ciptakan video melalui smartphone, tentu saja kinerja chipset bakal digunakan sebaik mungkin. Alhasil, bakal berdampak langsung terhadap daya tahan baterainya. Untuk itulah, 50W Flash Charge di OPPO Reno5 hadir secara spesial.

OPPO berikan peningkatan yang cukup jauh dalam hal teknologi pengisian daya, terutama jika dibandingkan dengan seri sebelumnya. Pada Reno4, OPPO membenamkan teknologi 30W VOOC Flash Charge 4.0. Arus tersebut memang tergolong kencang, namun bisa dibilang kurang fleksibel, mengingat pengguna wajib gunakan adaptor bawaan untuk pengisian daya 30W.
Baca juga: Review OPPO Reno5: Lebih Canggih dengan Fitur Video AI

50W Flash Charge Pada OPPO Reno5 Lebih Universal

50W Flash Charge OPPO Reno5

Sementara kita tahu bahwa tidak semua pengisi daya portabel atau powerbank sampai adaptor charger pihak ketiga mendukung protokol pengisian daya sejenis. Nah, situasi ini yang dicoba untuk diperbaiki oleh OPPO, lewat 50W Flash Charge pada OPPO Reno5. Ya, OPPO tidak menggunakan embel-embel “VOOC”, tapi justru malah lebih bagus, dengan tujuan universal.

Dalam sebuah presentasi yang diadakan oleh OPPO Indonesia beberapa waktu jelang peluncuran, Aryo Meidianto A, PR Manager OPPO Indonesia menjelaskan bahwa teknologi 50W Flash Charge di OPPO Reno5 punya daya puncak 66,6% lebih tinggi dari Reno4. Selain itu, mendukung lebih dari satu protokol teknologi fast charging.

Selain protokol milik OPPO sendiri, juga termasuk Qualcomm serta Power Delivery (PD) yang lebih umum digunakan oleh banyak perangkat. Sehingga saat perangkat OPPO Reno5 disambungkan ke perangkat seperti powerbank yang mendukung Qualcomm Quick Charge 2.0, ataupun standar PD, kecepatan pengisian dayanya bakal jalan hingga 15W.

OPPO Reno5
OPPO berikan adaptor charger SuperVOOC 2.0 65W pada paket penjualan OPPO Reno5.

Bahkan OPPO Indonesia berbaik hati dan menyediakan adaptor charger SuperVOOC 2.0 65W pada paket penjualan OPPO Reno5. Sehingga bisa dinikmati juga untuk teman atau kerabat yang menggunakan seri lebih tinggi seperti Reno4 Pro atau Find X2 Pro, misalnya. Sementara lewat arus 50W, mengisi daya Reno5 hanya membutuhkan waktu 48 menit saja untuk capai 100%.

Dengan begitu, OPPO Reno5 bisa diisi daya cukup instan saat sedang bepergian, dalam kondisi masih jauh dari colokan. Agar smartphone cepat terisi dan bisa kembali digunakan untuk membuat konten. Saat ada colokan, barulah pengguna bisa isi daya dengan kecepatan paling instan lewat protokol SuperVOOC 50W.

Baterai Lebih Besar, Pengisian Dijamin Aman

OPPO Reno5

Tidak hanya asal kencang, OPPO juga sudah mendesain agar sistem pengisian daya di OPPO Reno5 aman. 50W Flash Charge di smartphone OPPO terbaru ini sudah dipikirkan matang-matang akan keamanannya. Yaitu dengan memberikan proteksi lima lapis, serta mendapat sertifikasi khusus dari TUV Rheinland di mana OPPO harus melewati serangkaian persyaratan khusus.

Kapasitas baterainya juga kini lebih besar di 4,310 mAh, meski profil bodinya masih sama-sama tipis dan ringan. Ketika mengulas smartphone ini, saya bisa menggunakannya hingga 1,5 hari. Hal tersebut diduga berkat optimalisasi chipset Snapdragon 720G yang hemat daya, juga serangkaian fitur baterai yang dibawa OPPO pada antarmuka terbarunya, ColorOS 11.1 berbasis Android 11.

Beberapa di antaranya yaitu Sleep Standby Optimization, serta Optimized Night Charging. Fitur yang pertama mungkinkan smartphone untuk habiskan daya minimum saat sedang standby pada jam tidur, sementara fitur kedua dapat menghindari terjadinya overcharge.

Saat ini, OPPO Reno5 telah tersedia untuk dibeli secara langsung lewat toko resmi OPPO Indonesia, baik di situs e-dagang terkemuka maupun secara luring (offline) di OPPO Store dan ritel yang bekerja sama, tersebar di seluruh Indonesia. Dibanderol dengan harga Rp4,999 juta, konsumen bisa memilih dua opsi warna menarik yaitu Fantasy Silver dan Starry Black.

Tinggalkan komen