alexa

AMD Buat Kartu Grafis Khusus untuk Penambang Kripto

Jakarta, Gizmologi – Produsen chip AMD dikabarkan akan merilis kartu grafis khusus yang ditujukan untuk para penambang mata uang kripto (cryptocurrency). Menyusul ketertinggalan dari NVIDIA yang telah lebih dulu merilis Graphics Processing Unit (GPU) bagi untuk para miner.

Spekulasi itu muncul berdasarkan foto yang diunggah akun Twitter I_Leak_VN, beberapa waktu lalu. Dalam foto tersebut terlihat kartu grafis berwarna hitam yang dikhususkan untuk keperluan mining.

Hal itu terlihat dari ketiadaan port seperti HDMI, USB Type-C, hingga Display Port, sebab proses mining sendiri memang tidak membutuhkan port-port tersebut. GPU tersebut juga tidak akan hadir dengan brand Radeon melainkan brand XFX yang kini dikenal sebagai salah satu produsen GPU yang menggunakan chip AMD

Selain itu, ukurannya juga bisa dibilang tidak terlalu besar dan menyerupai kartu grafis dual fan pada umumnya. Dilansir dari Techspot, chip yang digunakan di GPU ini adalah Navi 21.

Sementara untuk desain dua-slot yang digunakan mirip dengan Instinct M100 Accelerator buatan AMD. Ini terlihat dari dua konektor daya 8 pin di bagian belakang yang mengkonfirmasi bahwa chip yang dipakai adalah Navi 21 ketimbang Navi 22 atau Navi 10.

Sebelumnya, AMD sempat mengatakan mereka tak berencana membatasi kinerja chip grafis RDNA 2 miliknya. Hal ini dibuktikan dari kemampuan GPU Radeon 6600 XT yang sanggup untuk penambangan Ethereum dengan hash rate 32MH/s dan konsumsi daya 55W.

“RDNA sejak awal dirancang untuk bermain game, dan RDNA 2 memiliki kemampuan dua kali lipat lebih tinggi dari RDNA. Fitur seperti Infinity Cache dengan bus width lebih kecil dipilih untuk mencapai hit rate game dengan sangat spesifik,” kata Product Manager AMD, Nish Neelalojanan.

Meski begitu, pihak AMD masih belum memberikan konfirmasi terkait kehadiran GPU khusus tersebut. Jadi kita tunggu saja informasi resmi dari AMD mulai dari peluncuran, ketersediaan, dan juga harga dari GPU untuk para mining tersebut.

Tinggalkan komen