Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Supercomputer El Capitan Ditenagai CPU AMD EPYC & GPU Radeon

0 273

Produsen semikonduktor asal Amerika Serikat, AMD bekerja sama dengan Lawrence Livemore National Laboratory (LLNL) dan Hewlett Packard Enterprise (HPE) untuk mengumumkan sebuah proyek supercomputer kelas exascale yang akan hadir di masa mendatang, bernama El Capitan. Supercomputer tersebut akan dilengkapi dengan CPU AMD EPYC dan GPU AMD Radeon generasi terbaru, serta perangkat lunak heterogen AMD ROCm yang terbuka.

Sistem El Capitan juga diharapkan akan menjadi supercomputer tercepat di dunia, dengan lebih dari 2 exaflops dan performa presisi ganda, diharapkan akan hadir pada awal tahun 2023 mendatang. Dengan performa terbaik, diharap akan mendukung persyaratan National Nuclear Security Administration dengan misi utama mereka untuk memastikan keselamatan, keamanan dan keandalan cadangan nuklir negara.

Baca juga: [CES 2020] Laptop ASUS TUF Gaming A15 Diperkuat Prosesor AMD Ryzen 4000 Mobile

El Capitan Supercomputer, Kerjasama HPE & AMD

AMD El Capitan

“El Capitan akan mendorong kemampuan High Performance Computing (HPC) dan kecerdasan buatan (AI) yang belum pernah terjadi sebelumnya, dengan ditenagai oleh generasi terbaru dari CPU AMD EPYC dan GPU Radeon Instinct,” kata Forrest Norrod, Senior Vice President dan General Manager, Datacenter dan Embedded Systems Group, AMD.

“Membangun fondasi kuat kami dalam komputasi dengan performa tinggi dan menambahkan kemampuan koherensi transformatif, AMD memungkinkan komunitas NNSA Tri-Lab – LLNL dan Los Alamos and Sandia National Laboratories untuk mencapai tujuan kritis misi mereka dan berkontribusi kepada kemajuan AI baru ke industri.”

Node berbasis AMD akan dioptimalisasi untuk memperlancar pekerjaan AI dan machine learning (ML), berpotensi memungkinkan adanya perluasan penggunaan keduanya dalam penelitian, teknik komputasi yang bermanfaat bagi misi NNSA. Steve Scott, Senior Vice President dan CTO untuk HPC & AI di HPE mengatakan jika 2 exaflops (di El Capitan) akan menjadi supercomputer yang 10 kali lebih cepat dan powerful jika dibandingkan dengan yang sudah ada saat ini.

Teknologi AMD di El Capitan

Nantinya, El Capitan akan menggunakan generasi terbaru dari prosesor AMD EPYC, dengan kodenama “Genoa” yang mempunyai prosesor inti Zen 4, dan akan mendukung generasi memori selanjutnya dan sub sistem I/O untuk beban kerja AI dan HPC. GPU Radeon Instinct generasi berikutnya punya arsitektur baru dengan komputasi yang dioptimalisasi untuk beban kerja, termasuk HPC dan AI.

Forrest menambahkan, “Kami sangat bangga untuk melanjutkan pekerjaan exascale ini dengan HPE dan NNSA dan menantikan pengiriman supercomputer paling kuat di dunia yang akan datang pada awal tahun 2023.”