alexa
Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

AMD Perkenalkan GPU RX 6000M Series & Platform AMD Advantage

Gelaran tahunan Computex yang biasanya diadakan secara luring di Taiwan, kali ini tampil sepenuhnya secara virtual karena pandemi. Dalam gelaran tersebut, beragam produsen perangkat keras tampil untuk umumkan inovasi terbarunya. Salah satu yang pertama adalah AMD, tampilkan seri GPU terbarunya dengan AMD Radeon RX 6800M yang menjadi flagship.

Diawali oleh sang CEO, Lisa Su, AMD akhirnya meresmikan versi GPU terbarunya yang sudah menggunakan arsitektur modern, dibuat sama seperti seri CPU Ryzen 5000 series-nya. AMD Radeon RX 6000M series sendiri hadir dalam tiga varian; RX 6800M, RX 6700M dan RX 6600M, yang tentunya punya kemampuan olah grafis berbeda-beda.

Tiga cip ini sejatinya telah ditampilkan pertama kali pada gelaran Consumer Electronics Show 2021 beberapa bulan kemarin, namun baru saat ini ditampilkan secara penuh. Gunakan arsitektur RDNA 2, banyak benefit yang bisa diberikan oleh AMD untuk laptop gaming modern 2021. Selain itu, sebuah platform baru juga diresmikan untuk standar perangkat gaming berkualitas.

Baca juga: Performa Kencang, AMD Ryzen Pro 5000 Series Hadir untuk Laptop Bisnis

Keunggulan AMD RX 6800M dan Dua Seri Lainnya

CEO AMD Lisa Su - AMD Radeon RX 6000M series
CEO AMD, Lisa Su dalam pembukaan acara peluncuran AMD terbaru di Computex 2021.

Kalau dulunya dikenal mudah panas, CPU AMD Ryzen terbaru kini hadir dengan efisiensi daya yang bahkan lebih baik dari penawaran kompetitornya. AMD Radeon RX 6000M series pun membawa arsitektur yang mirip, membuat para pemain gim tak sabar untuk membeli laptop yang mengusung GPU terbaru satu ini.

RDNA 2 sendiri membawa beberapa fitur seperti Ray Accelerator cores, Infinity Cache pada GPU, hingga dukungan Smart Access Memory untuk akses memori pada GPU secara langsung. Bila disimpulkan, mampu berikan latensi lebih rendah dan performa lebih baik tiap watt, bakal berdampak baik terhadap konsumsi daya baterai.

Lantas apa bedanya dari seri RX 6800M, RX 6700M & RX 6600M? Ada pada TDP, clockspeed GPU, memori serta jumlah cache. Jadi yang terbaik, seri RX 6800M dijanjikan dapat menjalankan gim-gim modern AAA seperti Battlefield V, F1 2020, Overwatch sampai Apex Legends dalam framerate 120fps di resolusi 1440p. RX 6700M janjikan 100fps pada resolusi yang sama, sementara RX 6600M masih sangat oke di 100fps 1080p.

Tentunya, keputusan untuk menggunakan satu di antara tiga pilihan GPU terbaru AMD ini bakal dipilih berdasarkan target harga perangkatnya. Salah satu laptop baru yang bakal usung CPU dan GPU AMD RC 6800M adalah ASUS ROG Strix G15, menyusul HP OMEN 16 di masa mendatang.

Juga Perkenalkan Platform AMD Advantage

AMD Advantage

Dalam kesempatan yang sama, sebuah “design framework” Bernama AMD Advantage juga diperkenalkan. Platform ini bertujuan untuk mengajak OEM atau produsen perangkat untuk membawa beberapa fitur unggulan AMD pada laptop gaming-nya, supaya memiliki standar tertentu demi pengalaman gaming terbaik.

Mudahnya, ini adalah versi lain dari platform Intel Evo untuk laptop ultrabook. Bedanya, AMD Advantage nantinya hanya untuk laptop gaming. Perangkat yang masuk ke platform ini menandakan sudah gunakan CPU AMD Ryzen 5000 series terbaru, GPU Radeon 6000 series, dukungan AMD Smart Access Memory serta teknologi Smart Shift.

Selain performa komputasi, layarnya juga minimal punya kecerahan 300 nits, setidaknya standar warna 100% sRGB (atau 72% NTSC), refresh rate 144Hz, slot SSD PCIe Gen 3, suhu di bawah 40 derajat celsius (terutama pada bagian WASD) serta mampu memutar video hingga 10 jam. Sebuah standar yang cukup tinggi, apalagi untuk sebuah laptop gaming.

Namun bila memang sudah dibuat efisien, bukan tidak mungkin standar-standar yang diterapkan bisa benar-benar dicapai. Namun yang perlu diingat, beberapa laptop dengan Intel Evo pun ada pula yang dalam uji pakai langsung tidak mencapai standar, setidaknya mendekati saja.

Tersedia Bulan Juni, Juga Bakal Hadir di Smartphone Samsung

AMD - Tesla

GPU terbaru AMD RX 6000 Series bakal tersedia untuk OEM mulai bulan Juni 2021. Sementara untuk laptop pertama yang masuk dalam platform AMD Advantage, ASUS ROG Strix G15 terbaru nanti bakal mengusung CPU Ryzen 9 5900Hz, GPU Radeon RX 6800M dan layar 15 inci WQHD 165Hz.

Selain pada perangkat seperti laptop, nantinya AMD juga kembangkan GPU mereka untuk digunakan pada perangkat jenis lain. Ke depannya, AMD bakal bekerja sama dengan Samsung, integrasikan arsitektur RDNA 2 pada cip Exynos di masa depan. Serta GPU Radeon untuk perangkat hiburan yang ada di dalam kabin interior kendaraan Tesla.

Tinggalkan komen