Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Generasi Kedua AMD Ryzen Bikin Performa Lebih Ngebut

0 415

AMD semakin serius untuk menjadi pesaing Intel di dunia desktop komputasi performa tinggi. Setelah sukses memulai debut di pasar desktop komputasi tahun lalu, mereka terus berbenah. Hasilnya, AMD Ryzen generasi kedua menjanjikan kinerja pengguna lebih kencang dari prosesor generasi sebelumnya.

Selain ngebut, AMD Ryzen generasi kedua ini juga irit daya alias lebih efisien. Model yang dimaksud CPU AMD Ryzen generasi kedua di sini adalah delapan core Ryzen 7 2700x, Ryzen 7 2700, enam core Ryzen 5 2600X dan Ryzen 5 2600.

CPU AMD Ryzen generasi kedua memiliki delapan core Ryzen 7 2700X menyegarkan versi sebelumnya, yaitu 1800X dan 1700X yang dirilis tahun lalu. Dengan basis clock 3,7 GHz plus penambahan kecepatan mencapai 4,3 GHz, CPU generasi kedua Ryzen ini lebih cepat dari versi 1800X, yang melaju pada kecepatan antara 3,6 GHz dab 4 GHz, tulis engadget.com.

Chip teranyar ini juga lebih terjangkau pada US$329, dibandingkan dengan 1700X yang berharga $399 dan 1800X yang senilai $499. Sebagai perbandingan, enam core 8700K milik Intel yang dibanderol sekitar $350.

Untuk CPU generasi kedua Ryzen yang lebih terjangkau, Ryzen telah mempersiapkan enam core Ryzen 5 2600, yang akan ditawarkan $199. Jenis chip ini mempunyai kecepatan antara 3,4 GHz dan 3,9 GHz, dan kemungkinan bisa menjadi pesaing yang solid bagi Core i5-8500 kepunyaan Intel.

CPU Generasi Kedua Ryzen. Foto oleh amazon.comChip baru tersebut dibuat berdasarkan 12 nanometer Zen + arsitektur AMD sehingga bisa dibilang produk tersebut memperbaharui generasi sebelumnya. Tak berhenti pada CPU generasi kedua Ryzen, AMD sudah mempersiapkan Zen 2, yang diprediksi memulai debutnya pada tahun depan.

AMP menutup rapat detail Zen 2 hingga peluncurannya pada 19 April tahun depan. Tetapi ada sedikit bocoran nih: chip ini akan menjalankan chipset X470 Am4 terbaru dan mendukung teknologi StoreMI miliknya yang bisa meningkatkan performa kecepatan disk dengan menghubungkan SSD, hard disk tradisional dan RAM.

Baca juga: AMD Ryzen Mobile, Prosesor Tercepat untuk Notebook Ultrathin Hadir di Indonesia

Advanced Micro Devices, Inc. atau AMD memproduksi prosesor komputer dan teknologi lainnya terkait dengan pasar bisnis dan konsumen. Produk utama firma asal California, AS, ini mencakup prosesor mikro, prosesor grafis untuk server, motherboard chipset hingga komputer pribadi.

AMD menjadi satu-satunya kompetitor signifikan Intel untuk pasar prosesor mikro berbasis x86. Sejak mengakuisisi ATI Technologies Inc atau ATI, sebuah perusahaan teknologi semi konduktor, pada 2006, AMD dan kompetitornya Nvidia telah mendominasi pasar Graphics Processing Unit atau GPU.

Sejak 2017, AMD memperkenalkan Ryzen sebagai merek CPU dan accelerated processing unit atau APU dengan mengimplementasikan Zen sebagai mikroarsitektur bagi CPU tersebut. Produk bermerek Ryzen pertama kali diperkenalkan ke publik saat pertemuan New Horizon AMD pada 13 Desember 2016.