alexa

Android 12 Tampil Jauh Lebih Personal, Tersedia dalam Versi Beta

Acara yang diadakan secara rutin setiap tahun, Google IO baru saja berjalan secara sepenuhnya daring. Tahun lalu, acara ini sempat tertunda karena adanya pandemi COVID-19, di mana para pengembang (developer) aplikasi yang awalnya hadir secara luring, diubah menjadi daring. Secara resmi, Android 12 Beta diresmikan dan siap diuji coba.

Ya, setelah tangkapan layar dari Android 12 sempat beredar beberapa pekan lalu, Google akhirnya berikan pandangan resmi terkait sistem operasi terbarunya yang bakal hadir di smartphone Android terbaru masa mendatang. Selain dibuat lebih personal, tampilannya juga dirombak total. Dengan widgets yang jauh lebih fleksibel.

Sameer Samat, VP Product Management untuk Android & Google Pay mengatakan bila Android 12 dibuat berdasarkan semuanya yang pengguna sukai tentang Android, dan fokus pada pembuatan perangkat yang lebih personal, beradaptasi dengan penggunanya. Mengembangkan sistem operasi yang secara default aman dan pribadi secara desain, serta saling terhubung dengan perangkat lainnya.

“Hari ini (19/5), kami merilis versi Android 12 beta pertama dan memberikan konsumen gambaran tentang beberapa fitur yang akan tersedia di peluncuran mendatang,” jelasnya lewat sebuah rilis dalam laman blog resmi Google. Secara garis besar, tampilan atau user interface pada Android 12 dibuat lebih personal. Pendekatannya pun benar-benar dirombak dari awal.

Baca juga: Google Maps Luncurkan Fitur Live View Berbasis Augmented Reality

Tampilan Android 12 Dibuat Sepenuhnya Baru

Google manfaatkan perubahan warna, bentuk, cahaya dan gerakan (motion). Hasilnya, Android 12 bakal nampak lebih ekspresif, dinamis nan personal. Khusus untuk seri Google Pixel yang memang dilengkapi tema, nantinya skema warna yang digunakan, bakal ikut mengubah bagian lain termasuk widget. Sehingga nantinya warna jam, tanggal dan dekorasi lain bakal mengikuti wallpaper secara otomatis.

Tak hanya widgets saja yang nantinya lebih personal, skema warna yang telah terpilih juga bakal diaplikasikan ke tampilan jam di layar kunci, bar notifikasi, bar pengendalian volume hingga lainnya secara mendalam. Menggabungkan ekosistem hardware dan software, Google ciptakan bahasa desain baru yang disebut “Material You”.

Meski di seri-seri sebelumnya sudah mulai semakin halus, Android 12 hadir dengan efek transisi dan animasi lebih kaya serta natural. Setiap sentuhan, swipe dan gulir (scroll) dibuat lebih halus, serta lebih fluid (seperti jam pada layar depan yang membesar ketika tidak ada notifikasi yang ditampilkan).

Bila kesannya bakal membuat kinerja smartphone lebih berat, jangan salah. Google mengklaim bila Android 12 nantinya bakal lebih cepat, responsif dan efisien daya. Hal tersebut berkat peningkatan sistem di mana penggunaan CPU bisa diturunkan sampai 22%.

Dan untuk kemudahan akses, bar notifikasi juga dirombak supaya pintasan ke layanan pembayaran digital Google Pay plus Google Home bisa diintegrasikan. Secara default, nantinya menekan tombol power dalam durasi yang lama bakal jadi pintasan untuk asisten suara milik Google.

Lebih Utamakan Privasi & Keamanan

Android 12 Beta
Penanda akses kamera maupun mikrofon bakal muncul di bar notifikasi demi transparansi.

Bagi kamu yang memang utamakan keamanan, ada baiknya untuk menantikan pembaruan versi Android satu ini. Demi berikan transparansi lebih jauh, bakal ditampilkan Privacy dashboard berisi informasi kapan aplikasi mengakses sensor tertentu, dengan tampilan yang mudah dipahami.

Pengguna bisa melihat kapan saja aplikasi tersebut mengakses kamera atau mikrofon, dan bisa hentikan perizinan secara langsung. Mengikuti langkah Apple, nantinya bila terdapat kamera atau mikrofon yang sedang aktif, bakal muncul indicator titik hijau sebagai penandanya.

Yang tak kalah menarik adalah opsi untuk berikan titik lokasi secara tepat, atau hanya dalam skala perkiraan. Ini berfungsi ketika pengguna mencoba untuk cek cuaca, di mana opsi kedua (bagikan perkiraan lokasi) masih tepat guna. Google janjikan penambahan fitur semasa pengembangannya di masa mendatang.

Sudah Tersedia Untuk Google Pixel & Lainnya

Android 12 Beta

Ingin mencoba Android 12 beta? Kabar baiknya, kamu pengguna Google Pixel sudah bisa mencobanya saat ini, mulai dari seri Pixel 3, 3a hingga Pixel 5. Yang perlu dicatat, ini adalah versi Beta, sehingga pasti masih memiliki banyak bug.

Ketika sudah naik ke Android 12 Beta, pengguna tak bisa kembali ke versi sebelumnya tanpa melakukan wipe atau hapus semua data. Selain Google, beberapa merek lain seperti OPPO, ASUS, OnePlus dan realme juga mulai sediakan versi beta ke beberapa seri smartphone-nya. Selengkapnya bisa kamu cek pada halaman Android Developer di sini.

Tinggalkan komen