Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Dengan Fleet Management System, Armada DAMRI Dapat Dipantau Lebih Mudah

0 106

Seiring dengan kemajuan teknologi, pemesaan kendaraan umum juga terus dibuat lebih mudah. Tidak terkecuali pemesanan tiket bus, di mana sekarang kita sudah tidak perlu untuk datang ke terminal, alias bisa dipesan langsung baik lewat situs web maupun aplikasi dari smartphone. Termasuk pemesanan tiket bus DAMRI.

Untuk optimalkan pelayanan bagi masyarakat, DAMRI menerapkan DAMRI Fleet Management System, yang dapat tingkatkan kinerja operasional dan proses control and monitoring. Penerapan ini dirilis sejalan dengan ulang tahun ke-74 DAMRI, yang terus melakukan pembenahan diri lewat manajemen berbasis digital, seiring dengan perkembangan industri transportasi modern 4.0.         

Baca juga: Dari Penyedia GPS Tracker, Fox Logger Berkembang Menjadi Perusahaan IoT    

Pelacakan Armada Lebih Mudah dengan DMFS

DAMRI Fleet Management System
Tampilan DAMRI Fleet Management System.

Lalu apa benefitnya bagi konsumen? DAMRI Fleet Management System (DFMS) mengacu pada teknologi untuk bertukar informasi antara armada kendaraan, dengan platform pusat guna memastikan produktivitas kinerja armada DAMRI. Sistem ini berikan visibilitas tambahan untuk tiap kendaraan.

Selain itu, juga hadir DAMRI Tracking System atau sistem pelacakan kendaraan, menggunakan GPS pada setiap armada. GPS ini digunakan untuk mengetahui lokasi yang akurat di masing-masing armada. Tiap bus juga dipasangkan dengan CCTV untuk bantu dalam memantau setiap aktivitas di dalam kendaraan, cegah hal yang tidak diinginkan.

Untuk memonitor aktivitas masing-masing armada menggunakan dua fitur baru di atas, DAMRI memiliki DAMRI Central Control Room (DCCR) yang berlokasi di Kantor Pusat maupun Kantor Cabang. DCCR juga dapat menginformasikan keadaan bus yang sekiranya perlu untuk melakukan perawatan, maupun pergantian onderdil dengan mudah dan cepat. Hal ini permudah komunikasi antar tim, sekiranya ada force majeur yang terjadi ke depannya.

DAMRI juga optimalkan Sistem Informasi Manajemen Administrasi (SIMA) berbasis analisis atas situasi dan kondisi perusahaan, serta tingkat kesiapannya. Hal ini diterapkan dalam rangka melaksanakan tata Kelola perusahaan yang baik atau Good Corporate Governance.

Terdiri dalam beberapa bagian, SIMA DAMRI dapat membantu manajemen untuk mengedepankan integrasi dan transparansi, guna mencegah segala bentuk kecurangan atau whistleblowing. Aktivitas di dalamnya termasuk penyusunan perhitungan data, penyortiran data, pengelompokkan data dan penyederhanaan data.

Pemesanan Tiket Nantinya Tersedia Lewat Aplikasi iOS

Situs tiket DAMRI
Situs tiket DAMRI.

Dengan ditingkatkannya manajemen serta sistem di dalamnya, DAMRI juga memaksimalkan pemanfaatan transaksi nontunai. Tiket elektronik kini bisa dibeli melalui beragam saluran, yaitu DAMRI Apps (tersedia untuk smartphone Android), dan dari situs resmi tiket.damri.co.id. Kedua metode ini dapat digunakan untuk mengecek jadwal bus hingga pembelian tiket langsung dari smartphone.

Ke depannya, DAMRI Apps bakal segera hadir juga untuk pengguna iOS. Selain itu, tiket DAMRI juga dapat dibeli lewat saluran agen perjalanan digital seperti Redbus dan Traveloka. DAMRI jugan memastikan sistem perlindungan pembayaran yang 100% aman, yang juga mendukung beragam metode pembayaran seperti kartu debit, kartu kredit, LinkAja, Gopay, OVO, DANA, Virtual Account maupun metode transfer bank.