Ini Pentingnya Miliki DevOps Saat Manfaatkan Cloud Bagi Perusahaan Teknologi

Jakarta, Gizmologi – Sebagai perusahaan teknologi dengan lebih dari 100 juta pengguna, sistem teknologi di belakang layar Tokopedia tergolong kompleks. Setiap harinya, ada banyak deployment terjadi. Sehingga dibutuhkan budaya DevOps (Development and Operations) dengan penggunaan cloud yang baik untuk memfasilitasi itu semua. Hal ini agar operasional tidak hanya bergerak dengan cepat, tetapi juga stabil, aman dan dapat terukur.

Baca juga Tokopedia NOW! Hadir di Jakarta, Pesan Kebutuhan Pokok Sampai dalam Dua Jam

Inilah yang dijelaskan dalam START Summit Extension (SSE) Oktober. Bertemakan “How Alicloud Facilitates DevOps Culture”, SSE bulan lalu mengundang Denny Setiawan, Senior Software Engineer DevOps Tokopedia dan Abraham Gavrillo, Software Engineer DevOps Tokopedia, serta Siddharth Pandey, Solutions Architect dari Alibaba Cloud Indonesia.

Siddharth menjelaskan perjalanan Development dan Operations hingga bersatu menjadi DevOps dan berkembang menjadi DevSecOps. Ia bercerita mengenai latar belakang dibentuknya DevOps oleh insiator Patrick Debois. Hingga berbagai keuntungan yang didapatkan dengan menerapkan DevOps culture dengan memanfaarkan layanan Alicloud. Sementara itu, Denny dan Abraham menjelaskan tentang pengelolaan artifacts dalam DevOps pada berbagai layanan berkinerja tinggi di Tokopedia.

Infrastruktur Multicloud di Tokopedia

Screen Shot 2021 11 23 at 11.25.50“Sebagai sebuah platform dengan lebih dari 100 juta pengguna, Tokopedia menggunakan sistem multicloud yang memungkinkan penyesuaian performa sesuai dengan kebutuhan. Apabila sedang ada kampanye tertentu sehingga kemungkinan kunjungan ramai, penggunaan cloud memungkinkan Tokopedia untuk melakukan scale up,” jelas Abraham.

Walaupun infrastruktur multicloud  bisa membantu sistem Tokopedia agar memiliki sistem keandalan yang tinggi, hal ini juga memiliki tantangannya sendiri. Selain beberapa cloud berbeda, setiap harinya Tokopedia memiliki banyak engineer yang harus melakukan deployment dengan ketentuan yang berbeda-beda.

Ada yang hanya membutuhkan satu cloud, ada pula yang membutuhkan lebih dari satu cloud. Demi melakukan proses ini dengan lancar dan mudah, Tokopedia membutuhkan artifact. Artifact ini berfungsi untuk menjembatani deployment yang dilakukan oleh Engineer atas suatu service.


Disclaimer: Gizmologi adalah media partner untuk ajang START Summit Extension

Tinggalkan komen