Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Mengenal Gimbal Stabilization di vivo X50 Pro, Tingkatkan Kualitas Foto & Video

0 225

Setelah cukup lama hadir di Indonesia, vivo akhirnya meluncurkan lini flagship X series mereka secara resmi melalui vivo X50 dan X50 Pro. Varian yang kedua digadang-gadang punya teknologi kamera yang inovatif, hadir dengan sebutan professional photography flagship. Apalagi kalau bukan gimbal stabilization, pertama kali diperkenalkan dalam sebuah smartphone purwarupa di awal tahun kemarin.

Gizmo friends mungkin lebih mengenal gimbal stabilizer sebagai perangkat terpisah yang punya ukuran cukup besar dan berat, punya baterai sendiri dan dipasangkan dengan kamera terpisah. Nah, vivo mengadaptasi teknologi yang kurang lebih sama, namun disematkan secara built-in ke dalam kamera smartphone, yaitu vivo X50 Pro. Perlu waktu yang cukup panjang bagi vivo sebelum pada akhirnya dapat mengkomersilkan fitur ini.

Awalnya, teknologi gimbal stabilization hadir di vivo APEX 2020, sebuah smartphone purwarupa yang dirilis khusus untuk memperlihatkan teknologi yang bakal hadir di smartphone masa mendatang. Baru setelahnya, vivo menyempurnakan teknologi tersebut ke vivo X50 Pro, dengan ukuran gimbal yang lebih proporsional.

Video: Unboxing vivo X50 Pro Indonesia

Penjelasan Teknis Fungsi Gimbal Stabilization di vivo X50 Pro

gimbal stabilization vivo X50 Pro
Fungsi kalibrasi gimbal pada vivo X50 Pro.

Dimensi modulnya dibuat 40% lebih kecil, 1mm lebih tipis, dan dapat diletakkan sangat dekat dari layar, yaitu hanya 0,13mm. Ketebalan bodi vivo X50 Pro bisa dibilang sangat ramping di 8mm, dengan tonjolan kamera yang relatif kecil untuk seluruh teknologi yang dibawa, termasuk sensor utama 48MP Sony IMX598 serta kamera 5x optical zoom.

vivo juga menjelaskan secara teknis bagaimana mekanisme gimbal stabilization bekerja di vivo X50 Pro. Logika teknologinya sama seperti handheld gimbal—menggunakan pivot, dudukan, giroskop dan sensor untuk memungkinkan kamera berputar di sepanjang sumbu dengan lancar, serta mengimbangi guncangan dan menstabilkan frame.

Karena modul gimbal menyatu dengan sensor, kamera utama vivo X50 Pro yang dimiringkan/diguncangkan/digerakkan akan memanfaatkan daya giroskop untuk menghitung arah dan perpindahan guncangan. Dengan gaya elektromagnetik, seluruh modul akan bergerak ke arah berlawanan untuk imbangi guncangan.

Sepanjang proses ini, modul menyesuaikan posisi dengan kecepatan refresh 100Hz agar stabil setiap saat. Dengan dudukan suspensi bola ganda (double ball cross structure), sudut modul sistem kamera gimbal bisa mencapai -+ 3 derajat, atau 300% lebih besar dari OIS tradisional. Sehingga walaupun dalam guncangan yang lebih kencan, sudut pandang tetap utuh berkat full frame image stabilization.

Tingkatkan Kualitas Foto Low-light Maupun Video

Hasilnya? Tak hanya perekaman video yang jauh lebih stabil bahkan ketika digunakan sambil berlari, hasil foto juga dapat meningkat terutama dalam kondisi kurang cahaya. Lewat fitur Ultra Stable Video, guncangan pada video akan terlihat sangat minim dalam perekaman 1080p 60fps.

Sementara dalam kondisi cahaya sangat gelap, fitur Extreme Night Vision pada mode malam akan otomatis aktif. Pengguna akan mengambil foto selama empat detik, dan hasil foto bakal jauh lebih terang dan tetap stabil meski membutuhkan waktu saat pengambilan.

vivo X50 Pro extreme night vision
Tampilan kondisi gelap sebelum ambil foto menggunakan mode malam – extreme night vision.
hasil foto vivo X50 Pro
Hasil foto dengan mode extreme night vision.

Teknologi gimbalnya juga dapat dimanfaatkan dengan fitur Astro Mode, yang dapat menangkap gambar bintang-bintang bersinar di langit. Serta Pro Sports Mode untuk ambil gambar bergerak hampir tanpa jeda, dengan kecepatan dan presisi yang tinggi.

Saat ini, vivo X50 Pro masih tersedia dalam program pre-order hingga 24 Juli 2020 mendatang, berlangsung lewat vivo Official Store di Blibli. Pembeli akan mendapat banyak benefit seperti vivo TWS Neo serta Google Nest Mini. Harga resmi vivo X50 Pro dibanderol seharga Rp9,999 juta. Nantikan ulasan lengkapnya di Gizmologi ya!


Beli smartphone vivo di:

Lazada Blibli JD.ID Shopee Eraspace