Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Google Rilis Nearby Share, Fitur Kirim File Pesaing AirDrop Milik Apple

0 123

Sembilan tahun adalah kurang lebih waktu yang diperlukan Google, untuk dapat merilis sebuah fitur kirim file serupa dengan AirDrop pada perangkat Apple. Bagi Gizmo friends yang menggunakan ekosistem Apple, pasti sudah pernah merasakan nikmatnya berbagi file dengan mudah ke sesama pengguna iPhone, tanpa proses pairing dan proses transfer data yang cepat.

Baru pada 4 Agustus kemarin, Google mengumumkan lewat laman blog resminya jika fitur untuk berbagi konten, Nearby Share telah selesai melewati tahap pengembangan, dan siap diluncurkan mulai sekarang. Fitur ini tak hanya hadir untuk smartphone Android terbaru saja, melainkan sampai Android 6.0 Marshmallow sekalipun.

Ya, selama ini berkirim file ke sesama perangkat Android memang menjadi persoalan tersendiri. Kalau harus menggunakan Bluetooth, pasti membutuhkan waktu lama. Mengirim lewat WhatsApp pasti akan terkompres (kecuali lewat pengaturan tertentu). Ada sih, aplikasi pihak ketiga yang bisa membantu seperti ShareIT maupun Files by Google, namun tetap saja prosesnya tak semudah AirDrop.

Baca juga: Google Tak Sengaja Luncurkan Android 11 Beta, Bawa Sejumlah Fitur Baru

Transfer File Cepat dan Mudah, Untuk Semua Android

Beberapa produsen juga seolah punya inisiatif sendiri untuk mengatasi hal tersebut, dengan merilis fitur serupa versinya sendiri. OPPO, realme dan Xiaomi merupakan salah satunya, dengan fitur kirim file mudah dan cepat melalui konektivitas WiFi. Sayangnya, tidak bisa lintas platform ke semua perangkat Android lainnya. Masalah tersebut dicoba diatasi oleh Google lewat dihadirkannya Nearby Share.

Bagi yang belum pernah memanfaatkan fitur AirDrop di perangkat iPhone maupun produk Apple lainnya, caranya sangat mudah. Ketika ingin membagikan file tertentu, baik itu foto maupun dokumen dari manajer file, pengguna tinggal memilih tombol share, dan akan langsung ditampilkan beberapa perangkat terdekat yang bisa kita kirimkan file tersebut secara langsung.

Fitur Nearby Share ini cukup canggih, secara otomatis memilah protokol yang paling mudah dan cepat. Tak hanya melalui peer-to-peer WiFi, juga lewat Bluetooth, Bluetooth LE (low energy) maupun Web RTC. Tinggal pilih kontak perangkat terdekat, dan mereka hanya perlu menekan tombol terima. Sesimpel itu.

Untuk faktor keamanan, tenang saja. Google memastikan seluruh file yang dikirim lewat Nearby Share dibuat anonim, baik ketika mengirim maupun menerima. Sehingga tidak ada pertukaran informasi pribadi ketika sedang tersambung dengan perangkat lain. Pengguna juga dapat mengatur visibilitas dengan mudah, baik ingin terlihat dari semua orang, kontak yang dikenal, atau disembunyikan.

Nearby Share Juga Bakal Hadir ke Chromebook OS

Nearby Share Chromebook OS

Kalau pengguna iPhone, iPad dan perangkat komputer Mac dapat bertransfer file dengan mudah lewat AirDrop, nantinya begitu juga dengan pengguna Android serta Chromebook OS. Nearby Share bakal dibawa untuk perangkat Chromebook dalam beberapa bulan ke depan. Saat ini, fitur seperti Instant Tethering sudah tersedia untuk dua jenis perangkat tersebut.

Lalu bagaimana cara mendapatkan fitur Nearby Share? Fitur ini bakal digulirkan secara bertahap. Perangkat Google Pixel maupun Samsung tertentu bakal mendapatkannya duluan. Google bakalan terus bekerja dengan mitra perangkat keras lain untuk membawa fitur ini ke lebih banyak smartphone dalam beberapa minggu mendatang. Semoga semua kebagian ya!