700 Juta Email Dibobol Hacker, Segera Ganti Password Email Kamu Sekarang!

Buat kamu yang memiliki akun email sebaiknya mulai ganti password dari sekarang. Bisa jadi email kamu adalah satu dari sekian ratus juta email yang telah dibobol hacker.

Hal ini seperti diberitakan Dailymail yang pada akhir bulan lalu mengungkapkan ada sebanyak lebih dari 700 juta alamat email dan sejumlah password telah bocor. Aksi kejahatan ini disebut-sebut sebagai kebocoran spambot terbesar yang pernah ada.

Adapun pembocoran data ini diyakini berasal dari spambot bernama Onliner yang berbasis di Belanda. Dengan kebocoran ini, penjahat cyber bisa masuk ke server untuk mengunduh database tanpa memerlukan nama pengguna atau password.

Troy Hunt, seorang pakar keamanan komputer asal Australia menyarankan agar pengguna email untuk mengganti password sesegera mungkin agar tidak terkena dampat spambot tersebut. Bahkan dia telah membuat situs web Have I Been Pwnd (HIBP) yang memungkinkan kamu memeriksa apakah email yang dimiliki telah bocor yang bisa diakses di sini.

Nah, bot di balik serangan tersebut dirancang untuk menyebarkan malware yang mencuri rincian rekening bank, menyebarkan virus ke perangkat, serta memborbardir pesan untuk melakukan penipuan online. Bahkan tidak menutup kemungkinan email yang dicuri diubah fungsinya menjadi spam.

“Ada bebanyak 711 juta data yang bocor dan menjadikannya kumpulan data terbesar yang pernah saya muat ke situs HIBP. Angka ini begitu banyak, seperti satu alamat untuk setiap pria, wanita, dan anak-anak di seluruh Eropa,” ujar Troy.

Sementara itu, Ondrej Vlck, EVP & GM, Consumer and CTO Avast menyatakan polemik tersebut sebagai peringatan keras bagi para konsumen untuk berhati-hati dan segera membuat password yang rumit agar tidak mudah dibobol hacker.

“Pengguna harus menggunakan password yang unik dan hindari penggunaan password yang sama di berbagai platform. Memang hal ini menakutkan, tapi ada beberapa layanan manajemen password seperti Avast Passwords yang bisa membuatnya jadi lebih sederhana,” ujarnya melalui keterangan tertulis yang diterima Gizmologi.

Nah, bagi Gizmolovers yang membaca artikel ini, sebaiknya langsung segera mengganti password email sekarang juga. Bayangkan jika email kamu adalah satu di antara 700 juta email yang telah dibocorkan hacker. Ngeri banget kan?

Tinggalkan komen