alexa
Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Canggih! Hyundai Berencana Bikin Mobil Robot Berkaki Empat

Pabrikan otomotif asal Korea Selatan Hyundai telah mengakuisisi perusahaan pengembang dan pembuat robot, Boston Dynamics. Baru-baru ini hasil kerja sama ini, berlanjut ke tahap pengembangan konsep mobil terbaru. Dengan meluncurkan mobil berkaki empat, Hyundai TIGER X-1 (Transforming Intelligent Ground Excursion Robot).

Ini adalah kendaraan kedua yang dikeluarkan dari studio Ultimate Mobility Vehicle di Silicon Valley dan pertama kalinya dirancang untuk sepenuhnya otonom,  yaitu tanpa ruang untuk pengemudi atau penumpang.

Menurut The Verge, kendaraan tersebut dirancang khusus untuk mengakses lokasi terpencil untuk misi yang berkaitan dengan eksplorasi ilmiah,mengirimkan makanan atau persediaan medis selama bencana alam serta keadaan darurat lainnya.

Hyundai TIGER X-1 memiliki empat “kaki”, masing-masing dengan serangkaian sendi, memungkinkan kendaraan tersebut meniru cara berjalan mamalia dan reptil.

Baca juga: Teknologi Canggih di Film Marvel Ini Telah Terwujud di Dunia Nyata

Fitur Canggih Hyundai TIGER X-1

Hyundai TIGER X-1
Hyundai TIGER X-1 (Foto: Motor1.com)

Menurut pihak Hyundai, fitur-fitur yang tersedia kendaraan ini terdiri atas sistem gerak kaki serta roda yang canggih, kontrol arah 360 derajat, dan berbagai sensor untuk observasi jarak jauh. Dengan fitur-fitur ini, dapat menghubungkan ke kendaraan udara tak berawak (UAV).

Sebelumnya konsep mobil berkaki telah diterapkan pada Elevate yang dirancang untuk mengangkut penumpang.

Dengan kaki yang bisa ditarik, Hyundai TIGER X-1 dapat mengemudi seperti kendaraan all-wheel drive dan berada dalam moda paling efisien, karena bergerak dengan traksi bergulir.

Mobil ini akan menggunakan kemampuan berjalannya untuk melepaskan diri. Melalui keahlian tersebut, diharapkan dapat memudahkan kendaraan ini melewati medan sesulit apapun seperti macet atau jalan yang sulit untuk dapat dilalui hanya dengan roda.

Tahap Pengembangan Produk Hyundai Tiger X-1

David Byron, Manajer Strategi Desain dan Inovasi, mengungkapkan tim peneliti ingin membuat robot yang memaksimalkan efisiensi gerakan roda dengan artikulasi hewan berkaki empat, sehingga dapat memperluas daya jelajah lebih jauh.

“TIGER adalah desain platform modular yang memungkinkan berbagai badan dipasang ke sasis untuk aplikasi unik seperti pengiriman kargo atau pengawasan di lokasi yang tidak cocok untuk manusia,” ungkap David.

Hyundai telah melakukan brainstorming untuk menggunakan desain “mobil berkaki” yang tanggap bencana dan dapat melakukan pengangkutan kargo.  Termasuk taksi otonom untuk pengguna kursi roda yang dapat berjalan tepat di depan pintu depan. Ini memungkinkan mereka untuk menyetir dengan mulus.

Berkeinginan Besar Mengwujudkan Produk

Untuk mendapatkan bantuan dalam tahap pengembangan, tim peneliti yang  berpusat di Mountain View, California, New Horizons Studio telah mulai menjangkau tetangganya di Silicon Valley. Termasuk Autodesk dan perusahaan desain Sundberg-Ferar.

Tentu saja New Horizons masih harus melakukan pengembangan sistem internal TIGER yang meliputi penggerak kaki-roda, material, struktur, dan sistem tenaga berkinerja tinggi; sasis,  sistem bodi, pengembangan virtual, sistem evaluasi, serta desain dan sistem yang berpusat pada manusia,

Pihak Hyundai menegaskan, walau banyak kendala teknis yang dihadapi, tetapi timnya optimis dapat mengwujudkan produk ini. “Keinginan besar kami adalah menjadikannya produk. Suatu hari, pasti,” tutupnya.

Tinggalkan komen