Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Intel Tiger Lake Generasi Ke-11 Didesain untuk Laptop Tipis & Ringan

0 828

Dalam memilih perangkat komputer maupun versi portabelnya seperti laptop, cukup banyak faktor yang harus dipertimbangkan. Tak hanya kecepatan secara clockspeed saja, tapi generasi prosesor atau chipset juga penting, menentukan performa secara keseluruhan, serta daya tahan penggunaan perangkat, sangat penting untuk laptop.

Dari tahun ke tahun, Intel selalu memperbarui prosesornya agar semakin kencang nan efisien. Pada pertengahan 2020, Intel memperkenalkan CPU terbaru untuk laptop, yaitu Intel Tiger Lake. CPU generasi ke-11 ini bakal hadir di perangkat-perangkat baru yang bakal hadir mulai kuartal ketiga tahun 2020 ini. Intel mengklaim ini adalah yang terbaik untuk laptop yang didesain tipis dan ringan.

Baca juga: Kolaborasi Intel & MediaTek Hadirkan Laptop 5G Awal 2021

Peningkatan yang Dibawa Intel Core Tiger Lake

Intel Tiger Lake

Secara total, lewat Intel Tiger Lake 11th Gen akan hadir dalam 9 seri berbeda, termasuk seri-U dan seri-Y (yang kini masing-masing disebut dengan UP3 & UP4). Varian tertingginya, Core i7-1185G7 mampu berikan kecepatan 3GHz, dengan turbo boost mencapai 4,8GHz untuk single core (& 4,3GHz untuk all core).

Intel juga memasangkan beberapa varian CPU tertingginya dengan grafis Intel Iris Xe, memiliki kecepatan maksimum 1,35GHz. Arsitekturnya sendiri masih sama seperti generasi sebelumnya, gunakan 10nm yang serupa dengan Intel 10th Gen Ice Lake, namun dengan desain “SuperFin” yang diklaim mampu berikan kecepatan lebih tinggi dengan konsumsi daya lebih rendah.

Intel sendiri tidak memberikan detil spesifik mengenai peningkatan yang dibawa. Namun sebagai gambaran, diklaim CPU Intel Tiger Lake bakal berikan peningkatan kecepatan penggunaan sehari-hari sebesar 20%, juga optimasi daya dengan nilai yang sama. Hasilnya? Mampu berikan masa pakai tambahan hingga satu jam ketika digunakan untuk menonton video, misalnya.

Rilis Sertifikasi Evo, Intel Juga Perbarui Logonya

Intel juga meluncurkan sertifikasi terbaru yang disebut dengan Intel Evo. Laptop yang memiliki sertifikasi ini, setidaknya bakal mempunyai daya tahan baterai hingga 9 jam, teknologi fast charging (30 menit untuk 4 jam penggunaan), dukungan Wi-Fi 6 dan port Thunderbolt 4. Plus, kecepatan perangkat untuk menyala kurang dari satu detik saja.

Tujuannya adalah untuk memberikan opsi laptop terbaik untuk konsumen. Ketika sebuah produsen menyematkan logo Intel Evo pada perangkatnya, mereka bisa memastikan perangkat tersebut punya daya tahan baterai prima serta kualitas tinggi secara keseluruhan. Dikabarkan bakal ada setidaknya 20 laptop yang terverifikasi oleh Intel Evo pada tahun ini.

Sementara untuk Intel Tiger Lake sendiri, bakal ada setidaknya 150 perangkat yang akan gunakan prosesor ini dalam waktu yang sangat dekat. Mulai dari Acer, Asus, Dell, Dynabook, MSI sampai Samsung, beberapa di antaranya bahkan sudah memperkenalkan laptop terbaru mereka dengan prosesor ini.

Oh ya, selain meneruskan generasi prosesor laptopnya, Intel juga telah perbarui logo serta jingle-nya, seperti yang Gizmo friends bisa lihat pada video singkat di atas. Terlihat lebih modern, atau malah lebih bagus yang lama?