Gizmologi
Take a fresh look at your lifestyle.

JANZ Hadirkan Teknologi Mesin Kasir (Point of Sale) Buatan Indonesia

Kemajuan teknologi membuat instrumen kasir sebagai inspirasi untuk memudahkan transaksi pembayaran. Kemudian dikembangkanlah sistem kasir berbasis komputeri yang biasa disebut Point of Sale (POS). Salah satu pemain baru di sektor ini adalah JANZ, brand lokal penyedia rangkaian produk pendukung teknologi POS (Point of Sale).

PT Harrisma Informatika Jaya menjadi pemasok dan distributor yang memasarkan JANZ ke pasar di Indonesia. JANZ juga menggandeng Zebra yang merupakan global market leader di pasar AIDC (Automatic Identification and Data Capture).

Yansen Setiawan, Founder JANZ yang juga Presiden Direktur PT Harrisma Informatika Jaya, mengatakan kehadiran JANZ di pasar Indonesia membuktikan kesiapan membuka potensi dan peluang baru dalam pencatatan dan manajemen data menggunakan sistem POS yang terintegrasi dengan teknologi canggih.

“JANZ akan mendukung pelanggan kami dengan menghadirkan rangkaian produk yang mengedepankan kemudahan, solusi dan layanan baru. Produk-produk ini kami lahirkan untuk mendukung strategi digitalisasi, meningkatkan kualitas dan keuntungan konsumen di industri retail,” ujar Yansen, saat jumpa pers peluncuran JANZ di Jakarta (27/02).

Ben Marvin Tan, Country Manager Zebra Indonesia, mengaku senang bisa berkolaborasi dengan JANZ. Ia menyadari pentingnya sinergi dalam mengembangkan potensi yang dimiliki Industri retail di Indonesia. “Oleh karena itu, kami percaya bahwa JANZ, di bawah naungan nama besar Harrisma yang telah lebih dari 3 dekade mengembangkan bisnisnya di Indonesia, untuk bersama-sama mendukung industri retail dan menghadapi tantangan yang ada,” jelas Ben.
Baca juga: Aplikasi Qasir Bidik Pelaku UMKM dengan Fitur Point of Sales Lengkap

Fitur Point of Sales di JANZ

JanzSetiap kegiatan jual beli, saat ini membutuhkan sebuah ‘point of sale’ atau sering disingkat ‘POS’. Pada esensinya, POS adalah pengaturan yang ditempatkan untuk memproses pembayaran langsung dari konsumen atau pelanggan. POS bukanlah mesin atau proses yang berdiri sendiri, melainkan rangkaian perangkat yang jika dihubungkan akan membantu memproses transaksi dengan konsumen secara efisien dan menyederhanakan proses bisnis yang terhubung dengan penjualan.

Teknologi POS yang umumnya dibutuhkan oleh industri retail saat ini seperti peranti penangkap data cepat dan tepat seperti handheld imager dan periferalnya seperti thermal receipt printer, cash drawer dan barcode scanner. Penggunaan produk-produk dan sistem POS canggih di industri retail, bahkan lebih luas lagi bisa dimanfaatkan di industri kesehatan, manufaktur, pergudangan, hingga hospitality.

JANZ hadir dengan membawa 4 prinsip yang akan memberikan manfaat bagi industri retail di Indonesia, di antaranya: Powerful, One Stop Solution, Reliable,Value for money. Kolaborasi antara JANZ dengan Zebrasemakin  mempermudah industri retail dalam memenuhi kebutuhannya. Dengan sejarah panjang Zebra, diharapakan mengangkat reputasi JANZ ke level global dengan keahlian berstandar internasional.

“Jika kamu membuka usaha kecil atau mempunyai gudang besar, salah satu fitur terpenting adalah pemindai barcode. Pemindai barcode memudahkan untuk mengkategorikan dan menarik harga ketika pembeli sedang check-out, memastikan aliran transaksi dan cash flow yang teratur dan stabil, serta tidak terganggu,” ujar Yansen.

Salah satu produk yang menandai terjadinya kolaborasi JANZ dan Zebra adalah handheld imager JANZ by Zebra DS10 yang hadir dengan alat manajemen dan konfigurasi yang sangat mudah digunakan. Selain itu JANZ by Zebra DS10 memiliki fitur omnidirectional scanning yang memungkinkan untuk melakukan pemindaian barcode dari berbagai arah.

Beberapa produk JANZ bisa dibeli secara online di ecommerce seperti iLotte, KliknKlik, dan Bhinneka.