Jepang Cetak Rekor Kecepatan Internet Tembus 319 Terabits per Detik

Tokyo, Gizmologi – Tim peneliti gabungan dari National Institute of Information and Communications Technology (NICT) Jepang, mengukir sejarah baru untuk kecepatan internet paling ngebut sedunia yang mencapai 319 Terabits per detik (tbps). Ini melampaui rekor sebelumnya yang dicetak oleh Inggris di angka 178 Terabits per detik, pada tahun 2020 lalu.

Rekor baru ini berkali-kali lipat lebih kencang dibanding kecepatan internet rumahan. Pengujian kecepatan internet NICT, ini sebenarnya mengandalkan infrastruktur kabel optik sepanjang sekitar 3.001 km.

“4-core dengan diameter kelongsong standar menarik untuk adopsi awal serat (space division multiplexing) dengan throughput tinggi, link jarak jauh, karena kompatibel dengan infrastruktur kabel konvensional dan diharapkan memiliki mekanik sebanding dengan serat single-core,” tulis NICT dalam makalah yang dikutip dari Vice, Senin (19/7/2021)

Tes kecepatan internet itu dilakukan di laboratorium menggunakan teknologi eksperimental kabel serat optik dengan empat inti (4-core) yang bisa mentransmisikan data dengan cepat dari kabel fiber optik satu inti (single-core). Dengan kabel optik tersebut, sinyal data bisa ditransmisikan di “jalur” yang terpisah secara bersamaan dengan metode yang dinamai wavelength-division multiplexing (WDM).

Dengan beberapa modifikasi, mereka menggunakan 4-core optical fiber “552 PDM-16QAM, saluran multipleks pembagian panjang gelombang.” Dengan begitu tim peneliti dapat melakukan transfer data sejauh 1.864 mil (2.999 km) tanpa mengalami degradasi sinyal ataupun kecepatan, seperti dikutip dari PCMag.

lars kienle uaOoPv0nNLQ unsplash

Kendati berhasil mencetak rekor kecepatan transfer data internet yang dilakukan NICT begitu mengesankan. Namun mustahil untuk direalisasikan dengan infrastruktur teknologi jaringan terkini.

Masih butuh waktu dan visibilitas pendanaan sampai penelitian ini bisa diaplikasikan ke dunia nyata. Sebagai informasi, kecepatan internet paling ngebut saat ini yang sudah dirasakan masyarakat, yaitu dengan menggunakan jaringan 5G yang menyentuh 1-10 Giga per detik.

Tentunya dengan internet cepat streaming film dengan resolusi tinggi tanpa buffering, main game online tak perlu khawatir akan lag, atau bahkan download data dengan ukuran ratusan GB hanya membutuhkan waktu sekejap.

Tinggalkan komen