Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

MediaTek Luncurkan Dimensity 700, Chipset untuk Smartphone 5G Lebih Murah

0 1.407

MediaTek, perusahaan semikonduktior asal Taiwan ini, selalu berikan penawaran chipset terjangkau untuk hadirkan perangkat gaming maupun 5G dengan harga terjangkau. Dengan Helio G-series, kelas entri pun bisa bermain game. Sementara Dimensity series membuat smartphone mid-range sudah banyak mendukung konektivitas masa depan tersebut.

Untuk meneruskan permintaan pasar akan smartphone 5G yang lebih banyak, MediaTek meluncurkan chipset baru, yaitu MediaTek Dimensity 700, SoC yang dibuat lewat proses fabrikasi 7nm. Dengan ini, produsen smartphone bisa membuat produk yang berikan kapabilitas lebih tinggi untuk masyarakat luas. Sehingga bisa capai berbagai kelas, mulai kelas menengah hingga high-end.

“Dengan portofolio yang lebih luas, kami hadirkan kemampuan 5G ke setiap tingkatan smartphone sehingga lebih banyak orang dapat menikmati pengalaman 5G,” kata Dr. JC Hsu, Corporate VP & GM Unit Komunikasi Bisnis, MediaTek (10/11). Dimensity 700 tetap membawa fitur canggih seperti peningkatan kamera di malam hari, dukungan asisten suara dan lainnya.
Baca juga: MediaTek Helio G95, Chipset Gaming Terbaru dengan Peningkatan Minor

MediaTek Dimensity 700 Punya CPU Lebih Kencang

MediaTek Dimensity 700

Sebelumnya, produsen smartphone gunakan seri Dimensity 720 untuk rilis produk 5G Rp3 jutaan di luar negeri. Nah, dilihat dari serinya, tentu MediaTek Dimensity 700 bakal punya spesifikasi yang lebih ‘rendah’, karena targetnya adalah untuk jangkau lebih banyak masyarakat. Namun sebenarnya perbedaan antara kedua cip tidak terlampau jauh.

Keduanya sama-sama gunakan arsitektur CPU octa-core, dengan 2-core Cortex-A76 & 6-core Cortex-A55. CPU terkencangnya punya clockspeed justru lebih tinggi di 2,2 GHz (vs 2 GHz), namun GPU-nya pakai seri lebih sederhana yaitu Mali G57 MC2 di 950MHz. Mendukung RAM LPDDR4x hingga 12GB dan penyimpanan berjenis UFS 2.2.

MediaTek Dimensity 700 juga sudah mendukung layar beresolusi full HD+ dengan refresh rate tinggi 90Hz. Sementara pada sektor kamera, kompatibel dengan sensor resolusi tinggi mencapai 64MP. Hanya saja, dukungan perekaman videonya tak sampai 4K, alias hanya 1080p 30fps. Masih mendukung fitur seperti multi-frame noise reduction dan beberapa peningkatan melalui AI (kecerdasan buatan).

Dan tentunya, mendukung konektivitas 5G dual SIM, dengan Wi-Fi 5 & Bluetooth 5.1. Untuk penggunaan global, dukungan asisten suaranya sangat beragam, mulai dari Google, Tencent, Baidu, Alibaba dan Amazon. Tujuannya agar produsen perangkat bisa kustomisasi sesuai kebutuhan dengan lebih leluasa.

Juga Siapkan Chipset Khusus Chromebook

MediaTek MT8195

MediaTek juga siapkan dua chipset baru khusus untuk perangkat Chromebook, yaitu seri MT8195 & MT8192. Keduanya gunakan proses fabrikan 6nm, dan punya CPU octa-core Cortex-A78 (khusus MT8195) & Cortex-A55. Sudah mendukung voice recognition, Dolby Vision dan Dolby 7.1 Surround Sound lewat GPU Mali-G57 yang dimilikinya.

Dengan cip tersebut, perancang Chromebook bisa merilis perangkat dengan layar beresolusi hingga 1440p 60Hz atau 1080p 120Hz. Kedua seri juga mendukung PCIe Gen 3 dan konektivitas USB 3.2 Gen 1. Bakal siap digunakan pada kuartal kedua 2021 mendatang, sementara untuk MediaTek Dimensity 700, bisa segera diimplementasikan dalam waktu dekat.