MediaTek Kompanio 1300T Hadir Untuk Tablet 5G Premium

Jakarta, Gizmologi ­– Hadir sebagai solusi portabel yang berada di antara laptop dan smartphone, popularitas komputer tablet kian meningkat selama pandemi. Kombinasi layar besar nan portabel jadi pilihan masyarakat sebagai alat untuk bekerja hingga konsumsi hiburan. Menanggapi antusiasme tersebut, diluncurkan cip MediaTek Kompanio 1300T untuk tablet rilisan 2021.

Tak dapat dipungkiri, saat ini kehadiran tablet Android yang ada di Indonesia didominasi oleh rilisan Samsung dan Huawei. Di mana keduanya gunakan cip rilisan sendiri atau milik Snapdragon—terutama untuk sebuah tablet premium harga mahal. MediaTek tak ingin tertinggal dalam raih kesempatan, hadirkan chipset yang sepadan layaknya seri Dimensity terbaru.

Baca juga: MediaTek Helio G96 & Helio G88, Chipset Terbaru dengan HyperEngine 2.0 Lite

PC Tseng, General Manager of Intelligent Multimedia Business Unit di MediaTek mengatakan bila saat ini terjadi peningkatan permintaan akan tablet untuk kebutuhan kerja jarak jauh dan hiburan. “Itulah mengapa MediaTek fokus untuk mengintegrasikan kemajuan terbaru dalam komputasi, komunikasi, multimedia, AI, gaming, serta konektivitas nirkabel ke dalam seri Kompanio.”

MediaTek Kompanio 1300T Dirancang Ngebut & Hemat Daya

MediaTek Kompanio 1300T

Tseng menambahkan, cip Kompanio memungkinkan produsen perangkat untuk merancang tablet ringan dan produk komputasi pribadi dengan performa tangguh. Sekaligus berikan masa pakai baterai yang lama, agar dapat hadirkan fitur inovatif dan pengalaman komputaasi seluler baru.

MediaTek Kompanio 1300T adalah chipset yang merupakan lanjutan dari seri Kompanio 1200, rilis sekitar November lalu. Secara arsitektur, sudah mirip dengan seri Dimensity 1200, yang menjadi cip terbaik untuk smartphone.

CPU octa-core yang dimiliki MediaTek Kompanio 1300T sudah gunakan arsitektur Cortex-A78 (4-core) dan Cortex-A55 (4-core), meski tidak disebutkan secara tepat berapa clockspeed masing-masing. Fabrikasi 6nm TSMC membuatnya lebih efisien daya. Sementara GPU 9-core ARM Mali-G77 MC9 disiapkan untuk visual terbaik.

Dipadukan dengan AI Processing Unit, tablet yang menggunakan cip MediaTek Kompanio 1300T diklaim bisa hadirkan performa terbaik untuk beragam jenis penggunaan, mulai dari kebutuhan bisnis, streaming, konferensi video sampai main gim dengan framerate tinggi. Sekaligus tetap hemat daya meski digunakan untuk aplikasi olah suara dan visual.

Mampu Jalankan Dua Layar Sekaligus

MediaTek Kompanio 1300T

MediaTek Kompanio 1300T juga tentunya sudah mendukung konektivitas 5G, mulai dari jaringan sub-6GHz, 5G-2CA serta dual 5G. Teknologi 5G UltraSave juga diintegrasikan agar dapat secaa otomatis sesuaikan konfigurasi jaringan, sesuai kualitas transmisi data. Bertujuan untuk perpanjang masa pakai baterai.

Agar dapat berikan tampilan visual terbaik, MediaTek Kompanio 1300T mendukung layar hingga resolusi 2.5K dengan refresh rate maksimum 120Hz, HDR10+ serta dynamic refresh rate mengikuti konten yang ditampilkan. Ketika disambungkan ke monitor eksternal, bakal sanggup tampilkan dua layar dalam resolusi full HD.

Dan untuk vendor yang ingin rilis tablet dengan kapabilitas kamera terbaik, cip MediaTek Kompanio 1300T juga mendukung sistem multi-kamera hingga sensor 108MP, perekaman video 4K 60fps, sampai HDR dalam resolusi tertinggi. Rencananya, cip ini bakal digunakan untuk tablet yang rilis pada kuartal ketiga tahun 2021 ini.

Tinggalkan komen