Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Mengatur Pola Hidup Sehat, Melalui Kecanggihan Teknologi

0 17

Sejumlah perusahaan kesehatan digital baru saja menawarkan konsumen cara yang tidak biasa untuk mengubah cara mereka makan. Dengan janji dapat meningkatkan kesehatan metabolik, menambahkan tingkat energi, dan mendeteksi peta yang dapat membuat kesehatan yang lebih baik.

Menurut The New York Times, ada banyak aplikasi yang dapat merekomendasikan makanan yang terbaik untuk Anda dengan melihat bagaimana pengaruhnya terhadap kadar gula darah yang dimiliki.

Perusahaan tersebut meliputi Levels, Nutrisense dan January. Setiap konsumen akan disediakan pemantau glukosa berkelanjutan, dengan desain ramping serta dapat dikenakan dan menempel di lengan. Dengan tersedianya alat  pengukur yang dapat menempel pada tubuh, bisa memantau kadar glukosa dipantau selama 24 jam sehari.

Cara Penggunaan Perangkat

Perangkat mengirimkan data itu ke ponsel cerdas yang memungkinkan kita untuk melihat secara terkini. Alat itu dapat mengetahui penyebab tingkat kadar glukosa yang kita dapatkan, seperti dipengaruhi oleh pola makan, tidur, olahraga, dan tingkat stres Anda.

Perangkat tersebut dapat menunjukkan kepada pengguna secara real time, makanan dan camilan favorit mana yang dapat membuat kadar gula darah mereka melonjak dan jatuh. Sehingga konsumen dapat mengetahui penyebab mereka merasa lelah dan lesu setelah makan.

Melalui peringatan yang diberikan perangkat tersebut, dapat mengingatkan kita untuk bisa melakukan olahraga secara teratur serta membantu meningkatkan kontrol gula darah. Bagi sebagian orang, perangkat tersebut juga dapat memberikan peringatan ke mereka yang mungkin berisiko tinggi terkena diabetes tipe 2 dan bentuk penyakit metabolik lainnya.

Pengembangan Alat

deteksi kanker payudara AI
Ilustrasi pemanfatan AI di sektor kesehatan (Foto: 123rf/Elnur Amikishiyev)

Beberapa dekade yang lalu, penggunaan monitor glukosa berkelanjutan awalnya dikembangkan untuk membantu penderita diabetes mengelola gula darah mereka. Bagi penderita diabetes tipe 1, alat yang memerlukan resep dokter seperti ini dianggap sebagai standar perawatan. Solusi ini, setidaknya dapat membebaskan mereka dari beban harus menusuk jari beberapa kali sehari untuk memeriksa gula darahnya.

Seiring berkembangnya waktu, sekarang perusahaan kesehatan digital menggunakan perangkat ini untuk memasarkan program yang memanfaatkan permintaan nutrisi yang dipersonalisasi melalui hasil produksi industri bernilai miliaran dolar.

Sebagai Bentuk Gaya Hidup

game olahraga

Menurut seorang ahli beda sekaligus Kepala Petugas Medis Levels, Dr. Casey Means, mengungkapkan telah memiliki pelacak untuk banyak hal lain seperti tidur, stres, dan kebugaran. Ia menambahkan penggunaan alat pengukur Glukosa sebagai gaya hidup.

“Tapi monitor glukosa terus menerus mengukur biomarker internal seperti laboratorium kecil di lengan kita. Ini adalah pertama kalinya ini digunakan untuk populasi arus utama untuk tujuan khusus membuat keputusan gaya hidup,” kata Casey.

Para peneliti menyimpulkan bahwa berbagai faktor yang unik untuk setiap orang, seperti berat badan, genetika, mikrobioma usus, gaya hidup, dan sensitivitas insulin, menentukan cara Anda merespons makanan yang berbeda.

Dengan banyak pilihan aplikasi pengatur pola makan, sudah seharusnya kita dapat mendeteksi potensi penyakit serta membuat jadwal yang lebih disiplin untuk menjaga imun kesehatan kita.