Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Microchip Rilis Modul MCU 32-bit Wi-Fi Trust&GO dengan Opsi Periferal

0 14

Teknologi Internet of Things (IoT) berkembang melampaui otomatisasi rumah dan memasuki kontrol rumah. Di antaranya termasuk pemanasan, ventilasi dan penyejuk udara (Heating, Ventilation and Air Conditioning – HVAC), pintu garasi dan kipas – dan tumbuh dalam otomasi gedung dan industri. Kebutuhan konektivitas Industrial Internet of Things (IIoT) yang sangat terintegrasi, andal dan aman menjadi lebih besar dari sebelumnya.

Peluang tersebut yang dijawab Microchip Technology dengan mengumumkan modul mikrokontroler (MCU) Wi-Fi. Ini adalah modul pertama dengan identitas unik yang dapat diverifikasi, didukung oleh Trust&GO Microchip. Menurut Steve Caldwell, wakil presiden unit bisnis solusi nirkabel Microchip, dengan meningkatnya serangan, enkripsi data software tradisional tidak lagi memadai untuk melindungi data yang dikirimkan.

“Perangkat membutuhkan identitas yang hardcode, dapat diverifikasi, dan dapat dipercaya untuk terhubung secara aman ke cloud. Ini adalah MCU pertama yang aman dan disediakan sebelumnya, dengan Wi-Fi yang dikirimkan langsung dari pabrik atau melalui distribusi,” kata Caldwell dalam siaran pers yang diterima Gizmologi di Jakarta (13/10).

Baca juga: Teknologi IoT XL Smart Poultry Berhasil Tingkatkan Produksi Unggas

Modul MCU WiFi untuk IoT

Modul MCU Wi-Fi ini cocok bagi pengembang yang merancang sistem-sistem IIoT aman. Microchip WFI32E01PC  adalah modul MCU Wi-Fi yang terintegrasi dengan platform aman dari Trust&GO yang telah disediakan sebelumnya untuk cloud.

WFI32E01PC memenuhi spesifikasi Wi-Fi Alliance (WFA) dan sepenuhnya disertifikasi oleh badan pengatur dunia berikut: Federal Communications Commission (FCC), Industry Canada (IC) dan European Radio Equipment Directive (RED). Platform Trust&GO Microchip di dalam WFI32E01PC merampingkan proses otentikasi jaringan menggunakan teknologi elemen aman, yang telah dikonfigurasi dan disediakan sebelumnya untuk otentikasi cloud.

Berbeda dengan perangkat yang ada saat ini, teknologi baru Microchip mencakup core PIC32 MCU premium, periferal yang kaya. Juga platform keamanan hardware yang memungkinkannya untuk tidak hanya menyediakan Wi-Fi, tetapi juga berfungsi sebagai inti MCU yang kuat untuk keseluruhan sistem IIoT.

Tidak seperti desain berbasis modul, desain diskrit bisa jadi sulit karena kebutuhan untuk mengembangkan driver dan sirkuit untuk berbagai chip, terutama jika chip-chip tersebut berasal dari vendor yang berbeda-beda.

Seringkali sulit untuk menerima dukungan tingkat sistem dari vendor karena keahlian mereka hanya pada produk yang mereka hasilkan. Desainer yang tertanam membutuhkan solusi modul yang sangat terintegrasi yang menyediakan fungsionalitas MCU kelas industri, koneksi Wi-Fi yang kuat, serta keamanan dan otentikasi hardware. WFI32E01PC menyediakan kemampuan ini dan lebih banyak lagi dalam modul all-in-one, yang meningkatkan daya Frekuensi Radio (Radio Frequency – RF) dan memberikan tingkat keamanan yang lebih tinggi.

Selain aplikasi industri, WFI32E01PC dirancang untuk perangkat otomatisasi rumah, komputasi, dan perangkat konsumen.

Perangkat WFI32E01PC-I (54-pin SMD 24.5 x 20.5 x 2.5 mm) tersedia dalam produksi volume dalam jumlah 10,000 unit mulai dari $8.14. Juga tersedia opsi modul dengan antena eksternal dan tanpa fitur keamanan Trust&GO.