Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Misi Tianwen-1 Tiongkok Berhasil Kirim Foto Pertama dari Mars

0 20

Misi peluncuran pesawat Tianwen-1 milik Tiongkok mulai membuahkan hasil. Untuk pertama kalinya, sejak peluncuran awal, akhirnya dapat mengambil gambar secara dekat tampilan planet Mars. Pengambilan gambar ini terjadi setelah Tianwen 1 dapat memasuki orbit di sekitar planet Mars dalam waktu kurun kurang dari seminggu.

Dikutip Gizmologi dari Space.com,The China National Space Administration (CNSA) merilis gambar tanggal 5 Februari yang menunjukkan kamera resolusi tinggi kuat di pesawat ruang angkasa Tianwen-1 berfungsi dengan baik. Dengan jarak pengambilan gambar kisaran 2,2 juta km (1,36 juta mil) dari Mars.

 

foto mars CNSA

Versi berlabel dari gambar menunjukkan lokasi fitur penting yang dipamerkan, yaitu Acidalia Planitia (1), Chryse Planitia (2), Meridiani Planum (3), Kawah Schiaparelli (4) dan Valles Marineris (5).

Tianwen-1 telah mendekati Planet Merah dan berada sejauh 683.000 mil (1,1 juta km) pada hari Jumat. Pesawat ruang angkasa itu diharapkan memasuki orbit Mars pada Rabu (10/02/2021). Agar dapat memperlambat kendaraan sehingga dapat ditangkap oleh tarikan gravitasi Mars, pesawat luar angkasa seberat lima ton itu akan melakukan pembakaran mesin.

CNSA juga menyatakan Tianwen-1 rencananya akan menuntaskan manuver koreksi lintasan keempat pada 05 Februari 2021 jam 12 GMT atau jam 8 malam waktu Beijing. Ini untuk memastikan pesawat luar angkasa berada di jalur untuk memasuki orbit Mars.

Tiongkok akan Menjadi Negara Pertama yang Sampai di Mars

Jika semua berjalan sesuai rencana, diperkirakan pendaratan di permukaan Mars akan sampai sekitar dua sampai tiga bulan kemudian. Lokasi pendaratan akan tertuju pada  suatu tempat di Utopia Planitia, dataran besar di Belahan Bumi Utara planet Mars.

Setelah memasuki orbit, Tianwen-1 akan mulai mempersiapkan upaya pendaratan penjelajah misi. Pengorbit akan mulai mencitrakan calon lokasi pendaratan utama di dalam cekungan besar Utopia Planitia, di sebelah selatan situs pendaratan Viking 2 NASA, siap untuk upaya pendaratan sekitar Mei.

Dengan begitu akan menjadi Tiongkok sebagai negara pertama yang mengorbit, mendarat, dan mengerahkan penjelajah dalam misi perdananya ke Mars .

Tujuan Penelitian Pengorbit Tianwen-1

Pengorbit Tianwen-1 akan mempelajari permukaan Planet Mars dengan kamera beresolusi menengah juga tinggi yang akan dilengkapi radar pendengar, dan melakukan deteksi lain dengan magnetometer dan detektor partikel.Penjelajah bertenaga surya itu kemudian akan menghabiskan sekitar 90 hari Mars, untuk mempelajari keadaan sekeliling Mars secara mendetail.

Kegiatan ini akan bersama diidentifikasi dengan enam instrumen sains yang berbeda, yang diidentifikasi oleh makalah Nature Astronomy sebagai Kamera Multispektral, Kamera Terrain, Radar Eksplorasi Bawah Permukaan Mars-Rover, Detektor Komposisi Permukaan Mars, Detektor Medan Magnet Mars dan Pemantau Meteorologi Mars.

Pesawat ruang angkasa akan menyampaikan informasi yang didapat dari penjelajah dan akan mengumpulkan data sainsnya sendiri menggunakan tujuh instrumen sains yaitu dua kamera, Radar Eksplorasi Bawah Permukaan Mars-Orbiting, Spektrometer Mineralogi Mars, Magnetometer Mars, Ion Mars dan Penganalisis Partikel Netral serta Penganalisis Partikel Energetik Mars.