Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Wow! MNC Play Bangun Jaringan Java Multimedia Super Highway Berkapasitas Hingga 8Tbps

0 802

Pertumbuhan internet yang cepat di tanah air membuat persaingan antar pebisnis kabel optik pun kian ramai demi menggaet lebih banyak konsumen dengan menjual kecepatan jaringan internet. Salah satunya adalah MNC Play yang baru-baru ini meluncurkan Java Multimedia Super Highway yang diharapkan bisa membuat jaringan milik perusahaan tersebut handal dan efisien.

Java Multimedia Super Highway merupakan jaringan kabel optik di pulau Jawa dengan rentang lebih dari 1.800 km dan dibangun dalam dua jalur, utara dan selatan Jawa. Jika sudah rampung maka jaringan ini akan bisa melindungi keseluruhan jaringan di dua jalur tersebut.

“Java Multimedia Super Highway adalah wujud komitmen kami untuk meningkatkan kapasitas jaringan broadband internet MNC Play. Saat ini, kebutuhan pelanggan akan bandwidth yang besar dan koneksi yang stabil semakin meningkat, ini adalah jawaban dari kebutuhan tersebut,” tutur Ade Tjendra, Direktur Komersial MNC Play.

Java Multimedia Super Highway bisa meningkatkan kapasitas jaringan hingga maksimum 8 tera bit per second atau Tbps. Hal ini akan membuat kebutuhan pelanggan di kota-kota jangkauan MNC Play di pulau Jawa, yakni Jakarta, Bandung, Semarang, Malang, dan Surabaya, terpenuhi.

Menurut Ade Tjendra, kapasitas jaringan yang besar dapat membuat koneksi internet lebih cepat, stabil. Streaming IPTV pun akan lebih jernih berkualitas alias menghasilkan gambar dengan kualitas tinggi.

“Dengan teknologi ini, ke depannya, MNC Play juga dapat memperluas jangkauan wilayah ke kota-kota lainnya sepanjang Pulau Jawa dengan sangat cepat dengan variasi produk yang lebih banyak sesuai kebutuhan pelanggan,” pungkas Ade.

Jaringan kabel bawah tanah yang membentang sepanjang Pulau Jawa memiliki daya tahan yang lebih baik.  Karena selain bebas dari gangguan cuaca, jaringan ini juga relatif tidak terganggu oleh kegiatan konstruksi lain di atas tanah.

Baca juga: Tancap Gas Jaringan LTE TDD 2,3 GHz, Telkomsel Siapkan 500 BTS di Kawasan Padat Layanan Data

Java Multimedia Super Highway
Infografik jaringan Java Multimedia Super Highway dari MNC Play

Bentangan kabel Java Multimedia Super Highway ini melewati 21 kota di Pulau Jawa, yaitu Jakarta, Depok, Tangerang, Bekasi, Bogor, Bandung, Sukabumi, Karawang, Purwakarta, Majalengka, Cirebon, Tegal, Pekalongan, Semarang, Salatiga, Yogyakarta, Solo, Madiun, Jombang, Malang, dan Surabaya, termasuk rencana jangkauan kota-kota baru dari MNC Play.

Survei dari Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia atau APJII menyebut jumlah pemakai internet nasional hingga 2017 telah mencapai 143,26 juta jiwa. Angka tersebut bertambah dari 132,7 juta jiwa setahun sebelumnya.

Dari sisi demografi, pengguna internet nasional sepanjang 2017 tersebut didominasi oleh laki-laki dengan rincian 51,43% sedangkan 48,57% sisanya adalah perempuan. Sedangkan dari sisi usia, 16,68% pengguna internet berusia 13 hingga 18 tahun; 49,52% berusia 19 hingga 34 tahun; 29,55% merupakan pengguna usia 35 hingga 54 tahun lalu 4,24% berusia 54 tahun lebih.

Pengguna internet di pulau Jawa masih mendominasi secara keseluruhan dimana 58,08% berdomisili di Jawa.