Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

OPPO Bakal Hadirkan Teknologi Pengecasan Cepat 125 Watt

0 264

Teknologi jaringan semakin berkembang, begitu juga dengan layar smartphone yang makin ke sini semakin besar dimensinya. Kalau dulu kita terbiasa gunakan layar 2,4 inci di feature phone, sekarang rata-rata layar smartphone punya dimensi setidaknya 6 inci atau lebih. Otomatis, kapasitas baterai juga dibuat semakin besar, untuk menopang daya penggunaan sehari-hari.

Selain kapasitas, para manufaktur smartphone juga berlomba hadirkan teknologi pengecasan cepat (fast charging) versinya masing-masing. Yang menjadi pelopor? Tentunya pabrikan asal Shenzhen, China yaitu OPPO.

Kabarnya, mereka sedang persiapkaan teknologi pengecasan yang jauh lebih cepat, membutuhkan waktu kira-kira 10 menit untuk isi daya hingga penuh. Tak lagi memerlukan waktu sekitar 30 menit, atau jauh lebih cepat dari smartphone lain dengan teknologi PD 18 watt.

Baca juga: Isi Baterai Ponsel di Mobil Makin Ngebut dengan OPPO SuperVOOC Car Charger

OPPO Ungkap Teknologi Pengisian 125 Watt

https://twitter.com/oppo/status/1282494958709039104

Informasi ini datang langsung dari akun media sosial OPPO. Lewat sebuah twit, OPPO berikan sebuah teaser peningkatan daya dari 65 watt ke 125 watt. Dalam video pendek tersebut, juga muncul sebuah tanggal di akhir video, yaitu 15 Juli 2020. Bisa jadi ini tanggal peresmian teknologi baru, atau teaser untuk perangkat smartphone OPPO berikutnya.

OPPO memang tidak menyertakan informasi jika teknologi pengecasan 125 watt bakal memerlukan waktu hanya 10 menit untuk isi daya smartphone hingga penuh. Namun nilai tersebut diperkuat dari twit oleh Ishan Agarwal, seorang pengamat teknologi yang juga sering membocorkan informasi terbaru secara akurat.

Dari sumber yang ia dapat, pabrikan lain yang masih berada dalam naungan BBK Group, realme juga sedang menyiapkan teknologi pengecasan cepat terbarunya dengan nama “Ultra Dart”. Dengan kecepatan hingga 120 watt, mengisi 1/3 daya baterai 4.000 mAh hanya memerlukan waktu tiga menit saja. Jika dapat disimpulkan, dengan 125 watt milik OPPO, seharusnya isi penuh tak akan jauh melebihi 10 menit.

Sebelum 125 Watt, OPPO Rilis Teknologi Wireless Charge 40W

OPPO Ace 2 & AirVOOC

Selain unggulkan kemampuan fotografi, OPPO juga terkenal serius dalam hadirkan solusi pengecasan tercepat pada produk-produknya. 2019 lalu, OPPO perkenalkan seri Reno Ace dengan teknologi 65 watt SuperVOOC 2.0, mampu isi daya baterai 4.000 mAh dalam waktu 35 menit. Bahkan 5 menit saja sudah bisa isi dari nol ke 27%, cukup untuk dua jam telepon.

Baca juga: OPPO Ace 2 Hadir dengan Dukungan Wireless Charging Tercepat di Dunia

Sementara April 2020 kemarin, generasi penerusnya, OPPO Ace 2 hadir dengan dukungan 40 watt. Lebih lambat? Bukan, karena itu adalah dukungan pengisian daya nirkabelnya, tercepat di dunia saat ini. Pengguna dapat isi daya tanpa kabel hanya dalam waktu 56 menit saja, alias kurang dari satu jam.

Meski begitu, OPPO tetap utamakan keamanan dalam teknologi pengisian daya cepatnya. Suhu panas dialihkan ke kepala charger agar smartphone tetap dapat terisi daya cepat meski sambil digunakan sekalipun dengan suhu yang terjaga. Pengecasan cepat ini bakal sangat memudahkan Gizmo friends untuk tetap jaga kapasitas baterai penuh kapan pun, tak perlu lagi isi daya semalaman. Semoga teknologi pengecasan 125 watt milik OPPO cepat terealisasi dan tersedia di Indonesia ya.