Gizmologi
The Gizmo & Technology Universe. Situs teknologi dan gadget terkini.

Qualcomm Bersumbar Siap Mendisrupsi Pasar Mobile PC

Selama ini, chipset untuk pasar komputasi dikuasai oleh dua pemain besar yaitu Intel dan AMD. Tahun depan, keduanya mungkin perlu berhati-hati dengan pemain baru, Qualcomm. Perusahaan semikonduktor yang berbasis di San Diego, Amerika Serikat, ini bahkan bersumbar akan mendisrupsi pasar mobile PC dengan chipset terbarunya Qualcomm Snapdragon Compute Platform.

Upaya Qualcomm untuk masuk ke sektor PC ini dimulai setahun yang lalu. Namun produsen laptop nampaknya belum terlalu melirik. Lenovo telah mencobanya melalui laptop Yoga C630 WOS (Windows on Snapdragon) yang sayangnya tidak dipasarkan di Indonesia.

Sekarang, Qualcomm mengumumkan perluasan portofolio Snapdragon 8c Compute platform dengan baterai yang tahan lama, konektivitas seluler, dan kinerja AI yang ditingkatkan. Laptop dengan chipset Qualcom Snapdragon memungkinkan desain tanpa kipas, tipis dan ringan bagi komputasi modern. Dibangun dengan mempertimbangkan mobilitas, portofolio ini mengakomodasi kebutuhan konsumen mobile yang terus berkembang.

Menurut Alex Katouzian, Senior Vice President, Mobile, Qualcomm Technologies, inovasi Qualcomm dalam smartphone dan konektivitas telah memindahkan kekuatan PC desktop ke dalam ponsel. Sekarang, ponsel ini membalasnya dengan menghadirkan ketipisan, bobot yang ringan, selalu aktif dan terhubung, serta baterai yang tahan sepanjang hari untuk PC.

“Konsumen yang mengutamakan mobilitas menginginkan pengalaman yang setara dengan ponsel pintar. Kami memiliki inovasi, penemuan dan teknologi untuk memungkinkan pengalaman ini bagi pelanggan kami di seluruh lapisan harga,” ujar Alex di ajang Snapdragon Technology Summit yang berlangsung di Hawaii (5/12).

Baca juga:Qualcomm: 2020 Tahunnya 5G

Snapdragon Compute platform

Miguel Nunes, Senior Director, Product Management, Qualcomm Technologies, Inc. saat mengumumkan PC Platforms baru di Snapdragon Tech Summit in Maui, Hawaii

Qualcomm menghadirkan portofolio chipset untuk laptop yang tersedia dalam berbagai ragam harga, sehingga para mitra produsen laptop bisa merancang desain PC yang selalu aktif dan selalu terhubung ke internet untuk beragam segmen konsumen.

Related Posts
1 daripada 57

Selain Snapdragon 8cx yang sudah diumumkan tahun lalu, Qualcomm menambah jajaran chipset yaitu Snapdragon 7c dan 8c. Jajaran chipset ini memberikan konektivitas seluler cepat ke PC notebook premium, mainstream, dan entry-level.

Selain itu, platform komputasi untuk bisnis dari Snapdragon 8cx menghadirkan software keamanan yang terhubung dan dukungan secured-core PC untuk perusahaan modern yang ingin memberikan mobilitas kepada para pekerjanya.

Snapdragon 7c meningkatkan perangkat entry-level dengan membawa 20% peningkatan dalam kinerja sistem dan hingga dua kali masa pakai baterai dibandingkan platform sejenis lainnya, ditambah konektivitas secepat kilat melalui modem Qualcomm Snapdragon™ X15 LTE.

Chipset ini memakai CPU octa-core Kryo 468 dan Adreno 618 Graphics yang memberikan kinerja responsif dengan masa pakai baterai yang luar biasa untuk kelas pemula. Selain itu, Qualcomm AI Engine memberikan kinerja dengan kemampuan lebih dari lima triliun operasi per detik (TOPS) untuk menikmati pengalaman AI terbaru yang ditawarkan oleh Windows 10. Kemampuan ini baru pertama kali untuk jenis PC entry-level yang tentunya ingin dirasakan oleh konsumen.

Selanjutnya, Snapdragon  8c dengan teknologi 7nm yang canggih meningkatkan kinerja hingga 30% di atas Qualcomm Snapdragon 850. Chipset ini mempercepat multi- tasking dan produktivitas dengan kinerja CPU yang lebih cepat. Dibuat secara khusus untuk memungkinkan instant on dan masa pakai baterai yang tahan beberapa hari seperti smartphone, modem Qualcomm Snapdragon™ X24 LTE yang terintegrasi memungkinkan kecepatan konektivitas multigigabit untuk komputasi awan yang mulus.

Qualcomm AI Engine mendedikasikan enam TOPS untuk mempercepat aplikasi machine learning, sementara GPU yang kuat akan menyediakan grafis yang memukau, semuanya dalam desain sangat tipis, tanpa kipas yang dioptimalkan untuk penggunaan secara umum.

Dibangun di atas dasar platform PC 7 nm pertama di dunia, Qualcomm Snapdragon 8cx, Qualcomm Snapdragon 8cx Enterprise Compute Platform menghadirkan kemampuannya ke dunia kerja modern. Sekarang perusahaan dapat memanfaatkan sistem yang dioptimalkan dan software keamanan yang terhubung untuk menghadirkan level baru dalam hal kemampuan dan keamanan. Daya baterai dan konektivitas ekstrem dari Snapdragon 8cx diklaim mendorong karyawan menjadi lebih produktif dan mengamankan data mereka.

Portofolio lengkap Snapdragon Mobile Compute memberi para mitra fleksibilitas yang lebih besar untuk bisa memilih cara membedakan penawaran mereka, dengan tetap memenuhi beragam kebutuhan pasar. Masa pakai baterai bervariasi secara signifikan berdasarkan perangkat, pengaturan, penggunaan, dan faktor lainnya. PC Always On, Always Connected memerlukan konektivitas jaringan.

Kita tunggu saja bakal seperti apa penerimaan pasar terhadap laptop dengan Snapdragon Compute Platform. Apakah mereka berhasil mendisrupsi pasar mobile PC, atau hanya sekadar jargon saja? Sebagai perbandingan, Intel yang sudah menguasai pasar komputasi, beberapa tahun lalu pun memiliki ambisi yang sama dengan masuk ke pasar mobile. Namun mereka gagal, kemudian kembali fokus di segmen PC yang memang benar-benar dikuasai.