Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Qualcomm Quick Charge 5 Bisa Isi Penuh Baterai 4.500 mAh dalam 15 Menit!

0 4.951

Kebutuhan penggunaan smartphone yang semakin tinggi membuat para pengembang chipset sampai produsen elektronik untuk terus berikan solusi terbaik dalam hal pengecasan. Karena kapasitas baterai yang masih belum bisa diperkecil dimensi fisiknya, proses isi daya dibuat lebih cepat agar smartphone dapat digunakan dalam jangka waktu lama. Meski baru diisi daya dalam waktu 15-30 menit saja.

Kalau sebelumnya OPPO telah perkenalkan teknologi pengisian daya 125W, kali ini giliran Qualcomm, salah satu produsen chipset yang paling digunakan pada smartphone, memperkenalkan teknologi terbarunya. Dinamakan Quick Charge 5, ini adalah pengecasan daya tercepat versi komersial yang pernah dirilis Qualcomm, mencapai lebih dari 100 watt.

“Quick Charge 5, solusi pengisian daya tercepat dan paling serbaguna kami, akan memungkinkan konsumen menikmati perangkat mereka untuk jangka waktu yang lebih lama, tanpa khawatir tentang waktu yang diperlukan untuk mengisi ulang,” kata Ev Roach, VP Product Management, Qualcomm Technologies, Inc. melalui sebuah rilis di situs resminya. “Kami bangga untuk memperluas portofolio teknologi kami dan membuat pengisian daya 100W + menjadi kenyataan komersial.”

Baca juga: Snapdragon 865 Plus Diluncurkan, Ini Smartphone Pertama yang Bakal Pakai

Quick Charge 5 Perlu Waktu 5 Menit Untuk Isi Daya 50%

Quick Charge 5

Seberapa cepat pengisian daya yang dibawa Qualcomm Quick Charge 5? Yang pasti, jauh lebih tinggi dari generasi sebelumnya. Kalau Quick Charge 4 berikan kecepatan 2,5 kali lebih tinggi dari generasi pertama, QC5 bisa 10 kali lebih cepat bahkan lebih. Untuk detilnya, Qualcomm telah melakukan uji internal dengan kapasitas baterai tertentu.

Menggunakan baterai 4,500 mAh (rata-rata kapasitas smartphone kelas menengah dan flagship), Quick Charge 5 sanggup mengisi daya mulai nol hingga 50% hanya dalam waktu 5 menit. Sementara untuk mengisi penuh, hanya perlu waktu 15 menit. Dengan catatan, baterai tersebut terdiri dari dua baterai berkapasitas 2,250 mAh.

Juga berbeda dengan teknologi pengecasan yang dimiliki OPPO, Quick Charge miliki voltase serta ampere yang variatif. Dalam hal ini, Quick Charge 5 bisa memiliki rentang voltase mulai dari 3,3 sampai 20V, dengan ampere mulai 3,3, 5 sampai lebih.

Aman Untuk Digunakan di Smartphone

Kompabilitas Quick Charge 5
Kompabilitas Quick Charge 5 dengan teknologi pengecasan sebelumnya.

Dibangun di atas teknologi USB Power Delivery PPS, perangkat pengisi daya yang mendukung Quick Charge 5 nantinya juga bakal mendukung protokol USB PD, sampai Quick Charge 2-4, termasuk metode fast charging yang ada untuk iPhone 7 ke atas.

Qualcomm juga memastikan perangkatnya akan lebih aman dari standar Power Delivery biasa. Aksesoris yang gunakan standar Quick Charge 5 bakal dilengkapi 8 tingkatan proteksi voltase, 3 tingkatan arus listrik, 3 tingkat proteksi suhu dan voltase berlebih. Nggak perlu khawatir smartphone bakal panas, karena dengan QC5, suhu smartphone malah bisa lebih dingin sampai 10 derajat.

Dipastikan jika teknologi ini bakal hadir di smartphone yang rilis dalam kuartal ketiga 2020. Sebenarnya, chipset Qualcomm Snapdragon 865 dan 865 Plus sudah mendukung protokol teknologi pengecasan terbaru Qualcomm ini. Hanya saja tergantung manufaktur smartphone, apakah ingin menyertakan chip QC5 atau tidak dalam smartphone-nya.