Gizmologi
The Gizmo & Technology Universe. Situs teknologi dan gadget terkini.

Dicari! Robot Ukuran Serangga untuk Ikut Olimpiade SHRIMP Badan Riset AS

Badan Proyek Riset Lanjutan Pertahanan AS sedang menggarap proyek unik. Saat ini badan yang sering disingkat DARPA atau Defense Advanced Research Project Agency ini tengah mencari proposal pengembangan robot ukuran serangga, yang nanti akan diikutsertakan dalam program SH-ort-Range Independent Microrobotic Platforms atau SHRIMP alias Platform Robot Mikro Independen Jangka Pendek-Menengah.

Program ini sendiri merupakan upaya dari badan tersebut mengembangkan robot ukuran serangga baru yang bisa digunakan di lingkungan dimana robot yang berukuran lebih besar dirasa kurang efektif bekerja di tempat seperti itu. Meneruskan tradisi Tantangan Besar DARPA sebelumnya, organisasi ini mengincar proposal dari pihak untuk membuat robot ukuran serangga, yakni berbobot kurang dari satu gram dan lebih kecil dari satu kubik sentimeter.

Robot ukuran serangga yang terpilih nantinya akan bertarung satu sama lain dalam “serangkaian kompetisi bertemakan Olimpiade”, yang mencakup kategori, seperti menumpuk batu, lari dengan penghalang, lempar peluru, angkat beban dan lainnya.

“Secara keseluruhan, program ini mencari inovasi dalam hal material aktuator, mekanisme aktuator, dan sistem daya padat untuk memungkinkan (terciptanya) robot skala mm hingga cm yang tidak tertambat,” kata Dr. Ronald Polcawich, manajer program DARPA yang mempimpin program SHRIMP ini, kepada Digital Trends.

“Kompetisi pada akhir Fase ke 3 pada program ini, yang direncanakan pada 2021, berguna sebagai cara mengevaluasi teknologi yang akan dikembangkan nanti dalam program ini,” tambah Dr. Ronald.

Related Posts
1 daripada 53

Baca juga: Yuk Ketahui 4 Faedah Robot Kolaboratif di Industri Elektronik

Tujuannya menciptakan robot ukuran serangga ini adalah agar dapat menggunakannya untuk keperluan pencarian dan penyelamatan darurat dan pemeriksaan di lingkungan yang berbahaya. DARPA pun serius mengerjakan program ini. Hal ini terbukti dengan dana mencapai US$32 juta, yang akan digunakan pada berbagai proyek dalam naungan program SHRIMP.

Kompetisi robot ukuran normal. Foto oleh YouTube.com

“Pengembangan robot ukuran kecil (robot ukuran serangga) memberikan tantangan yang unik, terutama dalam hal ukurannya yang ekstrem dan batasan bobot yang kurang menjadi prioritas bagi robot dengan ukuran lainnya,” kata Dr. Ronald.

“Secara khusus, SHRIMP berfokus pada inovasi baik dalam hal bahan aktuator dan sistem daya padat, yang selama ini menjadi hal yang membatasi kinerja kegiatan riset yang sudah ada tentang robot berskala mm hingga cm ini,” pungkasnya.