Inovatif! Teknologi Smokcatch Bisa Cegah Kebakaran Akibat Rokok

Jakarta, Gizmologi – Data menunjukkan bahwa rokok telah menyebabkan berbagai bencana kebakaran, termasuk di permukiman penduduk, bangunan perkantoran, hutan, transportasi umum bahkan rumah sakit. Permasalah tersebut yang ingin diatasi oleh Walk In Step (WIS) Co., Ltd., startup asal Korea Selatan yang memproduksi perangkat sensor fusion Smokcatch.

National Fire Protection Association Amerika Serikat melaporkan bahwa 56% kebakaran yang terjadi di perumahan, disebabkan oleh puntung rokok yang masih menyala. Rokok juga tercatat sebagai salah satu penyebab yang merenggut banyak nyawa manusia. Sementara di Indonesia, pada 22 Agustus 2020 yang lalu penyelidikan polisi juga menyimpulkan bahwa kerbakaran yang menghanguskan gedung Kejaksaan Agung disebabkan puntung rokok yang dibuang oleh pekerja konstruksi.

Baca juga: Pantau Kebugaran Pasien, RS MMC Adopsi IoT Wearable Device XL Axiata

Selain puntung rokok konvensional, rokok elektrik juga dikabarkan sebagai salah satu pemicu bahaya kebakaran. Berdasarkan data US Fire Administration selama 2009-2016, 61% bahaya kebakaran disebabkan oleh rokok elektrik atau baterai cadangannya, antara lain saat rokok digunakan, pada proses pengisian ulang atau ketika disimpan di kargo pesawat. Penyebab lainnya lebih didominasi oleh kesalahan manusia, seperti tertidur saat masih menyalakan rokok atau justru merokok di tempat tidur.

Karena bahaya yang ditimbulkan akibat rokok, beberapa negara telah mengeluarkan kebijakan untuk mengurangi risiko kebakaran. Kanada, Amerika Serikat, dan Uni Eropa juga telah menetapkan standar bagi industri rokok untuk menciptakan teknologi demi mengurangi risiko kebakaran yang diakibatkan oleh rokok. Negara Australia lebih ekstrim lagi, memiliki alat wajib untuk mengukur waktu rokok bisa padam dengan sendirinya.

Fitur Inovatif Smokcatch 

Inovasi pencegahan bahaya kebakaran akibat rokok juga dilakukan oleh para pelaku industri. Sebagaimana disinggung di atas, salah satunya diinisiasi oleh WIS yang memproduksi dan menjual produk sensor fusion, asbak pemadam api otomatis pintar, dan pengumpul sampah keliling. Produk inovatif WIS, “Smart Automatic Fire Extinguishing Ashtray” atau Smart Automatic Fire Extinguishing Ashtray Smokcatch (SMOKCATCH) telah memperoleh Innovation Product Designation Certificate 2021, yang diadakan di auditorium Layanan Pengadaan Umum Regional Seoul, Korea Selatan.

Smokcatch diklaim dapat mengatasi masalah seperti api dari puntung rokok, bau asbak, dan manajemen ruang merokok. Produk ini membawa beberapa manfaat bagi pengguna, antara lain mudah dibersihkan, mudah mengecek notifikasi, dan mudah mengumpulkan sampah sekaligus.

WIS Co., Ltd sebagai produsen Smokcatch saat ini telah memegang paten teknologi dan sejumlah sertifikasi bisnis. Juga sertifikasi perusahaan start-up, sertifikasi ISO 9001, sertifikasi KC, sertifikasi Q-Mark, sertifikasi CE, sertifikasi kinerja (EPC), dan sertifikasi produk inovatif, yang memasok produk ke institusi atau lembaga publik secara nasional.

“Kami berkomitmen untuk berkontribusi dalam menciptakan lingkungan kehidupan yang lebih baik. Saat ini kami ingin mencari mitra bisnis untuk mendistribusikan produk SMOKCATCH ke seluruh wilayah Indonesia,” ujar Mr. Chae Seungseok, Presiden Direktur WIS Co, Ltd.

Sayangnya, tidak disebutkan berapa harga Smokcatch. Karena memang mereka masih mencari mitra untuk memasarkan perangkat ini ke Indonesia. Selain itu, perangkat Smokcatch ini lebih cocok digunakan dan dikelola oleh pengelola gedung. Sehingga penjualannya nanti bakal bersifat B2B (Business to Business).

Tinggalkan komen