alexa

Toilet Ini Ubah Kotoran Manusia Jadi Mata Uang Kripto

Jakarta, Gizmologi – Tingginya nilai transaksi dari mata uang kripto mendorong banyak orang untuk berinovasi dan mengeluarkan ide tak biasa. Salah satunya untuk mengubah kotoran manusia jadi cryptocurrency.

Meski terdengar konyol, nyatanya seorang peneliti dari Institut Sains dan Teknologi Nasional Ulsan (UNIST) di Korea Selatan telah membuat prototipe toilet ramah lingkungan yang bisa mengubah kotoran manusia jadi energi alternatif. Menariknya, setiap orang yang menggunakan toilet ini akan mendapatkan tokens uang kripto.

“Jika kita berpikir out of the box, kotoran memiliki nilai berharga untuk membuat energi dan pupuk. Sebagai hadiah, mereka akan mendapatkan 10 Ggool (token kripto) yang bisa ditukarkan dengan segelas kopi atai buku di kampus,” kata Profesor Cho Jae-weon pencipta toilet ramah lingkungan seperti dilansir dari Gizmodo.

Alih-alih membuah limbah ke saluran pembuangan domestik seperti model toilet pada umumnya. Toilet yang dikembangkan Cho Jae-weon akan memadatkan kotoran ke dalam bioreaktor untuk kemudian diolah menjadi gas metana yang dapat menghasilkan energi listrik.

Sedangkan sisa kompos hasil ekstraksi gas metana dapat dimanfaatkan untuk bidang pertanian sebagai pupuk. Cho menjelaskan bahwa rata-rata orang membuang kotoran sekitar 500 gram (atau lebih dari satu pon) per hari.

“limbah ini cukup untuk menghasilan 50 liter gas metana, yang dapat diolah jadi 0,5 kWh listrik. Itu sama dengan mengemudi mobil listrik sejauh tiga perempat mil,” jelasnya.

ShitCoinShitCoin

Berbeda dengan DogeCoin, Ethereum atau Bitcoin, toilet yang dikembangkan Cho ini menggunakan Shitcoin Literal untuk membuat satuan uang kripto yang diberi nama Ggool. Melalui Feces Standard Money (FSM), setiap Ggool bisa ditransaksikan di lingkungan kampus.

“Saya hanya pernah berpikir bahwa kotoran itu kotor, tetapi sekarang itu adalah harta yang sangat berharga bagi saya,” seorang mahasiswa pascasarjana Heo Hui-jin.

Singkatnya, ini adalah metode baru yang menyenangkan untuk mengubah limbah menjadi energi alternatif. Sekaligus mendapatkan uang kripto, tanpa harus melakukan mining cukup dengan pup di toilet.

Tinggalkan komen