alexa
Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

USB C Terbaru Mampu Alirkan Daya Hingga 240 Watt, Cocok untuk Laptop Gaming

USB atau Universal Serial Bus menjadi salah satu faktor penting dalam perkembangan gadget beberapa tahun belakangan. Meski pada awalnya port USB hanya dianggap sebagai media transfer data antar perangkat. Seiring perkembangan inovasi teknologi USB mampu mengakomodasi beberapa kepentingan secara bersamaan menjadi penghubung display dan pengantar daya. Kombinasi paling mutakhir dapat kita temukan lewat seri USB C.

Keberadaan USB C pada sebuah gadget menjadi sebuah keharusan saat ini. Kreasi dari USB Implementers Forum tersebut memang dikenal berkat fleksibilitas tinggi serta kemampuan transfer data berkecepatan tinggi. Pada seri USB C generasi kedua tipe 3.1, mampu melakukan aktivitas transfer data hingga kecepatan 10 Gbps. Sangat efisien untuk menghemat waktu.

Kini kemampuan transfer data secara cepat itu, akan segera diimbangi fitur pengisian baterai terbaru yang mampu menyalurkan daya hingga 240 watt. Sebuah peningkatan siginifikan dari kemampuan sebelumnya sebesar 100 watt saja. Dan itu akan sangat membantu pengisian daya super cepat yang banyak diadopsi vendor gadget untuk smartphone maupun laptop.

Baca juga: Inilah 5 Game FPS Paling Potensial Tahun 2021!

Pengisian Cepat USB C Terbaru untuk Laptop Gaming

usb c
Kemungkinan besar logo USB C akan memiliki diferensiasi berdasarkan besaran daya.

Kemajuan inovasi untuk pengisian daya dalam implementasi USB C terbaru memang patut diapresiasi saat ini. Meski sudah ada USB 4, sejak diperkenalkan pada 2019 lalu, tapi dalam proses pengaplikasian di perangkat massal biasanya dilakukan dua tahun setelahnya, yakni pada 2021 ini. Akan tetapi efek pandemi ternyata memberi efek luar biasa dalam produksi elektronik termasuk gadget, sehingga pengaplikasian USB 4 pun turut tertunda. Apalagi saat ini mayoritas perangkat gadget pun masih mengadopsi teknologi USB C.

Melihat potensi penggunaannya pada gadget, kemampuan isi daya baru pada komponen baru ini akan sangat berpengaruh terhadap laptop gaming. Kita semua tahu kebutuhan daya laptop gaming sangat besar. Dengan kemampuan pengisian hingga 240 watt, membuat prosesi perangkat melahap sumber daya bisa dilakukan lebih cepat dan efisien. Khususnya pada seri laptop high-end yang memiliki standar konsumsi mencapai 200+ watt.

USB C terbaru ini diperkirakan akan mulai diaplikasikan pada gadget yang dipasarkan pada pertengahan 2021 nanti. Dengan identifikasi baru pada kabel yang digunakan, lewat inisial baru “EPR” – Extended Power Range. Sekaligus memiliki logo baru berbeda dengan seri terdahulu. Sehingga konsumer lebih mudah memilah mana gadget yang sudah dilengkapi USB C tipe baru yang mampu memasok daya hingga 240 watt.

Tinggalkan komen