alexa

Xiaomi Luncurkan Wireless Charging Stand Berkecepatan 100W

Jakarta, Gizmologi – Jika sebelumnya, Xiaomi memamerkan kemampuan adaptor charging terbarunya yang bisa melakukan pengisian daya cepat hingga 200W. Kini mereka meluncurkan Xiaomi 100W Wireless Charging Stand, sebuah stand pengisian daya nirkabel dengan kecepatan maksimum hingga 100W.

Melansir GSM Arena, Xiaomi 100W Wireless Charging Stand adalah versi yang disempurnakan dari Mi 80W Wireless Charging Stand yang diluncurkan pada akhir Maret lalu. Secara tampilan Mi 100W Wireless Charging Stand nyaris sama dengan model sebelumnya. Perbedaan utama di antara keduanya adalah kecepatan pengisian, warna, dan lapisan keamanan.

Ponsel dapat diletakkan di atasnya baik secara vertikal maupun horizontal untuk mengisi daya. Model yang lebih baru hadir dalam warna hitam dengan aksen emas, sedangkan model lama menggunakan warna putih dengan aksen perak.

Seperti namanya, pengisi daya baru memiliki tingkat output maksimum 100W, sementara yang lama memiliki output 80W. Namun, keduanya menggunakan pengisi daya Mi 120W yang sama dan kabel USB 6A yang disertakan dalam kotak.

Xiaomi 100W Wireless Charging Stand memiliki nomor model MDY-13-EL, sedangkan Mi 80W Wireless Charging Stand dilengkapi dengan nomor model MDY-13-ED.

Fitur Xiaomi 100W Wireless Charging Stand

Xiaomi 100W Wireless Charging Stand

Baca Juga: Xiaomi Luncurkan Teknologi Wireless Charging 80W, Penuh dalam 19 Menit

Mi 100W Wireless Charging Stand memiliki lapisan perlindungan tambahan dari kalibrasi arus, selain perlindungan arus berlebih, perlindungan tegangan berlebih, perlindungan tegangan rendah, perlindungan suhu berlebih, deteksi benda asing, dan perlindungan elektrostatik.

Sama seperti model lama, model yang lebih baru juga dilengkapi dengan desain kumparan ganda dan kipas dinamis, yang bekerja saat diperlukan. Sejak menggunakan standar Qi, aksesori ini dapat digunakan untuk mengisi daya hampir setiap produk dengan dukungan pengisian daya nirkabel.

Namun, hanya Mi 11 Pro, Mi 11 Ultra, dan Mi MIX 4 yang dapat menggunakan ‘Mode Pengisian Daya Nirkabel Ultra Cepat’. Dengan kata yang lebih sederhana, ponsel-ponsel tersebut dapat mengisi daya secara nirkabel dengan kecepatan maksimum yang didukung 67W dan 50W.

Xiaomi mengklaim bahwa Mi MIX 4 dengan baterai 4.500mAh dan dukungan pengisian daya nirkabel 50W dapat terisi penuh dalam waktu 28 menit menggunakan Xiaomi 100W Wireless Charging Stand yang baru.

Xiaomi 100W Wireless Charging Stand dibanderol dengan harga sekitar Rp1,3 juta di China. Penjualan pertama aksesori ini dijadwalkan pada 16 Agustus. Sampai sekarang, tidak ada kata resmi tentang ketersediaan pengisi daya ini di pasar global.

Teknologi HyperCharge di Balik Xiaomi 100W Wireless Charging Stand

Kemampuan Xiaomi dalam mengalirkan arus daya super cepat, baik melalui kabel (wired) maupun nirkabel (wireless) didukung fitur bernama HyperCharge. Xiaomi mengklaim fitur pengisian baterai ponselnya ini bisa mengisi daya dari 0 hingga 100 persen tak lebih dari 8 menit.

Xiaomi pun membagikan video berdurasi satu menit sebelas detik, yang menunjukkan pengujian menggunakan Xiaomi Mi 11 Pro yang dibuat khusus dengan baterai 4.000 mAh, bukan sel 5.000 mAh pada model reguler, yang mengisi daya pada 200W dengan kabel dan 120W tanpa kabel.

Hasilnya lebih dari mengesankan dengan solusi HyperCharge berkabel yang menjadikan ponsel terisi daya 100 persen hanya dalam 8 menit. Sementara pengisi daya nirkabel membutuhkan 7 menit tambahan, sehingga total waktu pengisian daya menjadi 15 menit. Kedua hasil itu lolos sebagai rekor dunia baru.

Baca Juga: Teknologi Xiaomi HyperCharge 200W, Isi Baterai Smartphone Hanya 8 Menit!

Dikutip GSM Arena, HyperCharger 200W hanya membutuhkan 44 detik untuk mengisi baterai dari 0 hingga 10 persen, diikuti oleh 50 persen dalam 3 menit dan terakhir pengisian 100 persen penuh hanya dalam 8 menit. Alat ukur menunjukkan watt aktual yang masuk ke Xiaomi Mi 11 Pro secara real-time. Daya berfluktuasi antara 15W dan 198W.

Pada pengujian nirkabel, terlihat pengisian daya 10 persen dalam semenit, diikuti oleh 50 persen dalam 7 menit dan terakhir pengisian 100 persen dalam 15 menit. Seperti biasa, jangan berharap untuk melihat kecepatan seperti ini di ponsel komersial dalam waktu dekat.

Namun, perlu dicatat bahwa degradasi baterai dari pengisian HyperCharge Xiaomi pada kecepatan nyata ini tentu akan menjadi kendala besar untuk diatasi.

Tinggalkan komen