Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Youtube Uji Coba Sembunyikan Jumlah Dislike pada Video

0 118

Sebagai salah satu wadah berkarya, Youtube telah menghasilkan beberapa kreator andal dalam beberapa bidang. Banyak faktor yang dapat memengaruhi video tersebut sukses. Mulai dari jumlah penonton, konten yang ditampilkan, atau keberadaan total like (suka) serta dislike (tidak suka). Pada video yang diunggah, tak semua orang menyukai dan mengapresiasinya.

Seringkali dalam mengungkapkan kekecewaan pada sebuah video, penonton tak segan-segan memberikan pendapat mereka melalui kolom komentar. Tak jarang, video yang mereka tonton langsung di dislike. Terkadang tindakan ini, dapat memancing seseorang lainnya untuk tidak menonton video tersebut. 

Baca juga: Tanpa Disadari, Inilah 4 Kebiasaan Penonton Youtube yang Sering Dilakukan

Sadar hal ini membahayakan, Youtube tengah menguji coba untuk menyembunyikan jumlah dislike pada suatu video. Hal ini disampaikan Youtube pada laman Support Google, dengan menyertakan beberapa catatan. Nantinya penonton yang menyaksikan sebuah video tidak akan mengetahui jumlah dislike tersebut.

Tombol Dislike Bisa Pengaruhi Kreator Berkarya

Youtube
Beginilah tampilan perdana dari fitur dislike yang nantinya akan disembunyikan (Youtube)

Sebagai pemilik akun, nantinya tetap bisa melihat jumlah dislike yang dari videonya melalui halaman YouTube Studio. Untuk keberadaan jumlah like, kreator maupun penonton dapat melihatnya. Sebelumnya, Youtube telah membahas opsi untuk menyembunyikan tombol dislike dari 2019.

Baca juga: Youtube Perluas Fitur Pengawasan Orang Tua untuk Anak yang Menginjak Remaja

Melalui opsi tersebut, pengguna tidak akan bisa memprovokasi orang lain untuk membuat sebuah video menjadi tidak berharga karena jumlah dislike yang terlalu banyak. Dalam tahap pengujian fitur ini, perusahaan ingin mengupayakan adanya keseimbangan pengalaman pada pembuat konten, sambil tetap memastikan umpan balik pemirsa diperhitungkan dan dibagikan oleh pemilik akun berjalan baik. 

“Kami telah mendengar dari para kreator,  jumlah ketidaksukaan publik dapat mempengaruhi kesejahteraan mereka dan dapat memotivasi kampanye tidak suka yang ditargetkan pada video seorang” tegas YouTube.

Masih Dalam Tahap Pengembangan

Youtube
Fitur penyembunyian Jumlah dislike baru dirasakan beberapa pengguna (Addons Mozilla)

Pada tahap pengembangan, hanya sedikit pengguna yang dapat melihat fitur ini. Penonton yang menjadi sasaran uji coba akan melihat sedikit perubahan desain ikon di YouTube. Bagi pengguna yang terdaftar dalam tahap  ini, tidak dapat keluar dari eksperimen. Dengan begitu, mereka tidak bisa kembali ke desain lama sesuai keinginan diri sendiri.

Baca juga: Aplikasi YouTube Android Kini Bisa Streaming Video 4K HDR

Hingga saat ini, Youtube belum memastikan tanggal pasti untuk meluncurkan fitur penyembunyian dislike. Ke depannya, melalui langkah ini dapat memotivasi kreator untuk menghasilkan video tanpa melupakan kaidah yang sudah ada. Pada 2018, Youtube sendiri telah merasakan serangan pasukan dislike pada video Rewind 2018. Dengan total 19 juta dislike dan jumlah tayang 214 juta kali, menjadikan video tersebut sebagai video rewind terbanyak sepanjang sejarah.

Tinggalkan komen